Mohammed bin Salman. (Reuters)

Solopos.com, ISTANBULPenyidik PBB, Agnes Callamard, menuding Pangeran Mohammed bin Salman mengelak dari tanggung jawabnya terkait kasus pembunuhan Jamal Khashoggi. Dia dituduh merekayasa cerita dan menempatkan orang lain sebagai tameng untuk melindungi diri.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (5/10/2019), Agnes Callamard menilai Pangeran Mohammed bin Salman sengaja mengelak untuk melindungi diri. Dia juga menuding pengadilan Arab Saudi tidak independen dalam mengusut kasus pembunuhan Jamal Khashoggi.

Baca juga: Putra Mahkota Saudi Tak Perintahkan Pembunuhan Jamal Khashoggi

Sebelumnya, Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi itu menegaskan bertanggung jawab atas pembunuhan Jamal Khashoggi. Namun, dia membantah tudingan memerintahkan pembunuhan Jamal Khashoggi. Dia mengatakan pembunuhan itu terjadi di luar pengawasannya.

Tetapi, pernyataan Pangeran Mohammed bin Salman tidak dipercaya begitu saja oleh Agnes Callamard. Dia justru mempertanyakan bagaimana mungkin Pangeran Mohammed bin Salman tidak mengetahui pembunuhan tersebut.

Baca juga: Putra Mahkota Arab Saudi Mengaku Bertanggung Jawab atas Pembunuhan Jamal Khashoggi

Agnes Callamard menilai jawaban itu merupakan strategi Pangeran Mohammed bin Salman untuk cuci tangan dari kemarahan dunia. Pernyataan tersebut disampaikan ketika bertemu dengan keluarga dan sahabat Jamal Khashoggi di acara peringatan setahun kematiannya di Istanbul, Turki.

Seperti diketahui, Jamal Khashoggi meninggal dunia secara misterius pada 2 Oktober 2018. Dia dinyatakan meninggal seusai mengurus dokumen pernikahan di Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki. Sampai saat ini, jasad Jamal Khashoggi tidak ditemukan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten