SOLOPOS.COM - Ilustrasi tindak anarkistis (JIBI/Solopos/Dok.)

Penyerangan terhadap tokoh agama yang melibatkan orang gila jadi perhatian Polda Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Banyaknya kasus penyerangan terhadap tempat ibadah dan tokoh agama yang dilakukan penderita gangguan jiwa alias orang gila menyita juga perhatian aparat Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng). Kapolda Jateng, Irjen Pol. Condro Kirono, bahkan telah menginstruksikan jajaran di bawahnya untuk mulai mengencarkan razia terhadap orang gila.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu disampaikan Kapolda saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Intelkam di Hotel Patra Jasa, Semarang, Rabu (21/2/2018). “Kita bersinergi dengan Dinas Sosial melakukan operasi orang gila di Cilacap, Solo, Kebumen, dan Jepara. Hasilnya, sudah ada 20 orang gila yang ditangkap,” tutur Condro.

Ekspedisi Mudik 2024

Condro menjelaskan hal yang memicu razia orang gila itu adalah fenomena penyerangan tokoh agama yang dilakukan penderita sakit jiwa di beberapa daerah, seperti Lamongan, Jawa Timur (Jatim). Di Lamongan, penderita gangguan jiwa itu menyerang pengasuh Ponpes Muhammadiyah.

Condro menambahkan pihaknya juga telah menginstruksikan jajaran intel Polda Jateng untuk melakukan deteksi dini agar peristiwa serupa tidak terjadi di Jateng. Langkah itu dilakukan melalui pendekatan ke tokoh agama dan juga mendatangi pondok pesantren serta melaksanakan salat berjemaah.

“Pejabat kepolisian di daerah juga kami minta sering melakukan silaturahmi ke ulama, pendeta, atau tokoh agama. Kalau perlu ikut menginap di pondok pesantren,” beber Condro.

Condro menyebutkan untuk saat ini, gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat baik yang membawa unsur agama maupun pilkada belum terdeteksi di Jateng. Meski demikian, ia meminta jajarannya untuk tidak lengah terhadap provokasi yang menggunakan unsur-unsur tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya