PERAMPOKAN BOYOLALI : Anggota Brimob dan TNI Rampok Rp4,8 Miliar di Ampel Boyolali

 Ilustrasi penembakan (JIBI/Solopos/Dok.)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penembakan (JIBI/Solopos/Dok.)

Perampokan Boyolali ini dilakukan seorang anggota Brimob dan dua anggota TNI terhadap mobil pengangkut uang.

Solopos.com, SEMARANG — Petugas gabungan Polda Jawa Tengah dan Kodam IV/Diponegoro meringkus anggota Brimob dan dua anggota TNI pelaku perampokan mobil perusahaan jasa pengangkut uang PT Advantage senilai Rp4,8 miliar.

Mereka adalah Brigadir Polisi Supriyanto (anggota Brimob Polda Jateng), Sersan Satu TNI Isaac dan Sersan Satu TNI Trisna (keduanya anggota Detasemen Intel Kodam IV/Diponegoro). Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol. Nur Ali mengatakan penangkapan pelaku perampokan berkat kerja sama antara Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro.

“Ini [penangkapan] kerja sama Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro. Pelaku ditangkap di Jogja dan Semarang,” katanya kepada wartawan di Mapolda Jateng, Kamis (1/10/2015).

Dari tangan tersangka disita barang bukti antara lain sepeda motor Suzuki Ninja 250 cc dengan pelat nomor H 5153Q serta uang tunai senilai Rp4,8 miliar.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol. A. Liliek Darmanto menjelaskan penangkapan para pelaku bermula dari laporan perampokan mobil PT Advantage yang sedang membawa uang tunai sekitar Rp4,8 miliar.

Belakangan, diketahui pelaku adalah Brigadir Supriyanto yang bertugas mengawal mobil tersebut saat mengambil uang di Solo pada Senin (28/9/2015) petang. Mobil dikendarai dua pegawai Advantage yakni Frendy Agus Irawan dan Tri Ivan.

Setelah mengumpulkan uang di sejumlah tempat di Solo antara lain, Time Zone Solo Grand Mal, Lottemart, Centro dan Starbucks di Mal Paragon, Trihamas Finance, CIMB Niaga, Bank Permata Klewer, Bank Permata Solo Baru, Bank Permata Urip Sumoharjo dan mampir ke Kantor Advantage Solo, mereka kembali ke Semarang.

Saat perjalanan pulang menuju Semarang mobil singgah ke Dukuh Ngabean, Candi Ampel, Boyolali, untuk menagih uang senilai Rp3,5 juta dari seseorang bernama Ngatimin. Saat berhenti di tempat itu, Supriyanto menodongkan senjata terhadap Frendy serta mengikatnya.

Dibantu temannya, Supriyanto memindahkan uang Rp4,8 miliar ke sebuah mobil serta kabur. ”Dari hasil penyelidikan, [aparat] menangkap Isaac ketika hendak menuju ke Semarang,” kata Liliek pada gelar perkara di Mapolda Jateng, Kamis (1/10/2015).

Selanjutnya, petugas gabungan Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro menangkap Trisna di sebuah tempat di Bandungan, Kabupaten Semarang, dan Supriyanto di Jogja. Dari tangan Isaac disita uang tunai senilai Rp1,3 miliar, dari tangan Trisna uang tunai senilai Rp1 miliar, dan dari tangan Supriyanto disita uang tunai Rp2,5 miliar.

”Jadi total uang tunai yang disita dari tiga pelaku Rp4,88 miliar. Padahal menurut laporan pihak Advantage total uang yang dirampok Rp5,5 miliar. Kami masih melakukan pencarian sisanya,” beber Liliek.

Dia menambahkan masih melakukan penyelidikan tentang peran serta hubungan antara tiga pelaku. ”Untuk pelaku dari TNI penanganannya diserahkan ke Kodam IV/Diponegoro,” imbuhnya.

Kepala Penerangan Kodam IV/ Diponegoro Letkol (Inf) Zainul Bahar menyatakan dua anggota TNI pelaku perampokan masih diperiksa di kesatuannya Detasemen Inteljen. ”Dua oknum itu [Sersan Satu Isaac dan Sersan Satu Trisna] adalah anggota kesatuan Detasemen Intelijen Kodam IV/Diponegoro,” ungkap dia.

Untuk penyelidikan lebih lanjut, imbuh dia, dua oknum TNI tersebut akan diserahkan kepada Polisi Militer Kodam,” Mengenai keterlibatan mereka masih didalami,” tandas dia.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

10 Berita Terpopuler: Solo Tak Jadi Daerah Istimewa, 2 Teman Berkelahi

Ulasan tentang kenapa Kota Solo tidak menjadi daerah istimewa seperti Yogyakarta menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (24/10/2021) pagi.

Disambut Selvi Ananda, BKKBN Jateng Apresiasi Kampung KB Solo

BKKBN menilai keberadaan kampung KB termasuk di Kota Solo, strategis untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Lagi, Kawanan Kera Liar Serbu Kampung, Kali Ini di Mojolaban Sukoharjo

Tidak hanya di Kebakkramat, Karanganyar, kawanan kera liar juga menyerbu Dusun Jatiteken, Desa Laban, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo.

Pasukan Siber dan Propaganda di Media Sosial Mengancam Demokrasi

Penelitian kolaboratif tentang pasukan siber dan kerja-kerja mereka ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan perdebatan publik mengenai dampak mobilisasi dan aktivitas mereka.

Prediksi Manchester United vs Liverpool: Salah Momok Setan Merah

Manchester United akan menghadapi tantangan Liverpool dalam lanjutan pekan kesembilan Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu (24/10/2021) pukul 22.30 WIB.

Kawanan Kera Serbu Kampung di Mojolaban Sukoharjo, Begini Foto-Fotonya

Monyet-monyet itu berkeliaran di atap rumah warga sehingga membuat khawatir warga

Solopos Hari Ini: Usulan Arus Bawah Versus Elite, Bunuh Teman Sendiri

Harian Solopos Hari Ini, Minggu (24/10/2021), mengangkat headline terkait deklarasi dukungan calon presiden (capres) 2024 dari arus bawah.

Melihat Latihan Pacu Jawi, Tradisi Turun Temurun di Sumbar

Pacu Jawi  telah menjadi atraksi menarik bagi wisatawan lokal maupun turis asing

Atraksi Prajurit Keraton, Daya Tarik Pariwisata Solo

Atraksi prajurit tersebut digelar untuk menambah daya tarik bagi wisatawan

Begini Suka Duka Mahasiswa Kedokteran Sebelum Menjadi Dokter

Hal paling serem buat orang awam. Enggak semua orang itu bisa sangat-sangat kuat dengan mayat

Kerbau Bule Klangenan Warga Jogonalan Klaten, Ini Foto-Fotonya

Kerbau bule yang harganya bisa senilai Rp30 juta per ekor dinilai sudah jarang ditemui di Klaten 

Desa Karangmojo Masih Kekeringan, Satlantas Sukoharjo Kirim Air Bersih

Satlantas Polres Sukoharjo membantu masyarakat dengan mengirimkan bantuan air bersih ke wilayah selatan Sukoharjo Sabtu (23/10/2021).

Peringatan Hari Santri di Madiun, Upacara Hingga Bersepeda Bersama

Hari Santri Nasional tahun 2021 diperingati dengan cara bersepeda bersama di Kota Madiun, Sabtu (23/10/2021).

Syarat Penerbangan Terbaru Masa PPKM Jawa - Bali

Aturan ini berlaku efektif mulai 24 Oktober 2021

Prediksi Barcelona vs Real Madrid: Era Baru El Clasico!

Partai panas antara Barcelona melawna real Madrid akan tersaji di Liga Spanyol, Minggu (24/10/2021) pukul 21.15 WIB.

Maulid Nabi Muhammad, Syariah Hotel Solo Gelar Kajian Karyawan

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh tepat pada Selasa (19/10/2021), manajemen Syariah Hotel Solo melaksanakan kegiatan kajian karyawan.