Penyuluhan Antik Narkoba Operasi Antik Candi 2019, Senin (6/8/2019). (Istimewa/Dok.Humas Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI - Binmas Polres Wonogiri menyelenggarakan rangkaian penyuluhan pencegahan penyalahgunaan narkoba, psikotropika, dan minuman keras di sejumlah tempat. Senin (5/8/2019) malam WIB, Polres menyambangi tiga tempat termasuk tempat karaoke di Alas Kethu, Kelurahan Giriwono, Wonogiri.

Kasat Binmas Polres Wonogiri, AKP Surono, mengatakan pembinaan dan penyuluhan (Binluh) malam kali ini bertujuan untuk menghimbau masyarakat agar menjauhi narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya. AKP Surono menyebut narkoba dan obat-obatan terlarang dilarang oleh hukum positif dan hukum agama.

"Kita hanya penyuluhan, tidak ada razia, mengantisipasi biar tidak ada yang minum-minuman keras, narkoba, psikotropika karena itu melanggar agama, melanggar hukum kita," katanya kepada Solopos.com.

Giat malam di tempat karaoke ini diikuti oleh sejumlah staf dan para pemandu (LC). Saat ditanya soal apakah pembinaan juga termasuk menertibkan LC yang biasanya tampil dengan pakaian mini, AKP Surono tidak menjawab gamblang.

AKP Surono hanya menceritakan saat aparat melakukan sesi foto dengan para pemandu karaoke. "Tadi kita berfoto bareng saja saya suruh pakai pakaian yang bagus yang sopan," tuturnya.

"Tadi karena mereka pakaiannya tidak dipersiapkan sebelumnya, makanya yang ada itu. Tapi saat mau berfoto yang ada jaket-jaket apa aja, atau jaket yang ada di motor ya pakai jaket," ungkapnya lagi.

AKP Surono mengatakan kegiatan ini dilaksanakan di saat tempat karaoke masih belum padat kegiatan. "Pengunjung belum banyak, baru yang datang staf tempat karaoke ya," ungkapanya

Kegiatan ini adalah rangkaian dari Operasi Antik Candi yang akan berlangsung selama 20 hari mulai 1 Agustus hingga 20 Agustus 2019.

Selain melakukan penyuluhan di tempat hiburan malam, Binmas Polres juga menyasar sekolahan, tempat-tempat indekos dan tempat-tempat lain. "Kita kan pindah-pindah, tadi sore [Senin] ke tempat kos kita sambangi, ajak ngobrol, lalu ke tempat lain. Tadi kerjasama dengan Kasat Narkoba [Polres Wonogiri], saya yang penyuluhan, Kasat Narkoba yang memeriksa sampel," kata pria yang menjabat sebagai Kasat Binmas sejak November 2018 itu.

  • Penyuluhan Antik Narkoba Operasi Antik Candi 2019, Senin (6/8/2019). (Istimewa/Dok.Humas Polres Wonogiri)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten