Penyebab Truk Ngglondor Hantam Kontainer di Tanjakan Keboan Boyolali

Evakuasi truk yang terlibat kecelakaan sempat mengalami kendala karena barang bawaan truk tronton tidak mudah dievakuasi dan terkendala cuaca.

 Kondisi truk fuso dan truk kontainer yang terlibat kecelakaan di Keboan, Tompak, Ampel, Boyolali, Selasa (18/1/2022). (Solopos/Ni`matul Faizah)

SOLOPOS.COM - Kondisi truk fuso dan truk kontainer yang terlibat kecelakaan di Keboan, Tompak, Ampel, Boyolali, Selasa (18/1/2022). (Solopos/Ni`matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Polisi mengungkap dugaan penyebab truk tronton Fuso B 9499 FJ tidak kuat menanjak di tanjakan Keboan, Tompak, Kecamatan Ampel, Boyolali, hingga ngglondor dan menghantam truk kontainer B 9750 KEH, Selasa (18/1/2022).

Kanit Laka Lantas Polres Boyolali, Ipda Budi Purnomo, mengatakan truk tronton yang tidak kuat menaiki tanjakan Keboan tersebut membawa besi tua dari Klaten menuju Jakarta.

PromosiBUMN Klaster Energi Harus Jadi Pelopor Ekonomi Hijau

“Untuk kronologi, truk tronton yang membawa besi rongsok atau besi tua, dari Klaten mau dikirim ke Jakarta, tepatnya di tanjakan Keboan yang dimungkinkan karena muatan berlebihan atau kelebihan muatan. Sehingga di tanjakan keboan dia mengalami kesulitan atau tidak kuat menanjak,” kata dia, Selasa.

Baca juga: Kronologi Truk Ngglondor Hantam Kontainer di Keboan Tompak Boyolali

Lebih lanjut, Ipda Budi menjelaskan bahwa truk sempat mencoba untuk menanjak sekali lagi. “Setelah tidak kuat menanjak sekali, dia mencoba kembali untuk membawa kendaraan supaya bisa naik. Ternyata setelah di pertengahan kendaraan tersebut bukannya sampai di atas, namun truk malah berjalan ke belakang atau mundur, sehingga mengenai kendaraan yang di belakangnya,” lanjutnya.

Tidak Mudah Dievakuasi

Budi juga menjelaskan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun, terdapat kerusakan materiil atau kerusakan barang. Dia menambahkan evakuasi truk yang terlibat kecelakaan sempat mengalami kendala karena barang bawaan truk tronton tidak mudah dievakuasi dan terkendala cuaca.

“Proses evakuasi sempat terkendala karena barang yang dibawa juga bukan barang yang mudah dievakuasi. Terkendala cuaca juga, dengan gerimis otomatis jalannya licin sehingga kami harus ekstra hati-hati. Jangan sampai mengakibatkan kecelakaan yang kedua kali,” kata dia.

Baca juga: Tak Kuat Nanjak, Truk Ngglondor Hantam Kontainer di Tompak Boyolali

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan lalu lintas (lakalantas) antara truk fuso B 9499 FJ dan truk kontainer B 9750 KEH terjadi di tanjakan Keboan, Tompak, Boyolali, pada Selasa (18/1/2022) siang, memicu kemacetan lalu lintas sekitar 1 kilometer.

Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Yuli Anggraeni, melalui video pernyataan yang disampaikan kepada wartawan, menjelaskan kecelakaan tersebut terjadi karena kendaraan truk fuso tidak kuat saat naik ke tanjakan Keboan. AKP Yuli melakukan pantauan di lokasi kecelakaan pada pukul 12.30 WIB.

“Telah terjadi lakalantas yang ditimbulkan akibat kendaraan truk fuso yang membawa rongsok besi tidak kuat naik di tanjakan. Kemudian truk tersebut mengenai truk yang ada di belakangnya,” ungkap Kasat Lantas. Lebih lanjut, Yuli mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Baca juga: Kasatreskrim Hina Pelapor, Kapolres Boyolali Minta Maaf ke Masyarakat

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

Apa Itu Onggo-Inggi, Sosok yang Kerap Muncul di Jembatan Jurug Solo?

Apa sih itu Onggo-Inggi, sosok yang dikabarkan kerap muncul di Jembatan Jurug Lama Solo, Jawa Tengah?

Lahan 20,1 Hektare di Sragen Dihibahkan ke Kemenparekraf, Ini Lokasinya

Pemkab Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kemenparekraf untuk pembangunan Poltekpar Negeri, lokasi lahan itu tersebar di tiga kelurahan.

Pemkab Klaten Kembali Mendapatkan Opini WTP, Ini Komentar Bupati

Pemerintah Kabupaten Klaten sukses mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun Anggaran 2021.

Pemkab Sragen Hibahkan Lahan 20,1 Hektare ke Kemenparekraf, Buat Apa?

Pemkab Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kemenparekraf untuk lokasi pembangunan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri.

Kenapa Nama Sala Berubah Jadi Solo? Ternyata Ini Sejarahnya

Kira-kira kenapa nama Sala bisa berubah menjadi Solo, salah satu kota yang ada di Jawa Tengah? Ternyata begini sejarahnya.

Butuh 2 Crane Evakuasi 2 Truk Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Evakuasi kedua truk yang terlibat kecelakaan di Jl. Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) membutuhkan dua crane.

Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Kecelakaan maut melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) diduga karena sopir mengantuk.

Dua Orang Meninggal Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Polisi menyebut dua orang meninggal dalam kecelakaan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Bluar! Dikira Truk BBM Terbakar di Jl. Solo-Semarang Boyolali, Ternyata

Salah seorang warga menyampaikan kesaksian saat kecelakaan melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Breaking News! Dua Truk Alami Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Dua unit truk terlibat kecelakaan di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Selasa (17/5/2022).

Mirip Punya Pemkot, Di Keraton Solo Juga Ada Wahana Kereta Listrik Lho

Di kawasan wisata Keraton Solo ada wahana baru kereta listrik yang bentuknya mirip kendaraan listrik wisata milik Pemkot Solo, mau coba?

Rudy Ikut Donor, DPC PDIP Solo Himpun 221 Kantong Darah

DPC PDIP Solo mengadakan aksi donor darah dan berhasil menghimpun 221 kantong dari pengurus dan kader. Aksi dipimpin langsung oleh FX Hadi Rudyatmo yang juga menjadi donor.

Libur Waisak Pasar Gede Solo Dipadati Pengunjung, Ini Yang Diburu

Pasar Gede Solo dipadati pengunjung dari luar kota yang ingin menikmati kuliner khas atau membeli oleh-oleh pada libur Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022).

Beredar Surat PLN Solo Tertibkan Pemakaian Daya, 450 VA Jadi 1.300 VA

Surat berisi pemberitahuan dari PLN kepada pelanggan mengenai penertiban daya listrik dari 450 VA menjadi 1.300 VA beredar di Solo.

Antisipasi PMK, Pedagang Dan Peternak Sapi di Solo Diminta Lakukan Ini

Tim gabungan DKPP dan Polresta Solo memberikan sejumlah arahan kepada pedagang dan peternak kambing serta sapi untuk antisipasi wabah PMK.