SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Om Swastyastu
Om Ano Bhadrah Kratawo Yantu Wiswatah

Sesungguhnya pemahaman terhadap ajaran Weda dan susastranya sangat kaya dengan berbagai nilai keutamaan   penghormatan  kepada seluruh ibu yang telah  memberikan kemuliaan, welas asih tanpa batas. Ibu yang  memberikan  kasih sayang dan pengorbanan yang tulus tanpa ada unsur pamrih. Demikian juga alam semesta, yang kita sebut sebagai ibu pertiwi yang selalu memberikan berbagai keinginan manusia, maka ibu pertiwipun wajib kita hormati, pelihara seperti memelihara diri kita sendiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam ajaran Hindu ibu pertiwi disebut dengan Kamadhuk yakni yang dapat memenuhi  berbagai keinginan manusia. Seorang Ibu sangat mulia, sudah sepantasnya kita  menghormati dan  mendudukannya sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing.

Seorang ibu dalam ajaran Hindu adalah sosok yang sangat mulia dan utama. Karena ibu sumber inspirasi, dapat diumpamakan sebagai arsiteknya rumah tangga, maju mundurnya rumah tangga tergantung dengan peran dan fungsi seorang ibu. Dapat dikatakan ibu sebagai barometer dalam  keluarga.

Sedangkan ibu pertiwi dikatakan sebagai kamadhuk yakni yang memberikan berbagai keinginan kepada umat manusia. Supaya ibu pertiwi dapat memenuhi   berbagai kebutuhan manusia maka perlu dirawat dan dijaga keseimbangannya supaya tetap harmonis, dalam peredarannya.

Dalam ajaran Hindu, ibu adalah ratu dalam rumah tangga. Sesungguhnya Hindu sangat menghormati kaum wanita. Maka sebagai seorang wanita seperti yang dikatakan dalam  Manusmreti, wanita  yang kuat mengendalikan  pikiran, perkataan dan tindakan akan mendapatkan kebahagiaan dan dikatakan wanita Sadwi.

Dikakatan sebagai ratu rumah tangga karena ibu memikul tanggung jawab yang sangat berat dan besar terhadap keberadaan bahtera perkawinan/ rumah tangga. Semua kendali menjadi tanggung jawab sang ibu. Apa lagi  dengan kesetaraan gender, peran dan kedudukan wanita sederajat dengan kaum laki-laki.

Dalam Hindu, wanita selalu diberikan kedudukan yang terhormat sejajar dengan laki-laki. Dimana saja wanita dihormati di sana. Keharmonisan akan tercipta dan sebaliknya, dimana wanitanya tidak dihormati cepat atau lambat akan terjadi prahara di dalam rumah tangga.

Wanita dikatakan sebagai lambang keutamaan cita-cita yang luhur dan utama dan sebagai barometer maju mundurnya rumah tangga. Jadilah wanita yang bersifat mayurastri atau bersifat seperti burung merak, yang mempunyai wibawa dan kharismatik sebagai seorang wanita dan mampu memberikan pengayoman dan  kesejukan dalam rumah tangga. Seorang ibu telah berkorban lahir dan batin untuk kepentingan anak dan keluarga. Seorang ibu  sebagai peredam berbagai  gejolak dalam rumah tangga, sebagai motivasi menerima kelebihan dan kekurangan dalam keluarga.

Keluarga merupakan pusat pendidikan pertama, dan utama. Berbagai pendidikan kita dapatkan dalam rumah tangga, dan pendidik pertama dan utama itu adalah kita dapatkan dari seorang ibu. Dengan telaten dan tekun dia mendidik putra putri dengan penuh  kasih sayang. Etika dan sopan santun /perilaku susila kita dapatkan dalam rumah tangga. Pendidikan rumah tangga merupakan modal untuk pendidikan  selanjutnya, baik disekolah maupun dalam masyarakat.

Peran dan fungsi keluarga maupun peran ibu dalam rumah sangat multifungsi dan sering dilupakan banyak orang. Keluarga dan ibu  merupakan lembaga komunikasi, guna mengemukakan berbagai persoalan keluarga, masalah anak dan masalah keluarga itu sendiri.

Seluruh anggota keluarga diajak saling mengemukakan berbagai masalah yang dihadapinya. Sehingga orangtua, ibu dan bapak bisa mengambil langkah-langkah yang dapat memenuhi keinginan dari orangtua. Di dalam rumah tangga hendaknya ada saling keterbukaan di antara anggota keluarga. Sehingga komunikasi berjalan efektif, guna menuju keluarga yang dharmika/ keluarga yang sakinah.

Hari Ibu
Di sinilah peran seorang ibu sebagai ratu rumah tangga sangat dibutuhkan oleh anak-anaknya, dan anggota keluarga yang lainnya. Dalam keluarga yang harmonis, tiap hari anggota keluarga diajarkan saling mengeluarkan pemikiran yang positif, anggota diajak sembahyang bersama dan diisi juga dengan berbagai nasihat.

Seorang ibu tidak saja dihormati pada peringatan hari ibu, namun kita hedaknya mampu menghormati dan menempatkan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Seorang ibu mempunyai swadharma yang begitu komplek dalam kehidupan ini. Dari mengandung anak, melahirkan, mendidik dan memberikan kehidupan sehingga anaknya berhasil  menjadi anak yang suputra, mendampingi suami dalam keadaan apapun, mengatur rumah tangga dan sebagainya. Di samping peranan pokoknya sebagai ibu rumah tangga (Dharmapatni) yang berkewajiban mendampingi suami, mengasuh anak-anak dan menjalankan peran dan fungsinya sebagai  ibu rumah tangga.

Sesungguhnya kita  sebagai anak mempunyai utang yang sangat besar, kepada orangtua  yaitu Sarira krt (yang menyebabkan badan ini ada ), annadatta ( yang memberi makan dan minum selama kehidupan) dan pranadatta (yang memberi hidup serta mengasuhnya). Tidak ada kasih sayang yang melebihi kasih ibu. Dari ibulah mengalir kasih pertama yang meresapi tubuh kita. Kasih sayang ibu kepada anaknya sama rata ,baik anaknya yang mampu maupun kepada anaknya  yang tidak mampu.

Kaum wanita telah mampu berkarma yang agung baik sebagai ibu rumah tangga, filosof, pujangga, kesatria , sebagai soko guru kehidupan masyarakat dan negara, menentukan tegaknya hukum kebenaran (dharma) dan adat istiadat (Dresta).Wanita sangat menentukan maju mundurnya kehidupan keluarga, masyarakat dan negara bahkan  sering dijadikan cermin perkembangan keluarga, masyarakat dan negara.  Dengan demikian seorang ibu hendaknya memperlihatkan wajah yang berseri-seri sehingga keharmonisan dan kebahagian dalam keluarga menjadi  terwujud.

Om Santi Santi Santi Om

I Nyoman Warta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya