Tutup Iklan

Penyerang Pos Polantas di Tangerang Sering Chatting dengan ISIS

Penyerang Pos Polantas di Tangerang Sering Chatting dengan ISIS

SOLOPOS.COM - Pasukan ISIS. (Independent.co.uk)

Penyerang pos polantas di Tangerang disebut sering berhubungan dengan anggota ISIS dengan chatting atau dunia maya.

Solopos.com, TANGERANG -- Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan penyerang Pos Polisi Lalu Lintas (Polantas) di Tangerang, Sultan Azianzah, memang dari keluarga Polri. Dua kakaknya adalah polisi yang bertugas di Tangerang. Namun, keluarga menyatakan kalau Sultan sering menghilang dari rumah untuk bermain di warung internet (warnet).

“Beberapa waktu lalu dia ada di sebuah pesantren yang ada di Ciamis. Orang tua dan kakaknya mencari di sana. Setelah ketemu, baru didatangi, eh dia malah lari. Kemudian dikejar, dibawa ke polsek setempat. Namun kemudian setelah dibawa ke rumah, hilang lagi adiknya ini,” ujarnya, Jumat (21/10/2016), dikutip Solopos.com dari Okezone.

Perilaku Sultan Azianzah memang banyak berubah setelah dia kembali dari Ciamis. Menurut Kapolri, hal itu juga sempat menjadi kekhawatiran keluarga. Meski Sultan Azianzah telah meninggal, kepolisian tetap akan menelusuri jejak Sultan Azianzah belajar merakit bom.

“Siapa tersangka SA ini? Dia adalah rekrutan pemilik pesantren di Ciamis yang berinisial FA. Pemilik pesantren ini sudah meninggal dunia awal tahun ini,” katanya. “FA merupakan bagian dari jaringan lama, Aljamaah Islamiah, dia beberapa kali membesuk Abu Bakar Baasir di Nusakambangan,” terang Kapolri.

FA diketahuinya lebih pro terhadap ISIS sehingga kelompok Aljamaah Islamiah terpecah. “Karena ada yang dukung ISIS ada yang konsisten dengan Alqaedah. Alqaedah dan ISIS sendiri terpecah,” tuturnya.

Dia mengatakan, Sultan Azianzah baru direkrut oleh FA selama setahun. Di samping itu, Sultan sering online dengan kelompok ISIS. Tak hanya itu, Sultan sering membuka website-website yang dimiliki ISIS. “Ada tiga orang Indonesia di Syiriah yang sangat berpengaruh pada kelompok di Indonesia, yakni Bahrun Naim, Bahruim Syah dan Abu Jal, mereka terus merekrut dengan pola online,” ujarnya.

Sementara kelompok FA ini sebagian ke ISIS, leading-nya adalah JAD pimpinan Maman Abdurahman, namun sebagian tetap menjadi pengikut Alqaeda. “Ideologi FA mengarah mendukung pada ISIS,” terang Kapolri.

Soal alasan polisi sebagai sasaran serangan, kata Kapolri, karena mereka memang menargetkan polisi. Mereka menganggap polisi adalah yang menegakkan aturan yang membuat mereka tidak bisa bergerak bebas.

“Itu biasanya yang menyerang adalah [dianggap] kelompok kafir harbi. Bagi mereka salah satu target adalah polisi. Nah ini memang dilemma, kasihan memang anggota yang langsung bersentuhan dengan masyarakat,” tuturnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

15 Anggota KKB Papua Dilumpuhkan, 4 Tewas Ditembak

Satgas Nemangkawi menundukkan kelompok kriminal bersenjata atau KKB yang diklasifikasikan teroris di Papua.

Film Hong Kong Bakal Dikekang UU Keamanan Nasional

Hong Kong menginstruksikan sensor film apa pun yang dinilai bertentangan dengan UU Keamanan Nasional yang diberlakukan oleh China tahun lalu.

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.

Zodiak Ini Kata Astrologi Pandai Bergaul

Beberapa zodiak cenderung pemalu dan tertutup, sementara zodiak lainnya pandai bergaul sehingga sangat menarik perhatian.

Persib Bandung 1-1 PS Tira Persikabo: Robert Petik Hal Positif

Persib memimpin lewat gol Febri Hariyadi pada menit ke-40 namun disamakan oleh gol balasan Ciro Alves pada menit ke-56.