SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

PEKANBARU -— Dua rekor Asian Para Games [APG] 2011 pecah dalam Peparnas XIV Riau 2012. Perenang asal Papua, Musa Karumbaba dan atlet tuan rumah, Melanie Putri mengukir rekor baru di cabang renang yang berlangsung di Aquatic Center, Rumbai, Senin (8/10/2012).

Musa meraih medali emas di nomor 100 meter gaya bebas kelas S10 dengan catatan waktu 1:01,59  detik. Catatan waktu Musa ini memecahkan rekor APG di Solo, Desember lalu, yang diukir atas namanya sendiri dengan raihan 1:02,38 detik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara, atlet asal Kalimantan Tengah, Jumri, harus puas di posisi kedua dengan catatan 1;09,90 detik. Sedang, medali perunggu direbut Luis Wanggai dari Papua dengan catatan 1:24,47 detik.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara, rekor baru milik Melanie tercipta di nomor 50 meter gaya dada kelas S14. Atlet asal Riau ini memecahkan rekor APG dengan catatan waktu 47,42 detik. Sebelumnya rekor APG diukir atas nama  Fitriani asal Sulawesi Tengah yang mencatatkan waktu 49,16 detik.

Anggota Team Delegate (TD) Cabor renang, Dimin yang juga merupakan manajer tim renang National Paralympic Committee [NPC] dalam APG, cukup senang dengan pencapaian para atlet di Peparnas. Adanya rekor baru yang terukir menjadi bukti pembinaan atlet selama ini berjalan sukses.

“Ini bukti keberhasilan pembinaan di daerah. Muncul bibit-bibit baru, salah satu contoh adalah Melanie,” ujar Dimin saat dijumpai Espos di sela-sela perlombaan.

Dimin mengungkapkan, Melanie sebelumnya tak diprediksikan mampu merebut emas. Selain atlet baru, Melanie bahkan tak turut tampil dalam APG 2011.

“Kalau Musa memang sudah sejak awal kami prediksikan mampu menambah catatan waktunya. Di kelas S10 gaya bebas 100 meter, dia memang belum tertandingi,” imbuhnya.

Sementara itu, andalan Jateng, Agus Ngaimin yang turun di gaya dada dan gaya bebas S6 100 meter memang belum mengukir rekor baru atas namanya sendiri. Meski demikian, ia sudah bisa memenuhi ekspetasi dengan meraih emas di kedua nomor tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya