SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tim voli duduk Jateng meluapkan kegembiraan setelah menaklukan Jatim pada partai final Peparnas XIV Riau di GOR Tribuana, Pekanbaru, Jumat (12/10). Imam Yuda Saputra/JIBI/SOLOPOS

PEKANBARU—Superioritas tim voli duduk putra Jawa Tengah [Jateng] tak terbendung di Pekan Paralympic Nasional [Peparnas] XIV Riau 2012. Jateng mempertahankan dominasinya dengan merebut medali emas setelah menghentikan perlawanan Jawa Timur [Jatim] secara straight set, 25-22, 25-22, 25-10, Jumat (12/10/2012) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada partai puncak di GOR Tribuana, Pekanbaru, Riau, Jatim sempat memberikan perlawanan ketat di set pertama. Namun, Jateng yang mayoritas diperkuat atlet Pelatnas ASEAN Para Games [APG] 2011, masih cukup tangguh bagi Jatim.

Ekspedisi Mudik 2024

Di set kedua, Jatim yang mengandalkan trio atlet Seleknas, Arul, Kuncoro dan Naim, berusaha mengejar ketertinggalan. Meski demikian, upaya Jatim ini masih terganjal solidnya kerja sama Budi Asmara cs.

Pada set ketiga, Jatim mulai kehabisan tenaga. Sementara Jateng yang sejak awal pertandingan tak melakukan rotasi pemain sekalipun, justru kian mengkilap. Alhasil set penentu pun sukses dirampungkan Jateng dengan singkat.

Pelatih Jateng, Mohammad Naim mengaku kemenangan timnya tak terlepas dari kekompakan tim yang terjalin sejak mengikuti Pelatnas APG di Solo, 2011 lalu. Meski di awal set sempat kewalahan, namun kekompakan timnya tetap terjaga hingga usai.

“Di awal set kami memang terlihat kelelahan. Ini karena kami terlalu banyak menguras stamina di partai semifinal. Untungnya, para pemain tetap bersemangat dan bisa menjaga performa hingga usai,” terang Naim saat dijumpai wartawan seusai pertandingan.

Ukir Sejarah

Kemenangan ini membuat Jateng mengukir sejarah baru di Peparnas XIV. Voli duduk merupakan salah satu dari tiga cabang yang dipertandingkan kali pertama di Peparnas, selain boling dan panahan.

Selain itu, dengan merebut emas voli duduk, praktis Jateng mencetak rekor sebagai kontingen peraih emas pertama dan terakhir yang diperebutkan di Peparnas. Emas pertama Peparnas direbut Jateng melalui Hanik Astuti yang turun di cabang atletik nomor kursi roda 1500 meter, sementara voli duduk merupakan emas terakhir yang diperebutkan di Peparnas.

Sementara itu, pada perebutan medali perunggu voli duduk, Jawa Barat [Jabar] tampil sebagai pemenang setelah mengungguli Kalimantan Timur [Kaltim] dengan skor 3-1 (25-20, 25-17, 22-25). Di sektor putri, medali emas berhasil diboyong tim Kaltim setelah menaklukan tuan rumah, Riau, tiga set langsung, 25-7, 25-16, 25-8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya