Sadis, Perampok & Pembunuh Satpam Gudang Rokok di Solo Jalani 69 Adegan

Terdapat 69 adegan rekonstruksi kasus dugaan perampokan dan pembunuhan satpam gudang rokok di Jl. Brigjend Sudiarto, Joyotakan, Serengan, Solo.

 Tersangka perampokan dan pembunuhan di gudang rokok di Jl. Brigjend Sudiarto, Joyotakan, Serengan, Solo, berinisial RS alias S, 21, warga Tekil RT 002/RW 007 Sembukan, Sidoharjo, Wonogiri, menjalani rekonstruksi, Selasa (30/11/2021) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Tersangka perampokan dan pembunuhan di gudang rokok di Jl. Brigjend Sudiarto, Joyotakan, Serengan, Solo, berinisial RS alias S, 21, warga Tekil RT 002/RW 007 Sembukan, Sidoharjo, Wonogiri, menjalani rekonstruksi, Selasa (30/11/2021) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Satreskrim Polresta Solo, Selasa (30/11/2021), menggelar rekonstruksi atau reka adegan kasus dugaan perampokan dan pembunuhan di gudang rokok di Jl. Brigjend Sudiarto, Joyotakan, Serengan, Solo, yang mengakibatkan satpam, Suripto, meninggal dunia.

Reka adegan dilakukan oleh tersangka RS alias S, 21, warga Tekil RT 002/RW 007 Sembukan, Sidoharjo, Wonogiri. Tersangka yang notabene pernah menjadi rekan kerja korban di gudang rokok tersebut menjalani rekonstruksi sebanyak 69 adegan.

Rekonstruksi diawali dengan keberangkatan tersangka dari rumahnya menuju gudang rokok di Serengan mengendarai sepeda motor Honda Supra GTR pada Minggu (14/11/2021) pukul 22.00 WIB. Tersangka yang sendirian tiba sekitar pukul 24.00 WIB.

Baca Juga: Perampok yang Bunuh Satpam Gudang Rokok di Solo Ternyata Banyak Utang

Dikarenakan mengetahui warung bakso di depan gudang masih buka, tersangka kemudian melanjutkan perjalanan ke Solo. Dia berkeliling Solo sembari menunggu warung bakso tutup. Pada Senin (15/11/2021) sekitar pukul 02.00 WIB tersangka kembali.

Saat itu warung sudah tutup, sehingga dia bisa melancarkan aksi yang sudah direncanakannya. Tersangka memarkir sepeda motornya di dekat warung hik atau angkringan yang berada di seberang gudang. Setelah itu dia berjalan mendekati gudang.

Tapi dia tidak masuk dari pintu depan gerbang gudang yang diincarkan, melainkan dari pabrik atau gudang di sebelahnya. Dia menggunakan kursi kecil yang menumpuk di lokasi itu untuk membantunya menaiki pintu gerbang setinggi 2,25 meter.

Baca Juga: Terkuak, Perampok Gudang Rokok Solo Buang Brankas ke Sungai di Wonogiri

Setelah berhasil masuk ke pabrik/gudang itu, tersangka memanjat pagar samping gudang yang diincarnya dengan bantuan tumpukan kayu (palet). Palet itu dia letakkan dengan posisi miring agar dirinya bisa menggapai ujung dari tembok samping gudang.

Tembok samping gudang itu setinggi lebih kurang 3,75 meter, sehingga sebenarnya tidak mudah bagi orang untuk naik maupun turun. Namun ternyata bagi tersangka yang sudah tersulut oleh dendam, tembok setinggi itu tak menghalangi niatnya.

Setelah berhasil memasuki kompleks gudang yang diincarnya, tersangka lantas masuk ke dalam gedung. Berdasarkan berita acara pemeriksaan tersangka oleh penyidik, dalam menjalankan aksinya tersangka membawa linggis dari rumahnya di Wonogiri.

Baca Juga: 10 Fakta Terkait Perampokan dan Pembunuhan Satpam Gudang Rokok di Solo

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, saat diwawancara wartawan seusai kegiatan rekonstruksi, mengatakan tersangka RS dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan, dan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

“Tersangka melakukan penganiayaan atau kekerasan menggunakan tangan kosong. Pukulan di arah dada korban, ke arah kepala berkali-kali, memegang rambut korban dan membentur-benturkan ke lantai hingga kemudian korban tak berdaya,” tutur dia.

Setelah melumpuhkan korban, tersangka lantas masuk ke ruang penyimpanan brankas. Dia lantas mengangkut brankas menggunakan troli yang dia ambil dari ruang penyimpanan troli. Brankas tersebut kemudian dia angkut pakai motor ke rumahnya.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Anggota DPRD Solo Beri Pesan Begini soal Penataan Selter PKL Manahan

Anggota DPRD Solo memberikan pesan terkait rencana penataan PKL di selter sekitar Stadion Manahan untuk mendukung Solo sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Hall di Pedaringan Solo Sempat Ditawarkan ke Investor Senilai Rp124,5 M

Gedung Solo Convention - Exhibition Hall berkapasitas sampai 15.000 orang yang akan dibangun di Pedaringan, Jebres, pernah ditawarkan lewat ajang Solo Investment Forum senilai Rp124,5 miliar.

KSP Sejahtera Bersama, Bagi Hasil 10% hingga Raih Penghargaan Presiden

KSP Sejahtera Bersama Klaten menggaet ribuan nasabah dengan menawarkan sistem bagi hasil yang menggiurkan, hingga 10 persen.

Geruduk KSP Sejahtera Bersama Klaten Lagi, Nasabah Ancam Lapor Polisi

Nasabah akan menempuh jalur hukum setelah dana yang mereka simpan di KSP Sejahtera Bersama Klaten tak kunjung cair.

Penyebab Truk Ngglondor Hantam Kontainer di Tanjakan Keboan Boyolali

Evakuasi truk yang terlibat kecelakaan sempat mengalami kendala karena barang bawaan truk tronton tidak mudah dievakuasi dan terkendala cuaca.

Komunitas Isuzu Panther Soloraya Jadi Duta Wisata Karanganyar

Komunitas Isuzu Panther Soloraya menjadi duta wisata yang membantu mempromosikan tempat-tempat pariwisata Karanganyar.

Atit Novitasari Berpulang, Klaten Kehilangan 16 Kades Aktif

Sebelum kades Glagahwangi, Atit Novitasari, meninggal dunia, jumlah kades aktif yang meninggal dunia telah mencapai 15 orang.

Gibran Dilaporkan ke KPK, Legislator DPRD Solo: Laporkan Balik

Wakil Ketua DPRD Solo Taufiqurrahman menilai perlu untuk Gibran dan Kaesang yang telah dilaporkan ke KPK untuk melaporkan balik si pelapor.

Sampah Kayu di Kali Buntung Sukoharjo Bersih Usai Dikeruk Alat Berat

Proses pengerukan sampah kayu di Jembatan Cendini selama sekitar tiga jam dan akhirnya aliran air Kali Buntung kembali lancar.

Kabar Duka, Kades Glagahwangi Klaten Berpulang pada Usia 41 Tahun

Kades Glagahwangi, Polanharjo, Klaten, Atit Novitasari, meninggal dunia di RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, Selasa (18/1/2022) pukul 09.00 WIB.

Soal Bank Sampah di Tiap RW untuk Papi Sarimah, DLH Solo: Dikaji Dulu!

Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Solo menyatakan perlu dikaji dulu soal usulan satu bank sampah di tiap RW untuk mendukung program Papi Sarimah.

Ketimpangan Pengeluaran dan Pengaruh Buta Huruf Terhadap Kemiskinan

Angka ketimpangan pengeluaran dan rasio angka buta huruf dan pengaruhnya terhadap kemiskinan.

Ternyata Ada Jembatan Amien Rais di Klaten, Ini Lokasinya

Jembatan itu kerap disebut dengan nama Jembatan Amien Rais lantaran pengecoran jembatan dilakukan warga memanfaatkan gelontoran bantuan dari tim Amien Rais kala menjadi capres pada Pilpres 2004.

Overpass DI Pandjaitan Diharap Kelar Sebelum Rel Layang Joglo Dimulai

Dishub Solo berharap pengerjaan peninggian overpass di Jl DI Pandjaitan, Ngemplak, Banjarsari, bisa selesai sebelum rel layang Joglo dan perbaikan viaduk Gilingan dimulai.

Kejari Karanganyar Tuntut 2 Pelaku Kekerasan Seksual Bayar Ganti Rugi

Kejari Karanganyar tahun ini menuntut dua terdakwa kasus kekerasan seksual dengan membayar ganti rugi (restitusi) kepada korban selain menuntut hukuman penjara dan denda.