SOLOPOS.COM - Polisi menggiring satu dari dua pelaku yang melakukan perampokan rumah di kawasan Pondok Indah, Jakarta, Sabtu (3/9/2016). Setelah terjadi baku tembak, Polisi akhirnya berhasil meringkus dua pelaku perampokan yang sempat menyandera pemilik rumah di Jl Bukit Hijau IX No. 17 Pondok Indah. (JIBI/Solopos/Antara/Reno Esnir)

Perampokan Pondok Indah melibatkan beberapa orang dengan berbagai peran. Namun, sopir Fortuner pengantar Adhi John dilepaskan.

Solopos.com, JAKARTA — Polda Metro Jaya akhirnya melepaskan HS yang sebelumnya diamankan polisi karena menyembunyikan RH, salah satu pelaku yang terlibat dalam perampokan rumah Asep Sulaeman di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

RH merupakan orang yang berperan mengendarai mobil Toyota Fortuner hitam yang digunakan mengantarkan Adhi John (AJ) dan Samadi (S) ke rumah pensiunan pejabat Exxon Mobil itu. “Satu lagi dilepas karena dia tidak tahu hal tersebut [permapokan],” kata AKBP Hendy F. Kurniawan, Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya, Kamis (8/9/2016).

Selain menangkap RH yang bersembumyi di Cilegon, pada hari yang sama polisi juga mengamankan SHS di kawasan Karawaci. SHS bertugas mengawasi keadaan di sekitar rumah Asep saat AJ dan S berusaha masuk.

Sejauh ini pihak kepolisian sudah mengamankan empat dari total lima tersangka yamg terlibat dalam kasus perampokan dan penyanderaan di Pondok Indah. Baca juga: Inilah Motif Perampokan Pondok Indah Versi Polisi.

Menurut Hendy, berdasarkan keterangan RH dan SAS, maka motif yang mendalangi aksi ini adalah murni perampokan. Mereka diringkus bersama sejumlah barang bukti. “Diperkuat keterangan pelaku yang terkahir kita amankan adalah murni perampokan,” katanya.

Adapun yang dimaksud dengan keterangan pelaku RH dan SAS adalah terkait persiapan yang mereka lakukan sebelum mengeksekusi tindakan di rumah Asep Sulaeman di Pondok Indah. Mereka diketahui sempat melakukan survey lokasi, pertemuan di kantin rumah sakit Godar karawaci dan terlahir di sebuah hotel di Jakarta Selatan. Baca juga: Rencana Matang Adhi John Sebelum Perampokan Pondok Indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya