SOLOPOS.COM - Jalur penyeberangan bawah tanah yang menyatu dengan pintu akses tempat parkir bawah tanah di Baku, Azerbaijan. (skyscrapercity.com)

Jalur penyeberangan bawah tanah yang menyatu dengan pintu akses tempat parkir bawah tanah di Baku, Azerbaijan. (skyscrapercity.com)

SOLO — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung upaya mewujudkan jembatan penyeberangan bawah tanah (JPBT) atau terowongan bawah tanah di Kota Solo. Kemenhub siap mengucurkan bantuan jika pembangunan JPBT sesuai skema pembiayaan pusat.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Direktur Bina Sistem Transportasi Perkotaan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Djoko Sasono, Jumat (5/4/2013), mengatakan pada prinsipnya pusat bisa membantu pendanaan JPBT. Syaratnya, jalan yang bakal dibangun JPBT harus bertipe jalan nasional. Diketahui, ruas jalan yang diplot JPBT yakni Jl Kolonel Sutarto merupakan jalan nasional. Sementara jalan lain yang disasar yakni Jl Jenderal Soedirman dan Jl Slamet Riyadi berstatus jalan kota. ”JPBT yang melalui jalan nasional bisa dibiayai pusat, ada skema untuk itu,” terangnya.

Djoko menyarankan Pemkot berkomunikasi intensif dengan Kemenhub jika ingin merealisasikan bantuan tersebut. Meski demikian, pihaknya mewanti-wanti agar Pemkot tetap berkontribusi seumpama JPBT jadi dibiayai pusat. “Bentuknya tidak melulu dana tapi juga konsep terowongan yang aman dan nyaman,” ujarnya.

Menurut Djoko, pembangunan JPBT merupakan solusi logis mengurai kepadatan lalulintas. Pihaknya menilai aspek kenyamanan JPBT juga lebih baik dibanding jembatan penyeberangan orang (JPO) maupun pelican crossing. “Butuh tenaga lebih untuk menyeberang di JPO. Sarana itu juga tidak ramah difabel. “Lebih lanjut, Kemenhub mendorong konsep JPBT dibuat semenarik mungkin. Menurutnya, informasi pariwisata Solo bisa didesain cantik di sepanjang dinding terowongan. Jika memungkinkan, kios cenderamata pun bisa berdiri di tempat itu. “Kami harap JPBT bisa didesain menarik orang. Tidak ada salahnya meniru konsep negara lain sepanjang itu sukses,” ujar Djoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya