SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi macan tutul (JIBI/Antara)

Solopos.com, CILACAP–Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyelamatkan seekor macan tutul (Panthera pardus melas) yang terjebak di sebuah kandang ayam milik warga Desa Kuta Agung, Kabupaten Cilacap.

“Alhamdulillah, evakuasi selesai dilakukan Selasa (17/6/2014) malam sekitar pukul 21.00 WIB. Saat ini, macan tutul tersebut kami amankan di Kantor Camat Dayeuhluhur sambil menunggu tim medis yang dikirim BKSDA Jateng,” kata Koordinator Polisi Hutan BKSDA Jateng Seksi Konservasi Wilayah Cilacap-Pemalang, Rahmat Hidayat, di Cilacap, Rabu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Macan tutul yang memiliki panjang badan 70 sentimeter dan berat badan 30 kilogram itu mengalami luka selebar 2-3 sentimeter dan panjang 6 sentimeter di bahu kaki kanan depan maupun bahu kaki kanan belakang.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami masih menunggu instruksi lebih lanjut dari Kepala BKSDA Jateng di Semarang terkait penanganan terhadap macan tutul yang masih anakan ini,” katanya.

Saat dihubungi dari Cilacap, Kepala BKSDA Jateng S.Y. Chrystanto mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan langkah penyelamatan terhadap macan tutul yang telah dievakuasi petugas BKSDA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya