SOLOPOS.COM - Kasubag Humas Polres Sukoharjo, AKP Joko Sugiyanto memeriksa mobil Tooyota Avanza putih yang dipakai pelaku perampokan di Mapolres Sukoharjo, Kamis (11/9/2014). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Lima orang yang diduga sindikat perampok mobil dengan modus membeli melalui sistem penjualan online, ditangkap warga dan petugas Polres Sukoharjo, di Bulu, Sukoharjo, Kamis (11/9/2014), sekitar pukul 00.30 WIB. Mereka tertangkap setelah mobil Toyota Avanza putih dengan nomor polisi (nopol) AB 1223 JN yang dikendarai terguling di jalan raya saat dikejar massa.

“Kalau melihat alamat pelaku yang berbeda-beda ada yang dari Klaten, Tulungagung, dan Bekasi, kemungkinan mereka ini sindikat. Tetapi untuk lebih pastinya kami sedang mendalami kasus ini,” ujar Kasatreskrim Polres Sukoharjo, Iptu Fran Delanta Kembaren, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Andy Rifai, ketika memberi keterangan pers kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (11/9/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, lima orang pelaku yang sekarang mendekam di Mapolres Suskoharjo itu berinisial AI, 22, warga berperan sebagai sopir; A, 28, otak pelaku kejahatan; F, 24, berperan sebagai pelaku yang mencoba mobil korban. Ketiga orang itu merupakan warga Klaten.

Pelaku lainnya, SM, 32, warga Tulungagung berperan sebagai pelaku yang mencoba mobil korban dan S, 39, warga Bekasi. Sedangkan korban adalah Muh Syarifudin, 25, warga Gajah Mungkur, Semarang.

“Pada kasus ini S berperan menemani korban dengan A dan AI. Sedangkan F dan SM berperan sebagai test drive dan S berperan menemani korban bersama A dan AI, ketika mobil korban, Daihatsu Xenia X VVTI nopol H 9125 CZ dicoba F dan SM,” ujar Fran.

Kasatreskrim menjelaskan, perampokan terjadi sejak Rabu (10/9/2014) siang. Korban yang menjual mobil Toyota Avanza warna abu abu miliknya melalui situs jual beli di internet janjian bertemu pelaku di sebuah jalan wilayah Kecamatan Bulu. Selanjutnya, dua orang pelaku berpura pura akan mencoba mobil yang akan dibeli. Sedangkan tiga orang pelaku lainnya tetap tinggal bersama korban.

Setelah transaksi, pelaku kemudian mencoba mobil. Tapi karena cukup lama pelaku yang mencoba mobil tak kunjung balik, korgan curiga. Tiga pelaku lainnya yang menemani mencoba menawarkan korban mencari mobilnya.

Permintaan tersebut disanggupi korban dan mereka mencari menggunakan Toyota Avanza warna putih milik pelaku. Selama perjalanan korban ternyata mendapatkan perlakuan kasar dari ketiga pelaku dan dipukuli. Korban sempat memberikan perlawanan tapi karena kalah jumlah akhirnya tak berkutik.

Korban kemudian dibuang oleh ketiga pelaku dari mobil yang masih berjalan di Jalan Raya Krisak, Bulu dengan kondisi luka serius. Warga yang melihat langsung menolong dan mengejar mobil yang dipakai ketiga pelaku saat melarikan diri. Upaya kabur tersebut gagal setelah mobil yang dipakai pelaku terguling.

Ketiga pelaku kemudian ditangkap warga dan diserahkan ke polisi, Kamis dini hari. Selanjutnya polisi juga berhasil mengkap dua pelaku lainnya beserta mobil yang dicoba. Karena mereka dikabari salah satu pelaku bahwa dirinya kecelakaan dan berada di Polsek Bulu.

Dari hasil penangkapan ini Polres Sukoharjo masih akan mengembangkan dan berkoordinasi dengan polisi di daerah lain. Sebab ada kemungkinan kelimanya melakukan aksi kejahatan di tempat lain. “Dari pengakuan pelaku sudah ada dua tempat kejadian perkara (TKP) selain di Bulu ini. Yang jelas masih di Soloraya,” ungkap Kasat Reskrim.

Sementara itu salah seorang saksi mata, Putranto Nandi Hartono yang juga anggota Relawan Batu Seribu mengatakan saat kejadian dia bersama rekan-rekannya tengah nongkrong. Ketika mendengar teriakan minta tolong korban, dia dan sembilan orang temannya langsung mengejar.

“Ketika itu kira-kira pukul 23.30 WIB korban sudah menggandul di pintu mobil dan akirnya setelah dipukuli, dia jatuh. Kami pun langsung mengejar dan berhasil menangkap setelah mobil pelaku terguling. Semula pelaku sempat lari, tapi 50 meter kemudian mereka berhasil ditangkap,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya