SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tiktok. (The Verge)

Solopos.com, JAKARTA--Tiktok akan menandai konten yang belum diverifikasi kepada pengguna sebelum mereka membagikannya. Hal ini, sebagai upaya terbaru untuk memerangi misinformasi di platformnya.

Dalam blog resmi Tiktok, Rabu (3/2/2021), seperti dilansir Antaranews, Product Manager Trust & Safety, Gina Hernandez, mengatakan Tiktok bertanggung jawab untuk membantu menangkal konten yang tidak autentik, menyesatkan atau salah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tiktok mengidentifikasi informasi yang salah dengan menggandeng pemeriksa fakta PolitiFact, Lead Stories dan SciVerify. Jika verifikasi informasi memastikan bahwa konten tersebut tidak benar, TikTok akan menghapus video tersebut dari platformnya.

Baca Juga: Imbas Program Jateng Di Rumah Saja, 47 Pasar di Sragen akan Ditutup

Notifikasi

Namun, ada kalanya konten tidak dapat dikonfirmasi, terutama selama acara berlangsung.

"Hari ini, kami mengambil langkah lebih jauh untuk memberi tahu penonton saat kami mengidentifikasi video dengan konten yang tidak berdasar dalam upaya mengurangi pembagian," ujar Hernandez.

Fitur baru ini akan memunculkan notifikasi pada layar pembuat video saat konten ditinjau namun tidak dapat divalidasi. Label peringatan juga akan ditambahkan ke video dalam tersebut saat akan diunggah.

Baca Juga: Usai Heboh Lepas Hijab, Rachel Vennya Gugat Cerai Suami

Saat pembuat video memilih untuk membagikan video, sebuah peringatan akan muncul sebagai langkah tambahan bagi pengguna untuk berhenti sejenak dan mempertimbangkan kembali apakah benar ingin mengunggah video untuk mencegah pembagian konten misinformasi.

"Faktanya, ketika kami menguji pendekatan ini, kami melihat penonton video menurunkan tingkat berbagi video sebesar 24 persen, sementara "like" pada konten yang tidak berdasar juga menurun sebesar 7 persen," kata Hernandez.

Fitur ini telah diluncurkan di AS dan Kanada, dan akan dirilis secara global dalam beberapa pekan mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya