SOLOPOS.COM - Rudal nyasar di Polandia berasal dari pangkalan udara Ukraina (The Moscow Times)

Solopos.com, JAKARTAPerang Rusia-Ukraina hampir berlangsung selama setahun. Informasi yang dihimpun Solopos.com, Sabtu (4/2/2023), perang Rusia vs Ukraina dimulai saat Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022.

Hingga saat ini belum ada tanda-tanda perang mereda. Perang ini mengakibatkan kerugian yang sangat besar, baik secara material atau ekonomi maupun korban nyawa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ihwal kerugian material,  kerusakan infrastruktur dan sektor ekonomi lain mengakibatkan Ukraina mengalami kerugian fantastis.

Seorang pejabat seperti dikutip Bisnis.com, pada Rabu (25/1/2023) lalu mengatakan Ukraina setidaknya mengalami kerugian hingga senilai hampir US$138 miliar atau sekitar Rp2,1 kuadriliun.

Berdasar penghitungan, kuadraliun memiliki 15 nol. Rp1 kuadraliun setara dengan Rp1.000 triliun. Dengan demikian Rp2,1 setara dengan Rp2.100 triliun.

Dibanding dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia 2023, kerugian ekonomi Ukraina tersebut setara lebih kurang 2/3 APBN. APBN penetapan tahun ini tercatat senilai Rp3.061 triliun.

Kerugian material Ukraina terus membengkak seiring perang yang masih terjadi hingga saat ini.

Wakil Pertama Menteri Luar Negeri Ukraina Emine Dzheppar di Twitter mengatakan hingga Desember 2022, tercatat 149.300 bangunan tempat tinggal rusak atau hancur. Data itu dikutipnya dari penelitian School of Economics di Kiev.

Penelitian itu menunjukkan kerusakan rumah dan infrastruktur menyumbang jumlah kerugian terbanyak, masing-masing US$54 miliar (lebih kurang Rp808,7 triliun) dan US$35,6 miliar (lebih kurang Rp533 triliun) dari total kerugian senilai hampir US$138 miliar.

Menurut laporan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pekan ini, memasuki bulan ke-11, tercatat setidaknya 18.483 warga sipil telah menjadi korban perang tersebut.

Baca Juga

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ukraina Merugi hingga Rp2 Kuadriliun, Rusia Tak Segan Lakukan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya