Perajin Tas Masaran Sragen Ini Beromzet Rp300 Juta/Bulan, Berdayakan 100 Warga

Merintis usaha sejak 20 tahun lalu, Nur Handayani, berhasil mengembangkan usaha kerajinan tas anyaman plastik hingga omzet nya mencapai Rp300 juta/bulan. Ia juga memberdayakan hampir 100 perempuan sekitar.

 Nur Handayani menunjukkan tas kreasinya di tempat produksi di Desa Sepat, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen pada Jumat (16/9/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

SOLOPOS.COM - Nur Handayani menunjukkan tas kreasinya di tempat produksi di Desa Sepat, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen pada Jumat (16/9/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Merintis kerajinan tas anyaman dari plastik selama lebih dari 20 tahun, Nur Handayani, warga Dukuh Pucuk, Desa Sepat, Kecamatan Masaran, Sragen mampu berdayakan hampir 100 perempuan wilayah setempat.

Pemilik usaha Azalea Tas Anyaman tersebut mengatakan dalam satu hari bisa memproduksi 400-800 buah tas dengan berbagai jenis. Ada tiga jenis tas buatannya yaitu tas pasar/tradisional, tas modern, dan tas jali-jali.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Untuk satu perajin, sehari bisa memproduksi lima hingga sepuluh tas pasar, tergantung tingkat keterampilan. Dalam 30 menit bisa jadi satu tas pasar, kalau tas modern pembuatannya memerlukan waktu tiga hingga empat jam,” terang Nur saat ditemui Solopos.com di rumahnya pada Jumat (16/9/2022).

Perbedaan jenis tas tersebut dilihat dari bahan yang digunakan. Tas pasar plastik yang digunakan lebih tipis daripada tas jali-jali. Untuk tas modern menggunakan bahan baku yang lebih tebal, serta dikombinasikan dengan kulit, furing, ataupun ritsleting sesuai dengan pesanan pembeli.

Baca Juga: Pemuda Masjid Desa Gabugan Sragen Rintis Kebun Kemanusiaan, Ini Istimewanya

Sebelum seperti sekarang, awalnya usaha Nur hanya membuat tas pasar yang dijual di sekitar tempat tinggalnya. Dalam dua tahun, permintaan pasar meningkat. Kini pasarnya tak lagi lokal Sragen, namun skala nasional bahkan internasional.

“Pembeli dari luar negeri, misalnya dari Jepang dan Denmark, tertarik karena dibuat dengan tangan atau handmade. Bahkan pembeli asal Jepang pernah datang ke sini langsung untuk melihat dan mencoba produksi tas,” ungkap Nur.

kerajinan tas anyaman plastik Sragen
Salah satu warga Jepang berkunjung ke rumah produksi tas anyaman plastik milik Nur Handayani di Desa Sepat, Kecamata Masaran, Kabupaten Sragen. (istimewa/Nur Handayani)

Harga tasnya dibanderol berbeda-beda tergantung jenis. Harga tas pasar dibanderol mulai Rp7.000/unit. Kemudian tas jali yang lebih tebal ia jual mulai dari Rp30.000/unit tergantung besar kecilnya.

“Untuk tas modern, mulai dari Rp100.000/unit hingga Rp200.000/unit, tergantung kesulitan dan modelnya. Tas anyam plastik modern biasanya dikombinasikan dengan furing dan bahan lainnya,” papar Nur.

Baca Juga: Dirikan Rumah Pintar, Cara Pemdes Jambeyan Sragen Asah Skill Warga

Kini, ia bisa mengantongi omzet Rp100 juta hingga Rp300 juta tiap bulannya. Produknya banyak dicari orang ketika Lebaran.

Bahan baku tas ia dapat dari pabrik-pabrik dari berbagai daerah, misalnya Ngawi, Malang, Magelang, dan Surabaya. Bahan baku tersebut dipasok tiap pekan.

Pangsa pasar tas buatan Nur telah merambah Jakarta, Bali, Bandung, dan lain-lain. Untuk ekspor, ia memanfaatkan tangan-tangan reseller.

Untuk memenuhi pesanan, ia mempekerjakan hampir 100 orang di sekitar rumahnya. Kebanyakan datang mengambil bahan baku dan dibawa pulang, kemudian ketika sudah jadi disetorkan kembali ke Nur.

Salah satu perajin, Indah, mengaku mampu memproduksi lima hingga sepuluh tas per hari. Ia sudah bertahun-tahun membuat tas sehingga cukup terampil dan cepat dalam proses produksinya. Jasa pembuatan satu buah tas dihargai mulai dari Rp2.500-Rp3.000.

Baca Juga: UNS Kerja Sama dengan Warga Karungan Sragen Olah Daun Nanas Jadi Kain

Nur sering mengikuti pameran-pameran kerajinan di Kota Solo. Para perajin tas di sekitar wilayahnya, ketika tertarik untuk membuat tas, maka akan diberikan pelatihan terlebih dahulu, serta ditujukan untuk semua kalangan mulai muda hingga lanjut usia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Harga Kedelai Melambung, Bakul Tahu di Sragen Mengeluh

      Para bakul tahu di Sragen terpaksa harus mengurangi ukuran tahu agar bisa mendapatkan laba meskipun para pembeli juga mengeluh.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Ganti Musim, BPBD Karanganyar: Waspada Bencana Alam

      Hujan dengan intensitas rendah, sedang, hingga lebat sudah terjadi di wilayah Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

      Sudah Musim Penghujan, BPBD Sragen Masih Lakukan Dropping Air

      Kepala BPBD Sragen, Agus Cahyono, mengatakan dropping air dilakukan di wilayah sisi utara Bengawan Solo.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa disimak di sini.

      Ustaz Adi Hidayat akan Isi Pengajian Muktamar Muhammadiyah Solo Akhir Pekan Ini

      Tabligh Akbar itu bakal diikuti warga persyarikatan Muhammadiyah se-Soloraya secara daring dan luring. Diperkirakan ada 100.000 jemaah yang bakal mengikuti acara.

      Agenda Solo Hari Ini: Fashion Show By Sosialita di SBF, Krenova di STP

      Agenda Kota Solo hari ini, Rabu (5/10/2022), akan ada Fashion Show By Sosialita di Solo Batik Fashion, Krenova Subosukawonosraten di Solo Technopark dan wayang orang di GWO Sriwedari.

      Stok Vaksin Covid-19 di Solo Habis, Ini Langkah Wali Kota Gibran

      Stok vaksin Covid-19 di Solo habis sejak awal Oktober dan sudah mengajukan stok ke Dinkes Jateng

      Tekan Inflasi, Klaten Galakkan Tanam Sejuta Pohon Cabai

      Pemkab Klaten menggalakkan menanam sejuta pohon cabai sebagai upaya menekan inflasi.

      Berlokasi di Perbatasan Sukoharjo-Karanganyar, Pasar Sedayu Milik Sukoharjo

      Pasar Sedayu terdapat 34 pedagang kios dan 132 pedagang los yang mayoritas menjajakan busana, bahan makanan berupa sayuran, makanan ringan, dan kebutuhan pokok, serta hewan ternak.

      Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

      Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

      Kabel PT Telkom Senilai Puluhan Juta Rupiah Dicuri, Begini Cara Pelaku Beraksi

      Sindikat pencuri kabel Telkom membawa beragam peralatan seperti linggis, kapak, pasak hingga balok kayu untuk mempermudah mengangkat gulungan kabel.

      HUT Ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo Undang Tukang Becak Makan Bersama

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini: Berawan lalu Gerimis saat Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (5/10/2022), diprediksi berawan saat pagi hingga siang kemudian hujan dengan intensitas ringan saat sore.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Aman! Berawan Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Rabu (5/10/2022) diprediksi berawan sepanjang hari menurut BMKG.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022, Lebih Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.