SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SEMARANG — Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Semarang menggagalkan penyelundupan 24.650 ekor benih lobster melalui Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/3/2020). Bibit lobster asal Bangil itu rencananya akan dikirim ke Singapura.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tanjung Emas Semarang Anton Martin mengatakan ribuan benih lobster tersebut dibawa oleh seorang penumpang berinisial LW, 31, asal Surabaya. Baby lobster tersebut ditempatkan dalam 29 kantong plastik yang dikemas dalam sebuah tas koper.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam setiap plastik tersebut berisi 850 ekor benih lobster. "Diwadahi plastik yang diberi oksigen dan es, agar lobster yang dibawa bisa bertahan hidup," kata Martin.

Menurut dia, pengungkapan itu bermula dari kecurigaan petugas terhadap barang bawaan salah seorang penumpang ketika diperiksa melalui mesin X-ray. LW, kata dia, rencananya akan terbang dengan menggunakan Silk Air tujuan Semarang-Singapura.

Benih Asal Bangil

Berdasarkan pengakuan pelaku, benih tersebut berasal dari Bangil, Pasuruan, Jawa Timur. Nilai ekonomis dari baby lobster tersebut, ujar dia, diperkirakan mencapai Rp2,3 miliar.

Bridge Fountain Bikin Pesona Semarang Tak Kalah dari Korea Selatan

Atas perbuatannya, pelaku penyelundupan benih lobster tersebut dijerat dengan UU No. 17/2006 tentang Kepabeaan. Martin menambahkan benih tersebut selanjutnya langsung dilepasliarkan di perairan Jepara.

Berdasarkan penelusuran Semarangpos.com, lobster membutuhkan perairan yang ideal untuk bertelur. Hanya di beberapa tempat di dunia yang dinilai cocok untuk habitat lobster bernilai tinggi seperti spesies Panulirus sp yang banyak diminati di pasar ekspor.

Indonesia adalah salah satu penghasil lobster. Selama ini lobster ditangkap dari alam. Pemerintah telah melarang penangkapan dan perdagangan benih lobster tangkapan dari alam itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya