SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Peparnas 2016 diikuti cabang panahan Jawa Tengah.

Solopos.com, BANDUNG — Tim panahan National Paralympic Committee (NPC) Jawa Tengah bertekad mempertahankan gelar juara di ajang multi event Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XV 2016 di Bandung, Jawa Barat, yang bakal digelar Sabtu-Senin (15-24/10/2016) mendatang. Pada Peparnas XIV 2012 di Riau lalu, panahan Jateng keluar sebagai pemenang setelah berhasil merebut tujuh medali emas.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Tim panahan Jateng kali ini berkekuatan 15 pemanah dengan masih mengandalkan para pemanah senior seperti Muklis dan Sugiyo. Meskipun demikian, Jateng juga terus melakukan regenerasi dengan menurunkan beberapa pemanah debutan.

“Kali ini kami diperkuat 15 pemanah. Di antara mereka kami siapkan untuk ASEAN Para Games 2017 di Malaysia. Kami tak mau menetapkan target jumlah emas, namun yang jelas harus bisa mempertahankan gelar juara umum,” tutur pelatih Panahan Jateng, Sri Mulyo, kepada wartawan, Kamis (13/10/2016).

Sebanyak 15 pemanah itu akan turun di tiga kelas, yakni tujuh atlet di compound, tujuh atlet di nasional, dan satu atlet di recurve. Di sisi lain, saingan terberat Jateng adalah tuan Jawa Barat, DIY, dan Kalimantan Timur.

“Jabar jelas jadi saingan terberat. Bukan hanya karena sebagai tuan rumah, namun kemampuan individu atletnya yang memang berkualitas. Meskipun mereka baru kali ini ikut serta dalam cabang olahraga panahan,” imbuhnya.

Pada Peparnas 2016 ini panahan akan mempertandingkan 33 nomor yang terbagi di tiga kelas, yakni kelas ronde nasional, ronde FITA (Federation Internationale de Tir a l’Arc) recurve, dan ronde FITA compound. Dari setiap kelas pertandingan akan dibagi dalam dua klasifikasi disabilitas, yaitu klasifikasi duduk dan berdiri.

Dari setiap kelas akan dipertandingkan untuk satu jarak. Ronde nasional dengan jarak tembak 40 meter, compound dengan jarak tembak 50 meter, dan recurve dengan jarak tembak 70 meter. Selain itu, di setiap nomor akan dipertandingkan untuk perorangan putra dan putri, beregu, mix (campuran), double mix, serta aduan perorangan putra dan putri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya