SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Puluhan pelajar SMA/SMK yang tergabung sebagai relawan Palang Merah Remaja (PMR) Wira se-Kabupaten Wonogiri, Senin (14/12) kemarin menggelar aksi damai sebagai wujud keprihatinan terhadap semakin meluasnya penyebaran virus HIV/AIDS di wilayah itu.

Aksi tersebut dilakukan dengan longmarch dari markas PMI Cabang Wonogiri Jl Gatot Subroto menuju Pasar Kota Wonogiri, dilanjutkan ke depan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) tak jauh dari Kantor Bupati Wonogiri lalu kembali lagi ke markas PMI.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Selama aksi mereka membagi-bagikan selebaran berisi sosialisasi mengenai penyakit HIV/AIDS, bagaimana cara penularannya, pencegahannya dan sebagainya. Selain itu, mereka juga melakukan orasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya menjaga diri dari penularan penyakit mematikan tersebut.

Salah satu koordinator aksi, Kuswanto, ditemui Espos, di sela-sela aksi kemarin mengungkapkan, aksi tersebut dilakukan untuk memperingati Hari AIDS se-Dunia 1 Desember lalu.

Namun, karena pada saat yang bersamaan para siswa SMA/SMK tengah mengharap ujian semester, maka aksi itu ditunda dan baru kemarin dilaksanakan.

“Ini sebagai wujud keprihatinan kami terhadap kenyataan semakin banyaknya orang yang terjangkit virus HIV/AIDS. Yang saya dengar, di Wonogiri ini sudah ada belasaan orang yang terjangkit. Kami ingin memperingatkan masyarakat dan juga diri kami sendiri untuk selalu menjaga diri dari penyakit tersebut,” ujar siswa SMKN 2 Wonogiri tersebut.

Relawan PMI yang mendampingi aksi tersebut, Gigih Nugroho, ditemui di sela-sela aksi itu mengatakan, dengan aksi tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda akan bahaya virus HIV/AIDS dan menyosialisasikan cara-cara pencegahannya. Selain itu, Gigih melanjutkan, masyarakat juga harus disadarkan bahwa mencegah penyebaran penyakit itu bukan berarti harus menjauhi penderitanya.

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya