Penyanyi Keroncong Asal Solo Endah Laras Jadi Maskot SIPA 2021

Penunjukan Endah Laras sebagai maskot merupakan hasil pilihan penonton setia SIPA melalui polling, yang juga selaras dengan panitia.

 Endah Laras (Istimewa-Dok. SIPA 2021)

SOLOPOS.COM - Endah Laras (Istimewa-Dok. SIPA 2021)

Solopos.com, SOLO — Penyanyi keroncong andalan Kota Solo, Endah Laras, didapuk sebagai maskot Solo International Performing Arts (SIPA) 2021. Pengumuman ditandai dengan live report tapping di Stasiun Televisi TATV pada Selasa (27/7/2021) siang, disusul rilis resmi di akun Instagram @Sipafestival.

Penunjukan Endah Laras sebagai maskot merupakan hasil pilihan penonton setia SIPA yang selaras dengan panitia. Peran penyanyi tersebut sangat besar dalam pentas SIPA sebelum-sebelumnya sehingga mampu menarik simpatik para penikmat seni Kota Solo.

Direktur SIPA, Irawati Kusumorasri, mengatakan pemilihan maskot tahun ini cukup demokratis karena penonton dilibatkan secara langsung. Sebelumnya panitia menentukan tiga nama seniman Solo. Kemudian mereka melakukan poling dan meminta pendapat masyarakat melalui IG @Sipafestival.

Baca juga: Ini Kriteria Rumah yang Aman Untuk Isoman

“Pilihan terbanyak jatuh kepada Endah Laras. Pilihan masyarakat ini sesuai dengan salah satu pilihan panitia. Hingga terpilihlah Endah Laras sebagai maskot SIPA 2021,” kata Ira, Selasa.

SIPA 2021 bakal digelar selama tiga hari bertutut-turut, Kamis – Sabtu (9/9/2021-11/9/2021) mendatang. Acaranya diadakan secara hybrid yakni drive-in untuk penonton terbatas, dan penayangan video streaming di kanal YouTube SIPA Festival.

Tahun ini mereka mengusung tema The Great Light Of Arts yang berarti cahaya agung dari dunia seni pertunjukan. Sampai hari ini sudah ada beberapa seniman dari dalam dan luar negeri yang dipastikan ikut mendukung acara.

Baca juga: Sumbang Rp2 Triliun untuk Atasi Covid-19, Keluarga Akidi Tio Sebenarnya Tak Ingin Dipublikasikan

Seniman luar negeri yang dipastikan turut berpartisipasi adalah perwakilan Afrika Selatan, Belanda, Finlandia, Irlandia, Jepang, Jerman, Malaysia, Namibia, Republik Korea, Serbia, Singapura, Spanyol, dan Tanzania.

Sementara itu, Endah Laras mengaku terharu atas amanah tersebut. Ia bakal memberikan yang terbaik di panggung SIPA nanti.

“Saya merasa senang dan terharu juga tersanjung karena dipilih untuk menjadi maskot SIPA 2021, tidak menyangka bisa terpilih di tahun ini,” kata dia dikutip dari rilis Media Officer SIPA 2021.

Mencipta Lagu dan Akting

Selain aktif menyanyi, Endah juga piawai dalam mencipta lagu. Selama masa pandemi Covid-19 misalnya, pemilik warung makan Bakmi Jawa Laras Rasa ini merilis beberapa judul.

Baca juga: Endah Laras Meriahkan Prambanan Jazz Festival Bareng Sinten Remen

Kerinduannya pada panggung hiburan di pertengahan 2020 lalu dituliskan dalam lagu Kangen Kanca dan Neng Omah Wae. Disusul lagu Kamboja yang dinyanyikan Woro Mustiko. Keduanya dirilis di kanal Youtube Endah Laras Channel.

Endah yang juga kakak penyanyi Sruti Respati juga piawai berakting dan beberapa kali menghiasi layar lebar Tanah Air. Di antaranya film Guru Ngaji dan Badut Makximal, Soegija, Kucumbu Tubuh Indahku, dan Finding Srimulat.

Pada 2018 lalu, melalui Kucumbu Tubuh Indahku, Endah masuk daftar nominasi Aktris Pendukung Pilihan Tempo, bersaing dengan Ruth Marini, Tutie Kirana, dan Olga Lidya. Namun akhirnya piala kemenangan dibawa oleh Tutie dalam film Ave Maryam.

 

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

PTM SMA/SMK di Solo Bisa Lanjut Pekan Depan, Ini Syaratnya

PTM terbatas sejumlah SMA/SMK di Kota Solo tersebut bisa saja dilanjutkan karena situasi Covid-19 yang dinilai kian membaik.

Pemdes Gempol Klaten Larang Warga Selfie dan Nongkrong di Jalan Ini, Kenapa Sih?

Papan larangan di Gempol Klaten itu bertuliskan Disepanjang Jalan Ini Dilarang Nongkrong, Selfie, dan Hal-Hal yang Negatif. 

UPK DAPM Kedawung Sragen Bagi-Bagi Sembako Senilai Total Rp70 Juta

Warga yang mendapat bantuan sembako itu merupakan nasabah simpan pinjam perempuan (SPP) sekaligus anggota kelompok binaan dari UPK DAPM Kedawung.

Waduh, Ada 1.000 Pengajuan Cerai Masuk ke PA Karanganyar

Dari seluruh aduan yang masuk ke PA Karanganyar, pengajuan perceraian mendominasi dibandingkan dispensasi pernikahan.

SKK Migas dan Pemkot Solo Sepakati Kerja Sama Pengembangan Pendidikan dan Riset

SKK Migas mengajak Solo Technopark bekerja sama dengan mempertimbangkan potensial yang ada untuk membangun kapasitas nasional.

Muhammad Rohani Gantikan Muh. Abdullah sebagai Anggota KPU Boyolali

Muh. Abdullah, yang dinilai telah melanggar kode etik setelah terlibat perkara kesusilaan.

Terowongan Gunung Pegat, Kokoh Berdiri Meski Berumur Hampir Seabad

Dari dalam terowongan disebut-sebut kerap mengeluarkan gas beracun serta pernah ada yang meninggal dunia

Buang Limbah Ciu Sukoharjo ke Anak Sungai Bengawan Solo, Pelaku Beralasan Hemat Biaya

Pelaku pembuangan limbah ciu ke anak Sungai Bengawan Solo di wilayah Sukoharjo mengaku buang limbah ke sungai karena lebih hemat biaya.

Konflik Internal Persis Solo, Michele Kuhnle Akhirnya Meminta Maaf

Mantan Humas Persis Solo Michelle Kuhnle melalui ibundanya menyampaikan permintaan maaf kepada manajemen PT PSS pimpinan Kaesang Pangarep.

Catat! 2.569 Pekerja di Solo Terdampak Covid-19

Sebanyak 2.569 di antaranya terdampak Covid-19, dengan perincian 2.460 dirumahkan dan sisanya mengalami PHK.

Masih Ada 1 Kasus Positif, Satgas Covid-19 Juwiring Klaten Belum Izinkan Pemancingan Buka

Satgas Covid-19 Kecamatan Juwiring, Klaten, belum mengizinkan tempat wisata pemancingan buka karena masih ada kasus positif yang belum sembuh.

Gelontor 25.000 Dosis, Menhub Berharap Bisa Bantu Atasi Ketimpangan Vaksinasi Covid-19 Soloraya

Kementerian Perhubungan menggelontorkan 25.000 dosis vaksin Covid-19 untuk wilayah Soloraya salah satunya ke Boyolali.

Terungkap! Begini Alur Pembuangan Limbah Ciu yang Cemari Sungai Bengawan Solo

Dua pelaku yang tertangkap polisi Sukoharjo di Polokarto memeragakan alur pembuangan limbah ciu yang mencemari Sungai Bengawan Solo.

Wow, Atlet Judo Wonogiri Tak Pernah Gagal Tembus PON Sejak 1989

Sejak 1989, Wonogiri belum pernah absen mengirim atlet judo ke ajang Pekan Olahraga Nasional atau PON, termasuk tahun ini di Papua.

Pemkot Solo Perluas Sasaran Vaksinasi Covid-19, Warga KTP Luar Kota Boleh Mengakses

Pemkot Solo memperluas sasaran vaksinasi Covid-19 kepada warga ber-KTP luar Solo yang berdomisili di Kota Bengawan.

Karanganyar Punya Pabrik Produksi APD di Gondangrejo, Langganan Kemenkes dan RS di Indonesia

Kabupaten Karanganyar memiliki pabrik yang memproduksi alat pelindung diri (APD) berskala nasional, PT Natatex Jaya Garmindo.