SOLOPOS.COM - Awak media mengambil gambar rumah yang dirampok di kawasan Pondok Indah, Jakarta, Sabtu (3/9/2016). Polisi berhasil meringkus dua pelaku perampokan rumah di Jalan Bukit Hijau IX No. 17 Permata Hijau. (JIBI/Solopos/Antara/Hafidz Mubarak A)

Perampokan Pondok Indah sudah direncanakan dengan matang. Namun, Samadi sempat takut dan membuatnya dibentak oleh Adhi John.

Solopos.com, JAKARTA — Hari ini, Selasa (13/9/2016), petugas Jatanras Polda Metro Jaya mengadakan prarekonstruksi kasus penyanderaan dan perampokan di Pondok Indah, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam prarekonstruksi di rumah sakit, terlihat bahwa Adhi John (AJ) menanyakan kepada Samadi (S) terkait posisi kolam renang dan lokasi pintu masuk di rumah korban. Samadi yang merupakan sopir outsourcing Exxon Mobil itu sempat merasa khawatir.

Saat itulah dia dibentak oleh Adhi John. “Tenang aja bro,” katanya meyakinkan seperti dikutip dari keterangan dalam prarekonstruksi, Selasa (13/9/2016). S pun kemudian menggambar denah rumah korban sesuai permintaan AJ

Prarekonstruksi pertama tersebut dilakukan di Rumah Sakit (RS) Qadr, Karawaci, yang menjadi tempat kelima tersangka merencanakan semua aksi penyanderaan itu. Selain itu, tiga tersangka lain juga diketahui kembali ke rumah sakit setelah mengantarkan AJ dan S ke rumah korban di Pondok Indah. Baca juga: Sopir Fortuner Pengantar Adhi John Dilepas Polisi.

Dalam reka ulang di RS Qadr itu, para tersangka memeragakan 21 adegan di dua lokasi yakni parkiran rumah sakit dan kantin. Berdasarkan Keterangan Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya Hendy F. Kurniawan, S merupakan sopir perusahaan Exxon Mobil yang pernah bertugas mengantarkan Asep Sulaeman. “S yang pernah jadi sopir ikut Asep,” katanya, Selasa.

Reka adegan akan berlanjut di sebuah hotel di Jakarta Selatan. Sebelum menuju rumah Asep di Pondok Indah, AJ dan keempat orang lainnya sempat masuk ke hotel tersebut dan memesan makanan. Polisi kemudian mendapatkan keterangan dari pegawai hotel bahwa kelima orang pelaku penyanderaan tersebut pernah muncul di hotel itu. Baca juga: Inilah Rencana Matang Adhi John Sebelum Perampokan Pondok Indah.

Prarekonstruksi kemudian akan diakhiri di rumah korban di rumah korban, Jl. Bukti Hijau IX No. 17, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Sabtu (3/9/2016) lalu, warga Jakarta, khususnya Pondok Indah, digemparkan oleh peristiwa perampokan berujung penyanderaan selama kurang lebih 9 jam. Upaya polisi menghentikan aksi penyanderaan terhadap keluarga Asep Sulaeman itu ditayangkan live oleh beberapa stasiun televisi nasiona. AJ diketahui membawa sepucuk senjata api dan menyiapkan aksinya secara matang bersama keempat rekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya