PENYULUHAN UMKM : Kendala Utama Berwirausaha Adalah Mental

PENYULUHAN UMKM : Kendala Utama Berwirausaha Adalah Mental

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Aktivitas Hipmi Soloraya melakukan penyuluhan UMKM di Gedung Kesenian Balekambang, Solo. (Arif Fajar S./JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Solo mendapat suntikan motivasi dan ilmu perbaikan manajemen dan pengembangan ekonomi kreatif oleh sejumlah pengusaha di kawasan Soloraya. Sekitar 200 pelaku UMKM hadir dalam penyuluhan UMKM dengan tema Inspirasi Wirausaha Strategi Marketing UMKM,yang diselenggarakan Kanwil Ditjen Pajak Jawa Tengah II Surakarta, di Gedung Kesenian Balekambang, Solo, Sabtu (2/11/2013).

“Kami berharap kegiatan ini dapat mengoptimalkan sumber daya manusia serta terbentuk pelaku usaha yang tangguh dan inovatif menuju kemajuan perekonomian di Solo,” terang Ketua Panitia, Khairudin Nurohman ketika ditemui Solopos.com seusai kegiatan.

Dalam kesempatan tersebut, pemilik PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk, Priyo Hadi Sutanto; pemilik PT Fajar Mulia Pradipta, HM David R Wijaya;  Ketua HIPMI Sragen, Budiyono Rahmadi; dan GM Distributor Unilever Solo, Jojo, berbagi inspirasi wirausaha dan strategi marketing. Menurut David, kendala dalam berwirausaha adalah soal mental di mana sebagian masyarakat bercita-cita menjadi pekerja kantoran. Masalah lain adalah kemudahan yang diberikan pemerintah untuk menumbuhkan iklim wirausaha.

“UMKM di Indonesia sebenarnya luar biasa, namun kurang mendapat dukungan dari pemerintah, seharusnya dipermudah soal perizinannya. Masyarakat cara pandangnya juga harus diubah agar tidak gengsi dalam berwirausaha,” jelasnya.

Soal pengalaman pahit, Priyo Hadi Sutanto, menceritakan dirinya pernah ditanya teman apa tidak bosan bermain mi. “Teman saya berkata jika sudah bosan, nanti dia ambil alih. Namun hal itu tidak membuat saya surut dalam menjalankan usaha,” ungkapnya di hadapan peserta penyuluhan.

Priyo juga menyebut persaingan sekarang ini justru menyenangkan. Ibarat balap sepeda motor, intinya bagaimana pelaku usaha berani mengambil risiko. “Seperti Valentino Rossi berani ambil risiko di tikungan,” ujarnya mencontohkan.

Sedangkan Budiyono mengatakan untuk bisa sukses, pelaku UMKM harus melakukan sesuatu yang tidak dilakukan orang lain atau pelaku UMKM lain. “Jadi mentalitas harus disiapkan dalam menjalankan usaha, jangan menyerah tetap semangat,” tegas Budiyono.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ucapkan Selamat Ulang Tahun, AHY-Anies Makin Mesra?

Hubungan Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Rasyid Baswedan atau AHY-Anies semakin mesra setelah pertemuan tertutup Kamis (6/5/2021) sore.

TWK Alih Status Pegawai KPK Dinilai seperti Tes terhadap PKI

Nursyahbani Katjasungkana, mengatakan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sama seperti mengetes terhadap seseorang yang diduga terlibat Partai Komunis Indonesia atau PKI.

54 Perusahaan di Jateng Diadukan Soal THR, Banyak di Solo & Semarang

Perusahaan yang diadukan itu mayoritas berjenis padat karya di bidang garmen atau tekstil.

Tak Pakai Masker Hingga Uyel-Uyelan, Banyak Warga Abai Prokes Di Pasar & Mal Sukoharjo

Petugas patroli Satpol PP Sukoharjo menemukan masih banyak masyarakat yang abai prokes saat berbelanja di mal maupun pasar tradisional.

Wali Kota Solo Abaikan Kebijakan Pusat, Dishub Jateng Tutup Mulut...

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengabaikan larangan mudik lokal atau mudik sesuai pemerintah pusat dan Dishub Jateng.

Terpaksa Mudik? Ini Syarat dan Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Covid-19

Pelaku perjalanan yang dikhususkan bagi yang dikecualikan harus memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SKIM) dan Surat Bebas Covid-19 dengan menggunakan tes PCR atau Rapid Test Antigen maupun GeNose C19.

IDI Pusat Apresiasi Produk Eucalyptus Peneliti Kementan

Hasil penelitian Eucalyptus yang dilakukan sangat luar biasa dan berkembang dengan sangat baik.

Viral Pria Ngeyel Pakai Kursi Roda di Tengah Jalan Widuran Solo, Bisa Picu Kecelakaan Maut

Pria pengguna kursi roda di Solo ini membuat pengguna jalan lain cemas. Dia kerap berada di tengah jalan dan memicu kecelakaan maut.

Bupati Karanganyar: Takbiran Keliling Dilarang, Takbiran di Masjid Saja

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melarang takbiran keliling. Sebagai gantinya takbiran hanya boleh dilakukan di dalam masjid dan musala.

Dinkopnaker Boyolali Klaim Masalah THR Pan Brothers Sudah Tuntas

Dinkopnaker Boyolali mengklaim masalah pembayaran THR yang diprotes karyawan PT Pan Brothers sudah selesai melalui kesepakatan bersama.

Seorang Anggota DPRD Grobogan Ditangkap Polisi Gegara Ganja

Pengakuan tersangka menggunakan barang haram tersebut karena selama ini mengalami gangguan sulit tidur.

Wanita Solo yang Kembalikan Uang Rp20 Juta ke Pemilik Dipuji Ustaz Yusuf Mansur

Wanita asal Solo ini dapatkan pujian dari Ustaz Yusuf Mansur karena mengembalikan uang puluhan juta yang hilang