Peran Indosat Ooredoo Bagi Pendidikan di Masa Pandemi, Gelar Edu Connex Hingga Sediakan Koneksi Untuk IdREN
Acara Edu Connex yang digelar Indosat Ooredoo. (indosatooredoo.com)

Solopos.com, JAKARTA - Pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak di masa pandemi Covid-19. Indosat Ooredoo pun turut membantu peningkatan pendidikan di masa pandemi ini.

Seperti diketahui, adanya pandemi Covid-19 membuat pendidikan di Indonesia dilakukan dengan sistem daring. Oleh karenanya, peran teknologi digital sangat penting untuk untuk memastikan proses pembelajaran terus berjalan.

Indosat Ooredoo lantas menjadikan kegiatan Edu Connex pada tahun ini sebagai forum untuk mencari solusi terbaik bagi pendidikan Indonesia di masa pandemi. Edu Connex sendiri merupakan kegiatan rutin yang digelar Indosat yang ditujukan untuk pendidikan.

Musim Hujan Bikin Risau, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Atap Bocor

Pada tahun ini, Edu Connex mengangkat tema Transformasi Pendidikan: Digitalisasi dan Kolaborasi di Era Pasca Covid-19. Acara ini digelar pada 5 November 2020 dan dilakukan secara virtual yang melibatkan 7 kota di Indonesia yaitu Padang, Lampung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, serta Bandung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Ir. Nizam, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza, Ketua Komite Indonesia Research & Education Network (IdREN), Achmad Affandi, Direktur Sistem & Teknologi Informasi ITB, Arry Akhmad Arman, dan VP-Security Solution Indosat Ooredoo, Wildan Aliviyarda.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena, berharap diskusi ini bisa menghasilkan manfaat untuk pendidikan Indonesia terutama saat pada pandemi Covid-19 ini.

“Indosat Ooredoo kembali menyelenggarakan Edu Connex tahun ini sebagai upaya bersama mencari solusi adaptasi kebiasaan baru di sektor pendidikan tanah air di tengah pandemi Covid-19 yang memanfaatkan teknologi digital. Kami sangat bangga dapat berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, BPPT, dan Komite IdREN, yang disaksikan oleh perwakilan bidang Sistem Teknologi & Informasi dari 133 perguruan tinggi di seluruh Indonesia," jelasnya dalam rilis yang dilansir laman resmi Indosat Ooredoo.

Koneksi Untuk IdREN

Selain itu, Indosat Ooredoo juga menyediakan layanan koneksi jaringan komunikasi data untuk Indonesia Research & Education Network (IdREN). IdREN merupakan suatu network tertutup (national closed user) bagi research sharing antarperguruan tinggi.

Research ini berkolaborasi bersama pihak pemerintah, industri dan lembaga penelitian lainnya. Penelitian ini dapat diakses oleh perguruan tinggi sebagai sarana media saling berbagi resource serta hasil riset antarperguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Investasi di Kota Madiun Lampaui Target Meski di Tengah Pandemi

Tersedianya jaringan antarperguruan tinggi dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan. Seperti kemudahan akses data antarlembaga penelitian baik antar perguruan tinggi, pemerintah, dan industri guna meningkatkan daya saing nasional dalam persaingan global.

IdREN terhubung ke jaringan riset international (TEIN) dan juga dengan National REN negara lain seperti Singapore (SingaREN), Malaysia (MYREN), Australia (AARNet), dan lainnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom