Perajin Tahu di Solo Tak Kesulitan Dapat Stok Kedelai, Tapi Harganya Mahal

Sejumlah perajin tahu dan penjual bahan olahan kedelai di Kota Solo tak mengalami kesulitan mencari stok kedelai.

 Proses produksi tahu di Krajan, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, Kamis (29/9/2022). Saat ini perajin belum berani menaikkan harga tahu meski harga kedelai terus naik. (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - Proses produksi tahu di Krajan, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, Kamis (29/9/2022). Saat ini perajin belum berani menaikkan harga tahu meski harga kedelai terus naik. (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah perajin tahu dan penjual bahan olahan kedelai di Kota Solo tak mengalami kesulitan mencari stok kedelai. Mereka dapat dengan mudah mendapat kedelai namun yang dikeluhkan harganya yang makin tinggi.

Salah satu perajin tahu asal Kampung Krajan, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, Sri Anang Frans mengatakan ia sendiri tak kesulitan mendapat bahan baku pembuatan tahu. Sejauh ini, Frans masih dengan mudah memenuhi kebutuhan kedelainya per hari yang mencapai 2,8 kuintal.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Nggak enek [enggak ada kesulitan] kalau aku yang sebagai pembeli selama iki ya,” kata Frans saat dihubungi Solopos.com, Jumat (30/9/2022).

Saat ini, stok bahan baku di pabriknya masih aman. Namun Frans masih merasakan mahalnya kedelai impor sebagai bahan baku pembuatan tahu.

Menurutnya, dari sisi kualitas, kedelai impor yang ia pakai jauh lebih bagus dibanding kedelai lokal. Sebelumnya, Frans mengatakan Jenis kedelai mempengaruhi produk yang ia hasilkan. Bila ia menggunakan kedelai lokal, hasil tahunya akan kemerah-merahan saat digoreng.

Baca Juga: Harga Kedelai Naik, Ukuran Tahu dan Tempe di Pasar Boyolali Kian Mengecil

Namun bila Frans menggunakan tahu kualitas impor, maka hasil tahunya bagus dan berwarna kekuningan. Menurutnya, itu jauh lebih bagus.

“Beda no. Kalau lokal digoreng agak merah gitu. Kalau impor agak kuning, orang pasti bisa bedain,” katanya.

Soal stok kedelai, Frans belum menemui masalah. Untuk memenuhi kebutuhan kedelai untuk produksi, Frans hanya membeli kedelai di satu penjual saja. Dalam sekali beli, ia membeli sekitar 2,8 kuintal. Pembelian ia lakukan per hari. Artinya, Frans tidak menyetok kedelai terlalu banyak di tempat produksinya.

“Iya [masalahnya di harga yang mahal saja]. Per hari aku. Sauwong [ke seorang pedagang kedelai],” katanya.

Baca Juga: Harga Pangan di Pasar Legi dan Pasar Nusukan Stabil, Tiga Komoditas Turun Harga

Dari catatan pantauan harga di Pasar Legi Solo, Jumat (30/9/2022), harga kedelai impor sudah mencapai Rp13.500/kg, padahal

Sementara itu, pengusaha olahan kedelai di Kampung Pucangsawit, Kelurahan Pucangsawit, Jebres, Helena Suparti pun juga menuturkan ia masih mudah untuk mendapatkan bahan baku kedelai. Namun lagi-lagi, mahalnya harga kedelai masih menjadi masalah baginya.

“Tidak [kesulitan], stok masih mencukupi. Tapi ya itu harganya naik terus,” kata dia kepada Solopos, Jumat.

Sebagai produsen, Parti juga merasakan tingginya harga kedelai. Sebagai produsen bahan olahan kedelai setengah jadi, Parti mengatakan saat ini harga kedelai sudah hampir menyentuh Rp13.000/kg. Meski di sisi lain harga minyak goreng sudah turun menjadi Rp12.000/kg.

“Bahan baku itu kedelai Rp13.000/kg, minyak goreng Rp12.000/kg [sudah] turun,” sambungnya.

Baca Juga: Harga Kedelai Stabil Tinggi, Perajin Tempe Wonogiri Terpaksa Perkecil Ukuran

Dari pengalamannya, harga kedelai memang naik sedikit demi sedikit. Biasanya naik Rp125/kg hingga Rp150/kg.

“Iya, naiknya sedikit-sedikit, tapi tiap hr naik. Naiknya kadang Rp125/kg, kadang Rp150/kg gitu,” tuturnya.

Baru-baru ini, produsen tahu tempe meminta pemerintah segera menyalurkan selisih harfa kedelai yang sejak Juli lalu berhenti. Dikutip dari Bisnis.com, Kementerian Perdagangan (Kemendag) pun buka suara mengenai desakan itu.

Selisih harga kedelai baru disalurkan pada April, Juni dan pertengahan Juli sebanyak 10 persen atau 80.000 ton dari 800.000 ton atau senilai Rp800 miliar. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra mengakui bahwa penyaluran kembali selisih harga kedelai belum terserap semua. “Iya [10 persen]. Memang belum terserap semua,” ujar Syailendra, Selasa (27/9/2022) seperti dikutip dari Bisnis.com.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Sri Mulyani: Sektor UMKM sudah Pulih ke Level Prapandemi

      Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan aktivitas sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) semakin bergeliat sejalan dengan pemulihan ekonomi Indonesia yang semakin kuat.

      Puncak Perayaan HUT ke-65 Astra, Hadirkan Sosok Inspiratif di Bidang Kesehatan

      Astra menutup perayaan HUT ke-65 dengan menampilkan tayangan inspiratif melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live pada Jumat-Minggu (2-4/12/2022).

      Lowongan CPNS 2023 akan Dibuka, Para Pencari Kerja Merapat!

      Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) disebut-sebut akan dibuka kembali oleh pemerintah pada 2023 mendatang.

      Rayakan HUT ke-7, PT SHA Berbagi Rezeki dengan Duafa

      SHA Foundation melakukan kegiatan sosial dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 PT SHA Solo dan Launching SHA Foundation serta pengenalan Warung Sedekah Duafa.

      OJK Optimistis Kredit Perbankan Tetap Tumbuh pada 2023

      Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae optimistis penyaluran kredit perbankan akan tetap tumbuh pada 2023.

      Semen Gresik Bantu Korban Gempa Cianjur Logistik Rp111 Juta dan Trauma Healing

      PT Semen Gresik (PTSG) menyalurkan bantuan logistik bagi para korban dan memberikan trauma healing kepada anak-anak terdampak gempa bumi Cianjur.

      Rekrutmen BUMN Gelombang 2 Dibuka! Cek Syarat-Syaratnya

      Disebutkan, lebih dari 30 BUMN melakukan rekrutmen bersama. Pendaftaran online rekrutmen bersama BUMN dibuka 1-7 Desember 2022.

      Peduli Sesama, The Sunan Hotel Solo Serahkan Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

      Bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur Jawa Barat, Senin (21/11/2022) mendorong karyawan The Sunan Hotel Solo untuk membangun kepedulian kepada sesama.

      Raup Laba Rp11,1 Miliar, Aset PT Widodo Makmur Perkasa Tbk Tumbuh 7 Persen

      Perusahan consumer goods and agricultural commodities nasional, PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP) membukukan laba perseroan sebesar Rp11,1 milliar pada kuartal III 2022.

      Antam 1 Gram Tembus Rp1 Juta, Cek Harga Emas Pegadaian, Jumat 2 Desember 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian Jumat (2/12/2022) hari ini, terpantau melejit untuk cetakan Antam dan cetakan UBS.

      Akuisisi Danareksa Investment, BRI Menuju Perusahaan Jasa Keuangan Terintegrasi

      BRI dan Danareksa melakukan penandatanganan Akta Jual Beli Saham dalam rangka pembelian saham Danareksa Investment Management (DIM) sebanyak 9 juta lembar atau setara dengan 30% dari total saham DIM.

      IHSG Diprediksi Lanjutkan Pelemahan, Cermati Saham-Saham Ini

      Indeks harga saham gabungan (IHSG) berisiko melanjutkan pelemahan pada perdagangan Jumat (2/12/2022) akibat koreksi sejumlah saham big caps, seperti saham GOTO.

      Jangan Sampai Kehabisan, PT KAI Sediakan Tiket Kereta Tambahan Liburan Nataru

      PT KAI telah mempersiapkan sembilan kereta tambahan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama momentum liburan Natal dan Tahun Baru nanti.

      Merek Lokal Kecantikan dan Perawatan Diri Berjaya Tokopedia Beauty Awards 2022

      Ratusan ribu votes telah menentukan pemenang di 25 kategori produk kecantikan dan perawatan diri melalui Tokopedia Beauty Awards 2022.

      Pemerintah Kucurkan Subsidi Pembelian Motor Listrik Rp6 Juta pada 2023

      Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menyebut pemerintah akan mengucurkan subsidi untuk pembelian sepeda motor listrik pada tahun depan.

      Beli Solar Pakai QR Code, Uji Coba Dimulai dari 11 Daerah Ini

      Sebelum pemberlakuan uji coba pembelian solar subsidi dengan QR code, pihaknya sudah menguber sosialisasi pembelian Pertalite subsidi.