SOLOPOS.COM - BERI SAMBUTAN-Wakil Rektor I USB, Dra Peni Pujiastuti MSi, memberikan sambutan pada acara Seminar Nasional Nanotechnology: Development and Application in Drugs and Cosmetics di aula USB, Senin (18/6/2012). (JIBI/SOLOPOS/Eni Widiastuti)

BERI SAMBUTAN-Wakil Rektor I USB, Dra Peni Pujiastuti MSi, memberikan sambutan pada acara Seminar Nasional Nanotechnology: Development and Application in Drugs and Cosmetics di aula USB, Senin (18/6/2012). (JIBI/SOLOPOS/Eni Widiastuti)

SOLO-Universitas Setia Budi (USB) Solo berencana mengembangkan nanotechnology. Dosen dan mahasiswa dipersilakan mengadakan penelitian terkait nanotechnology. USB juga akan melengkapi laboratorium dengan peralatan canggih untuk menunjang hal itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saya sangat berharap muncul keinginan dari dosen dan mahasiswa untuk meneliti nanotechnology,” ujar Wakil Rektor I USB, Dra Peni Pujiastuti MSi, saat memberikan sambutan acara Seminar Nasional Nanotechnology: Development and Application in Drugs and Cosmetics di aula USB, Senin (18/6/2012).

Wakil Dekan Senior Fakultas Farmasi USB, Titik Sunarni MSi Apt, mengungkapkan sebenarnya nanotechnology sudah lama muncul, tapi hingga kini aplikasinya masih terbatas. Akibatnya tidak banyak orang yang tahu tentang hal itu.

Oleh karena itu, terangnya, ada keinginan dari USB untuk mengembangkan nanotechnology. Salah satu langkah yang ditempuh yaitu menjalin kerja sama dengan University Teknologi Mara Malaysia yang selama ini sudah mengembangkan nanotechnology. “Minggu (17/6), diadakan pelatihan teknik formulasi nanoemulsi yang tujuannya memberikan motivasi agar mahasiswa dan dosen USB bisa meneliti soal nanotechnology,” ujarnya.

Keynote speakers seminar dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Dr Achmad Fudholi DEA Apt, menerangkan material nano merupakan susunan materi yang berukuran dari 1 hingga 100 mikron yang menunjukkan karakteristik tertentu yang unik karena ukurannya. Aplikasi nano antaralain pada tabir surya dan kosmetik, pembuatan cat, komputasi kuantum dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya