Tutup Iklan

Perahu Wisata Kali Pepe Solo akan Dipercantik, Tertarik Mencoba?

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO—Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kelurahan Sudiroprajan akan memperindah rute yang digunakan untuk perahu wisata Kali Pepe dengan mural. Kegiatan mempercantik rute perahu wisata dengan mural tersebut dikemas dalam lomba mural yang direncanakan diadakan Juli mendatang.

Koordinator perahu wisata Pokdarwis Kelurahan Sudiroprajan Y.F. Lily Yuanita mengatakan lomba mural untuk menghiasi rute perahu wisata Kali Pepe adalah salah satu bentuk persiapan rencana meregulerkan wisata susur Kali Pepe tersebut. Menurut Ita, panggilan akrab Lily, media yang digunakan untuk melakukan lomba mural adalah dinding parapet Kali Pepe.

“Dalam jangka waktu dekat kami akan mengadakan lomba mural. Nanti medianya adalah dinding parapet sungai. Selain untuk mencurahkan kreatifitas seni, juga sebagai bentuk upaya memperindah rute perahu wisata,” ujar dia kepada Solopos.com, Jumat (8/3/2019).

Menurut dia, dengan mempercantik rute, daya tarik untuk memikat wisatawan agar datang akan meningkat. Keindahan sungai juga diyakini dapat membuat warga menjadi sungkan untuk membuang sampah di sungai. Sehingga, sungai akan tetap bersih dan indah.

“Kalau dibuat bagus kan masyarakat akan enggan buang sampah di sungai. Karena masalah sebelumnya adalah banyaknya sampah di Kali Pepe. Ini sebagai salah satu upaya kami membentuk psikologis masyarakat agar sungkan membuang sampah jika sungainya indah,” imbuh dia.

Selain untuk memperindah rute, kegiatan tersebut juga berfungsi sebagai edukasi agar masyarakat tidak melakukan aksi vandalisme. Menurut Ita, aksi vandalisme dan mural berbeda dari segi makna dan seni. Menurutnya, dengan adanya lomba mural dapat mengedukasi masyarakat agar tidak melakukan aksi mural.

“Kalau vandalisme itu kan lebih ke ingin menunjukan identitas kelompok atau diri. Tapi kalau mural, memiliki makna seni dan pesan yang dalam. Jadi, kegiatan ini nanti juga salah satu bentuk edukasi agar masyarakat tidak melakukan aksi vandalisme dan mencurahkan seni ke media dan event yang tepat,” bebernya.

Sementara itu, Penasihat Pokdarwis Kelurahan Sudiroprajan, Lilik Kristianto mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan. Lomba mural menurutnya diarahkan untuk mendukung wisata air kali pepe.

“Untuk teknis sedang menunggu keputusan dari teman-teman Podarwis. Yang jelas, lomba tersebut ditujukan untuk menunjang wisata air agar lebih baik,” jelas dia.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Segera Dibentuk, Perbakin di Tiap Daerah di Soloraya

Sejumlah klub menembak seperti Senopati dan Mega Bintang yang hadir dalam Rakerkot itu mengusulkan perlu segera dibentuk pengurus Perbakin tingkat daerah

Pemerintah Untuk Sementara Tutup Pintu Masuk Indonesia

Peraturan ini dikecualikan kepada pemegang visa diplomatik dan dinas, pejabat asing setingkat menteri ke atas, beserta rombongan yang melakukan kunjungan resmi.

Dihantui Varian Omicron, Israel Ngotot Gelar Miss Universe

Peserta Miss Universe akan diberikan keringanan dengan kemungkinan menjalani tes usap PCR setiap 48 jam dan tindakan pencegahan lainnya.

Cerpen Nawang Lintang

Para penari haruslah seorang gadis suci. Kesucian mereka adalah mutlak sebagai persembahan agar Kanjeng Ratu Kidul bersedia datang menjadi penari ke-10 yang akan menyempurnakan prosesi.

Pemkot Solo Belum Punya Regulasi Larangan Jualan Daging Anjing, Tapi...

Pemkot Solo hingga kini belum memiliki aturan yang melarang jual beli daging anjing dan hanya fokus pada upaya mencegah penyakit menularnya.

Tips Menghemat Listrik Kala WFH

Sebaiknya terapkan tips menghemat listrik kala WFH agar tagihan tidak membengkak.

5 Negara yang Tetapkan Tanggal Kedaluwarsa Sertifikat Vaksin Covid-19

Saat ini semakin banyak negara mengumumkan bahwa mereka akan menetapkan tanggal kedaluwarsa untuk sertifikat vaksin.

The Minions Cetak Sejarah Hattrick di Indonesia Open

Marcus/Kevin juga mencetak sejarah dengan menjadi satu-satunya ganda putra yang mencetak hattrick di ajang Indonesia Open.

Jennifer Bachdim Batalkan Liburan ke Belanda, Ini Penyebabnya

Setelah sampai Jakarta, Jennifer Bachdim justru batalkan rencana liburan ke Belanda.

Kantor Manajemen PSS Sleman Dibakar, Ini Ciri-Ciri Pelaku

Kantor Manajemen PSS Sleman dibakar orang tak dikenal saat klub sepak bola itu bertanding di Stadion Manahan Solo.

Geguritan Sri Harnoko

Nalika ratri wis gingsir, dak papak lumakuning gurit, kang nyimpen carita jaman semana, gawe ati lali mangsa

Tampil Dominan, Persebaya Ditahan Imbang Persik Kediri

Pada pertandingan sebelumnya, 24 November 2021, Persebaya mampu menggilas Persita Tangerang dengan skor mencolok 4-0 di tempat yang sama.  

PSS Sleman Kalah, Kantor Manajemen Dibakar

Kantor Manajemen PSS Sleman atau Omah Sleman dibakar oleh orang tak dikenal saat PSS Sleman melakoni laga kontra Persita Tangerang di Stadion Manahan, Solo.

Peringati Hari Menanam Pohon, 25.000 Bibit Ditanam di Hutan Madiun

Hari Menanam Pohon diperingati warga Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), dengan menanam pohon di hutan yang kritis.

Libur Akhir Tahun, Pengelola TSTJ Solo Pasrah Ikuti Aturan Pemerintah

Pengelola objek wisata TSTJ Solo sudah bersiap menghadapi berbagai kemungkinan menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru.