Peralatan Datang, Rumah Sakit Lapangan Bakal Dibangun dalam 7 Hari Di Benteng Vanstenburg Solo
Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo meninjau peralatan rumkitlap yang tiba di Benteng Vastenburg pada Jumat (22/1/2021) siang. (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Peralatan Rumah Sakit (RS) Lapangan atau rumkitlap Benteng Vastenburg telah tiba di Kota Solo pada Kamis (21/1/2021) kiriman dari Jakarta. Pembangunan rumkitlap itu akan memakan waktu sekitar tujuh hari.

Pada Jumat (22/1/2021), Danrem 074 Warastratama, Kolonel (Inf) Rano Tilaar, kepada wartawan mengatakan kendaraan pengangkut logistik telah tiba. Proses pendirian rumah sakit memerlukan waktu tujuh hari, namun pengoperasiannya menunggu kesiapan tenaga kesehatan (nakes).

“Sekitar beberapa hari ada hal teknis yang dipersiapkan seperti kesiapan irigasi, MCK, dan kondisi steril. Sebelum Februari saya rasa sudah siap,” papar dia.

20-An Nakes Puskesmas Kratonan Solo Yang Positif Covid-19 Belum Divaksin

Ia menambahkan rumkitlap meliputi tenda lapangan, laboratorium, sterilisasi, tenda perawatan orang tanpa gejala (OTG) hingga bergejala. Meskipun sudah dibangun MCK, namun vendor pendirian rumkitlap tetap membawa MCK portabel.

Rano memastikan meskipun saat ini cuaca sedang buruk tidak akan berpengaruh ketahanan dan keamanan rumkitlap. Meski dibuat dari tenda, rumkitlap bisa tahan dari cuaca yang berubah-ubah.

Nakes Dari TNIruma

Sebanyak 200-an personel TNI dari Korem dan Kodim serta para sukarelawan akan dilibatkan dalam pendirian rumkitlap itu. Sedangkan dokter dan tim nakes seluruhnya merupakan personel TNI. Namun, jika dokter TNI jumlahnya tidak memadai, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah sekitar.

Selangkah Lagi Jadi Wali Kota Solo, Gibran Diminta Hindari "Titipan"

“Sejauh ini petunjuk Pangdam, yang akan meresmikan KSAD Jenderal Andika Perkasa."

Rumkitlap itu nantinya berkapasitas 100 bed dengan 100 tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja sistem sif. Danrem menyebut rumkitlap memprioritaskan pasien dari Soloraya. Namun, pasien dari luar Soloraya tetap diterima. Pemilihan lokasi Benteng Vastenburg juga mempertimbangkan jarak menuju RST Slamet Riyadi. Hal itu menyusul para nakes merupakan nakes organik di RST Slamet Riyadi.

Komnadan rumkitlap, Letkol (Ckm )Ardianto Pramono memastikan peralatan rumkitlap canggih dan memadai. Lalu meskipun berbentuk tenda namun tenda dipastikan dingin seperti rumah sakit umum. Sehingga penanganan pasien bergejala berat pun rumkitlap dapat menangani.

Ia memastikan pihak vendor juga telah menyiapkan sarana pengolahan limbah.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom