Penyu Ditemukan di Pantai Selatan Kulonprogo, Dicek Tim SAR Sudah Mati

Warga di pesisir pantai selatan Kulonprogo kembali menemukan penyu. Penyu tersebut tak bisa diselamatkan dan dikubur di pinggri pantai.

 Penemuan seekor penyu oleh warga di pesisir pantai selatan Kulonprogo kembali dilaporkan pada Jumat (26/11/2021). Sayangnya, saat dicek kondisi penyu sudah dalam posisi meninggal dunia. (Ist/Satlinmas Kulonprogo)

SOLOPOS.COM - Penemuan seekor penyu oleh warga di pesisir pantai selatan Kulonprogo kembali dilaporkan pada Jumat (26/11/2021). Sayangnya, saat dicek kondisi penyu sudah dalam posisi meninggal dunia. (Ist/Satlinmas Kulonprogo)

Solopos.com, KULONPROGO — Penemuan seekor penyu oleh warga di pesisir pantai selatan Kulonprogo, DIY, kembali dilaporkan pada Jumat (26/11/2021). Sayangnya, saat dicek ke lokasi oleh tim SAR setempat, penyu itu sudah mati.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko, mengatakan seekor penyu jenis lekang yang dilaporkan oleh warga diketahui berada di sebelah barat pantai Labuhan, Kapanewon Temon, Kulonprogo.

“Lokasinya itu ada di selatan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Kondisi penyu saya cek dalam kondisi mati. Bangkai penyu pertama kali ditemukan oleh warga yang ingin memancing di sekitar lokasi ditemukannya penyu,” ungkap Aris pada Jumat.

Baca Juga: Cari Pakan Ternak, Pria di Kulonprogo Dilaporkan Hilang Misterius

Dikatakan Aris, penyu jenis lekang tersebut diketahui memiliki panjang sekitar 75-80 sentimeter, lebar sekitar 45 -50 sentimeter dan beratnya kurang lebih 40 kilogram. Penyebab kematian penyu diperkirakan karena usia usia yang sudah tua.

“Informasi kami terima sekitar jam 11.00 WIB. Namun menepinya saya kira sudah beberapa jam sebelumnya. Saat ini, kami sudah menguburkan bangkai penyu tersebut dan melaporkannya kepada BKSDA [Balai Konservasi Sumber Daya Alam]. Kami sudah tandai lokasi penguburan kalau nanti BKSDA DIY mau melakukan pemeriksaan,” ujar Aris.

Dikonfirmasi terpisah, Pegiat Lingkungan Kulonprogo, Saptono Tanjung, menjelaskan wilayah perairan di sebelah selatan Bandara YIA adalah kawasan teluk. Ombak di wilayah tersebut menarik kuat ke dalam. Alhasil, penyu yang melewati wilayah tersebut cenderung akan kelelahan dan kehabisan tenaga.

Baca Juga: Kulonprogo Punya Destinasi Wisata Paralayang, Bikin Adrenalin Terpacu

“Saya harap di wilayah selatan bandara YIA diadakan penelitian sehubungan dengan keberadaan flora dan fauna yang ada. Sehingga di kawasan tersebut mampu dijadikan sebagai ekosistem yang mengarah pada flora dan fauna esensial,” ujar Saptono.

Berita Terkait

Berita Terkini

Bupati Sleman Terpapar Covid19, Omicron?

Sample swab Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, saat ini tengah dikirim ke Balitbang Kemenkes untuk meneliti adanya varian Omicron.

Bekas Mobil Wali Kota Jogja Laku Rp52 Juta, Seperti Ini Penampakannya

Bekas mobil dinas Wali Kota Jogja laku terjual dalam lelang mobil dinas yang digelar Pemkot Jogja.

Sultan Jogja Harus Menunggu 18 Tahun untuk Merelokasi PKL Malioboro

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, harus menunggu selama 18 tahun untuk merelokasi pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Malioboro.

Pabrik Wig di Kulonprogo Kebakaran, Damkar Sulit Padamkan Api

Kebakaran melanda pabrik wig, PT Sun Chang, di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (25/1/2022).

Begini Penampakan Lapak Baru PKL Malioboro di Gedung Eks Bioskop Indra

Pemerintah Kota Jogja memperlihatkan penampakan lapak baru bagi PKL Malioboro di Gedung eks Bioskop Indra.

Lanjutan Kasus Tarif Parkir Nuthuk di Jogja, Begini Nasib Juru Parkir

PN Yogyakarta telah menjatuhkan vonis kasus parkir nuthuk di Jogja melibatkan juru parkir, Ahmad Fauzi, yang sempat viral di medsos.

Tega! Warga Klaten Nekat Curi Motor Temannya Saat Ditinggal Mandi

Seorang pria, HP, 24, warga Kabupaten Klaten diringkus polisi setelah melancarkan aksinya mencuri motor milik temannya saat sedang mandi pada Kamis (13/1/2022).

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo Positif Covid-19

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dinyatakan terpapar Covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri pada Selasa (25/1/2022).

Besok, PKL Malioboro Mulai Proses Relokasi ke Tempat Baru

Proses relokasi atau pemindahan pedagang kaki lima (PKL) Malioboro akan dilaksanakan besok, Rabu (26/1/2022).

Puncak Omicron Februari-Maret, Sultan HB X Pastikan PTM Jalan Terus

Penyebaran Omicron diprediksi mencapai puncaknya pada Februari-Maret 2022. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, memastika hal itu tak memengaruhi PTM.

Bikin Bakso Ayam Tiren, Pasutri Bantul Raup Omzet Rp500.000 per Hari

Pasangan suami istri (pasutri) asal Kabupaten Bantul nekat membuat bakso berbahan daging ayam tiren, atau bangkai ayam.

Produksi Bakso Ayam Tiren sejak 2015, Begini Pengakuan Warga Bantul

Pasutri asal Kabupaten Bantul mengaku menyesal telah memproduksi bakso berbahan daging ayam tiren sejak 2015, atau selama tujuh tahun terakhir.

80 Warga Tempel Sleman Mulai Terima Uang Ganti Rugi Tol Jogja-Bawen

Sejumlah warga Kalurahan Banyurejo, Kapaneon Tempel, Sleman, mendadak jadi miliarder setelah menerima uang ganti rugi atas lahan mereka yang terdampak tol Jogja-Bawen.

+ PLUS Malioboro akan Dilengkapi Museum Jogja Masa Lalu dan Masa Depan

Kawasan Malioboro akan dilengkapi museum yang menghadirkan Jogja pada masa lalu dan masa depan yang disebut proyek Jogja Planning Gallery (JPG). Lokasi JPG di Gedung DPRD DIY. Kantor DPRD DIY akan dipindah ke Umbulharjo, Kota Jogja.

Operasi Pasar Sleman Sediakan 6.864 Liter Minyak Goreng, Ini Lokasinya

Pemerintah Kabupaten Sleman akan menggelar operasi pasar minyak goreng di enam kapanewon.