SOLOPOS.COM - Orang tua atau wali mendampingi calon siswa baru menyerahkan berkas administrasi PPDB di SMPN 2 Sukoharjo, Senin (15/6/2020). (Solopos-R. Bony EKo Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Penyerahan berkas administrasi calon siswa baru dalam pelaksanaan tahap II Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP di Sukoharjo tahun ajaran 2020/2021 dibatasi 10 orang per kelas.

Empat jalur pendaftaran tahap II PPDB SMP di Sukoharjo dibuka 15-19 Juni 2020.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada Senin (15/6/2020), sejumlah orang tua/wali mendampingi calon siswa baru peserta PPDB mendatangi SMPN 2 Sukoharjo. Mereka membawa berkas dokumen administrasi yang dimasukkan ke dalam map.

Bupati Sragen Waspadai Penularan Covid-19 Lewat Transmisi Lokal

Sebagian orangtua/wali mendampingi calon siswa baru peserta PPDB SMP masuk ke dalam ruang kelas. Sebagian lainnya menunggu di halaman sekolah.

Kepala SMPN 2 Sukoharjo, Sriyono, mengatakan para calon siswa baru telah mengambil nomor urut pendaftaran PPDB SMP secara online pada 2-9 Juni 2020.

Sedangkan calon siswa baru yang tak bisa mengakses PPDB secara online dipersilakan mengambil nomor urut secara manual ke sekolah.

“Setiap calon siswa baru diwajibkan mendatangi sekolah dengan membawa berkas dokemen administrasi. Misalnya, nilai rapor, kartu keluarga (KK), dan akta kelahiran. Saat melengkapi berkas dibatasi hanya 10 siswa di setiap ruang kelas demi mencegah persebaran Covid-19,” kata dia, saat ditemui di kantornya, Senin.

Mencuci Tangan

Proses verifikasi berkas dokumen administrasi para calon siswa baru peserta PPDB menerapkan protokol kesehatan. Para orang tua/wali calon siswa baru wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum masuk ke kelas, dan physical distancing.

“Dalam sehari, hanya 120 calon siswa baru yang melengkapi berkas dokumen administrasi. Kami batasi agar tak berkerumun di sekolah,” ujar dia.

Adapun empat jalur pendaftaran PPDB SMP yakni zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali siswa dan prestasi. Panitia PPDB SMPN 2 Sukoharjo bakal melakukan validasi data masing-masing calon siswa baru pada 20 Juni.

Bengkel Sepeda di Solo Terimbas Tren, Order Servis Naik 400 Persen!

Sebelumnya, pendaftaran tahap I PPDB SMP jalur lingkungan RW di Sukoharjo telah rampung. Jumlah calon siswa baru yang mendaftar PPDB jalur lingkungan RW sebanyak 33 siswa.

“Kuota siswa baru sebanyak 288 kursi. Jumlah calon siswa baru jalur lingkungan RW sebanyak 33 siswa. Sisa kuota siswa baru diperebutkan empat jalur tahap II PPDB,” ujar dia.

Giliran Puluhan Orang di Pasar Klithikan Notoharjo Solo Di-rapid Test

Sementara itu, Ketua PPDB SMPN 2 Sukoharjo, Utami Murwaningsih, mengatakan pengumuman dan daftar ulang calon siswa baru tahap II pada 22 Juni-25 Juni.

Pelaksanaan daftar ulang calon siswa baru dilaksanakan selama empat hari untuk mengantisipasi kerumunan massa dalam PPDB yang berisiko dalam persebaran pandemi Covid-19.

“Setiap calon siswa baru diperbolehkan memilih tiga sekolah negeri. Jika tak diterima di sekolah pilihan pertama maka otomatis terdaftar dalam sekolah pilihan kedua dan seterusnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya