Tutup Iklan

Penyangga Kamera CCTV Puncak Merbabu Doyong Diterjang Badai

Sejumlah fasilitas di kawasan puncak Gunung Merbabu rusak akibat cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir. Sementara itu, pendakian tetap diperbolehkan selama cuaca dinilai bersahabat. Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, cuaca buruk seperti hujan disertai angin terjadi beberapa kali.

Penyangga Kamera CCTV Puncak Merbabu Doyong Diterjang Badai

SOLOPOS.COM - Kabut tebal menyelimuti lereng Gunung Merbabu, Jumat (26/1/2019), terlihat dari Desa Sukabumi, Cepogo, Boyolali. (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, BOYOLALI -- Sejumlah fasilitas di kawasan puncak Gunung Merbabu rusak akibat cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir.

Sementara itu, pendakian tetap diperbolehkan selama cuaca dinilai bersahabat. Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, cuaca buruk seperti hujan disertai angin terjadi beberapa kali.

Demikian pula pada Sabtu (26/1/2019), cuaca buruk kembali melanda, namun dengan intensitas yang cukup besar. Kondisi ini menyebabkan tiang penyangga kamera closed circuit television (CCTV) di puncak gunung itu doyong.

Selain itu, papan informasi di pos 3 juga ambruk. Kepala Balai Taman Nasional Gunung (BTNG) Merbabu Edy Sutiyarto membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, cuaca buruk tersebut terjadi timbul tenggelam.

“Iya memang terjadi badai dalam beberapa hari terakhir, tetapi tidak terus menerus. Kadang datang, habis itu berhenti. Kemarin [badai] yang cukup besar ya pas Sabtu [pekan lalu]. Sampai-sampai tiang kamera CCTV doyong dan sudah kami perintahkan kepada petugas untuk dilakukan perbaikan fasilitas yang rusak,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Senin (28/1/2019).

Meski cuaca di puncak Gunung Merbabu cukup ekstrem, jalur pendakian ke gunung itu belum ditutup seperti pada akhir Desember lalu. Menurutnya, jalur pendakian tetap dibuka, namun jika cuaca memburuk, pendaki yang masih di bawah dicegat supaya tidak naik sampai cuaca membaik.

“Kalau cuaca buruk pendaki tidak boleh naik. Tunggu dulu sampai kira-kira cuacanya membaik,” imbuhnya.

Untuk mengetahui situasi cuaca di puncak Gunung Merbabu dan sekitarnya, dia melakukan pemantauan visual maupun informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BKKG).

Sebelumnya diberitakan, setelah ditutup selama 17 hari akibat cuaca ekstrem, jalur pendakian ke Gunung Merbabu kembali dibuka mulai Rabu (16/1/2019).

Pembukaan jalur tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) BTNG Merbabu Nomor 34/T.35/TU/EVLAP/2019 tertanggal 15 Januari 2019 dan ditandatangani Kepala BTNG Merbabu Edy Sutiyarto.

Edy mengatakan pembukaan jalur pendakian dilakukan antara lain setelah memperhatikan kondisi cuaca di jalur tersebut. “Memperhatikan cuaca di jalur pendakian Gunung Merbabu saat ini dan berdasarkan pantauan cuaca dari situs BMKG maka semua jalur pendakian TNG Merbabu dibuka terhitung mulai tanggal 16 Januari 2019,” ujar Edy, Selasa (15/1/2019).

Meski demikian, Edy berpesan agar semua pendaki tetap mempersiapkan peralatan yang dibawa, kondisi jasmani, dan rohani agar tetap fit. Selain itu, pendaki juga harus mengantisipasi kondisi cuaca ekstrem saat mendaki serta mematuhi segala peraturan yang berlaku.

Berita Terkait

Berita Terkini

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Swab PCR, Hasilnya?

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Pencurian Toko Ponsel di Madiun Terekam CCTV, Pelaku Kenakan Masker

Aksi pencurian terekam dalam CCTV atau kamera pengintai yang terpasang di dalam toko ponsel Majuhardware, Caruban, Kabupaten Madiun.