SOLOPOS.COM - Ilustrasi hasil rapid test. (Freepik)

Solopos.com, KULONPROGO -- Mulai Kamis (24/12/2020) ini PT Angkasa Pura 1 membatasi layanan pengujian rapid test di bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kapanewon Temon, Kulonprogo, DIY.

Jika sebelumnya layanan rapid test ini terbuka untuk masyarakat umum, sekarang hanya dikhususkan bagi pengguna jasa penerbangan di bandara tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

PTS General Manager YIA, Taochid Purnama Hadi, mengatakan kebijakan ini diambil sebagai upaya mengoptimalkan pelayanan rapid test kepada calon penumpang pesawat di YIA.

Beredar Info Tawangmangu Jadi Lokasi Rapid Test Acak, Ini Faktanya

"Ini merupakan komitmen kami untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengguna jasa bandara khususnya calon penumpang pesawat udara," ujar Taochid lewat rilis yang diterima Harian Jogja/JIBI, Kamis.

Pihaknya mengimbau calon penumpang pesawat dapat melakukan rapid test pada H-1 atau H-2 keberangkatan. Di samping itu calon penumpang juga harus tiba di bandara setidaknya 4 jam sebelum waktu keberangkatan.

Seperti diketahui sesuai dengan Surat Edaran Satgas Covid-19 No 3/ 2020, terdapat beberapa syarat untuk melakukan perjalanan udara pada masa periode 22 Desember 2020 sampai dengan 8 Januari 2021.

Stasiun Madiun Layani Rapid Test Antigen, Tarifnya Rp105.000

Bagi perjalanan tujuan ke Bali dan Jakarta wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang berlaku paling lama tiga hari sebelum keberangkatan dan mengisi e-HAC Indonesia. Opsi lain menggunakan hasil tes PCR atau swab test yang masa berlakunya tujuh hari.

Sedangkan anak-anak di bawah usia 12 hanya perlu menggunakan hasil rapid test antibodi dengan hasil nonreaktif paling lama 14 hari.

Biaya Pengujian

YIA membuka layanan rapid antibodi dan antigen yang ditempatkan di lantai Mezzanine. Biaya yang dipatok untuk sekali pengujian rapid antibodi sebesar Rp85.000, sedangkan antigen Rp170.000.

Sementara itu Airport Duty Manager (ADM) YIA, Budi Wiyono saat ditemui awak media di YIA, Kamis pagi, mengatakan untuk menggunakan layanan rapid test di bandara ini calon penumpang wajib menunjukkan KTP atau data diri lain serta bukti tiket pesawat.

"Pengguna layanan ini tinggal menunjukkan KTP dan fotokopi tiket," ujarnya.

Sejarah Hari Ini: 24 Desember 1941, Gencatan Senjata Natal di PD I

Budi menerangkan pihaknya telah menyediakan dua posko pengujian rapid antigen dan antibodi di bandara YIA. Posko itu masing-masing dikelola oleh anak perusahaan AP 1 yaitu Angkasa Pura Support (APS) dan Maskapai Lion Air.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengguna layanan rapid test, khususnya yang antigen di masa Natal dan Tahun Baru, stok alat pengujian telah ditambah dari yang sebelumnya hanya 300 alat per hari sekarang jadi 600 alat.

"Kita juga ada penambahan sekitar 300 alat jadi sekarang sekitar 600 an. Sedangkan jadwal pelayanan masih sama, yaitu pukul 06.00 sampai 18.00 WIB," ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya