SOLOPOS.COM - Airlangga Hartarto (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA--Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) turut mendukung pemulihan ekonomi nasional. Realisasi penyaluran KUR pun terus mengalami peningkatan, contohnya dari awal tahun hingga 25 Juli 2021 meningkat menjadi sebesar Rp143,14 triliun yang disalurkan kepada 3,87 juta debitur.

Realisasi KUR ini mencapai 56,58% dari target 2021 yaitu sebesar Rp253 triliun. Sehingga total outstanding KUR sejak Agustus 2015 adalah sebesar Rp283 triliun dengan angka NPL yang relatif rendah sebesar 0,88%. Penyaluran KUR selama 2021 berdasarkan jenis yaitu KUR Super Mikro sebesar 4,51%, KUR Mikro sebesar 60,92%, KUR Kecil sebesar 34,55%, dan KUR penempatan TKI sebesar 0,02%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penyaluran KUR pada 2021 telah mendekati pola normal sebelum pra-Covid dengan rata-rata penyaluran sebesar Rp21,84 triliun per bulan. “Peningkatan demand KUR yang signifikan disebabkan antara lain karena mulai pulihnya perekonomian dan juga karena suku bunga KUR yang rendah, yaitu hanya 3%. Pemerintah juga memberikan tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3%,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Senin (26/7).

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Ingatkan Zaman Kesamaran Indonesia, Apa Maksudnya?

Penyaluran KUR terbanyak berada di Pulau Jawa sebesar Rp78,66 triliun, di mana penyaluran KUR tertinggi berada di Provinsi Jawa Tengah dengan total penyaluran sebesar Rp25,5 triliun.

Kebijakan prioritas KUR untuk 2021 adalah untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan optimalisasi pelaksanaan KUR Super Mikro, pelaksanaan KUR untuk mendukung korporatisasi petani dan nelayan, KUR yang disalurkan kepada kelompok atau klaster dengan skema KUR khusus serta integrasi pembiayaan UMKM lainnya. Dukungan akses pembiayaan UMKM lainnya adalah Ultra Mikro (UMi) dan LPDB (Dana Bergulir) yang jika sudah naik kelas akan diarahkan ke KUR.

KUR Sektor Pertanian

Penyaluran KUR pada sektor pertanian secara khusus juga mengalami peningkatan yang signifikan, dengan pertumbuhan selama 2021 sebesar 29,8% dengan total penyaluran sebesar Rp42,7 triliun. Porsi penyaluran KUR sektor pertanian juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada 2019, porsi KUR Pertanian adalah sebesar 26%, dan mengalami peningkatan masing-masing menjadi 29% dan 29,8% pada 2020 dan 2021.

Baca Juga: Ahli Satu Ini Ungkap Kunci Mengatasi Pandemi Covid-19, Apa Itu?

Total akumulasi penyaluran KUR di sektor pertanian sejak awal 2021 hingga 25 Juli 2021 adalah sebesar Rp41,89 triliun yang didominasi oleh subsektor perkebunan kelapa sawit sebesar Rp9,5 triliun diikuti subsektor pertanian padi sebesar Rp7,8 triliun dan subsektor perkebunan tanaman lainnya dan kehutanan sebesar Rp5,5 triliun.

“Pemerintah terus mendorong porsi penyaluran KUR sektor pertanian dengan memberikan tambahan subsidi bunga sebesar 3% untuk 2021, meningkatkan KUR tanpa agunan tambahan dari Rp50 juta menjadi Rp100 juta, pemberian fasilitas KUR khusus untuk kelompok komoditas pertanian dan komoditas produktif lain, serta dengan memberikan relaksasi ketentuan KUR berupa penundaan pembayaran pokok, perpanjangan jangka waktu dan penambahan limit KUR,” ujar Menko Airlangga.

Baca Juga: Target Beroperasi Tahun Ini, Apa Fungsi Pendirian Badan Bank Tanah?

Selain itu, Pemerintah juga mendorong percepatan peningkatan pembiayaan sektor pertanian dengan mendorong sinergi stakeholders. Antara lain dengan mendorong bank atau lembaga penyalur untuk meningkatkan penyaluran KUR khusus untuk kelompok atau klaster komoditas pertanian dengan pola kemitraan dengan perusahaan besar sebagai off-taker dan Bapak Angkat.

Pemerintah juga mendorong percepatan implementasi Bisnis Model One Village One Product (OVOP) dan One Pesantren One Product (OPOP) melalui Pola Cluster dengan Pembiayaan KUR, serta korporatisasi pertanian dengan pembiayaan murah dengan KUR khusus kelompok atau klaster pertanian.



“Pelaksanaan di lapangan juga harus sesuai dengan ketentuan KUR yaitu mudah, sederhana dan tidak ada syarat tambahan yang menghambat untuk mendapatkan KUR,” ujar Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Jamaika Akui Kedaulatan Negara Palestina

Jamaika Akui Kedaulatan Negara Palestina
author
Newswire , 
Mariyana Ricky P.D Kamis, 25 April 2024 - 11:39 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ribuan orang mengikuti aksi damai bela Palestina di Alun-alun Klaten, Jumat (24/11/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, BOGOTAJamaika secara resmi mengakui negara Palestina sebagai upayanya mendukung penyelesaian damai konflik Israel-Palestina menyusul rapat kabinet yang berlangsung Senin (22/4/2024).

“Jamaika terus mendukung solusi dua negara sebagai solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan konflik (Israel-Palestina) yang berkepanjangan, menjamin keamanan Israel, dan membela kehormatan dan hak rakyat Palestina,” demikian menurut Menteri Luar Negeri Jamaika Kamina Johnson Smith dalam pernyataan persnya, dilansir Antara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menyatakan, keputusan tersebut sesuai dengan komitmen Jamaika terhadap Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mendukung terwujudnya saling menghargai antara bangsa yang hidup berdampingan secara damai, serta pengakuan terhadap hak suatu bangsa menentukan nasib sendiri.

Smith turut menegaskan kembali dukungan Jamaika terhadap gencatan senjata, pembebasan sandera, dan masuknya bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

Koran Solopos

“Jamaika terus mendukung segala upaya deeskalasi dan mewujudkan perdamaian berkelanjutan di kawasan, serta mengajak semua pihak untuk sadar akan konsekuensi buruk konflik yang berkepanjangan dan berkomitmen terhadap solusi diplomatik, ucap Menlu Jamaika.

Negara Karibia tersebut mengikuti jejak langkah 140 negara anggota PBB, termasuk 11 negara anggota Komunitas Karibia (CARICOM), yang telah mengakui kedaulatan Negara Palestina.

CARICOM, pada 9 Oktober tahun lalu, menyatakan kecamannya terhadap serangan balasan Israel di Jalur Gaza, dan 12 negara anggotanya mendukung resolusi Majelis Umum PBB yang menyerukan dukungan terhadap usaha PBB mewujudkan solusi dua negara untuk perdamaian antara Israel dan Palestina.

Emagazine Solopos

“Kondisi sulit yang dijalani rakyat Palestina akibat kolonialisme yang nyata dan rasa tidak aman yang terus dirasakan Israel akan membuat siklus kekerasan berlanjut hingga situasi tersebut ditangani dengan pantas,” demikian menurut CARICOM.

PM Jamaika Andrew Holness, dalam sebuah kesempatan, sempat menyatakan dukungannya terhadap Israel dan menyerukan berakhirnya permusuhan dan terwujudnya perdamaian berdasarkan panduan internasional.

Meski demikian, Holness saat itu tidak memberi pernyataan terkait serangan Israel ke Jalur Gaza.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Curi Burung Warga Sragen, Pemuda Asal Karanganyar Divonis Percobaan 2 Bulan

Curi Burung Warga Sragen, Pemuda Asal Karanganyar Divonis Percobaan 2 Bulan
author
Tri Rahayu , 
Kaled Hasby Ashshidiqy Kamis, 25 April 2024 - 11:36 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi curi burung. (Bing image creator)

Solopos.com, SRAGEN — Seorang pemuda asal Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar berinisial AP, 25, ditangkap polisi lantaran mencuri seekor burung cucak jenggot, Rabu (17/4/2024) lalu. Burung yang dicuri bersama sangkarnya itu milik Didik Haryono, warga Dukuh Simbarjo, Desa Mojokerto, Kecamatan Kedawung, Sragen.

Lewat mekanisme sidang tindak pidana ringan (tipiring), pelaku yang dijerat Pasal 364 KUHP dijatuhi vonis percobaan selama dua bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolres Sragen, AKBP Jamal Alam, melalui Kasi Humas Polres, Iptu Suyana, kepada Solopos.com, Kamis (25/4/2024), menyampaikan pelaku datang mengendarai motor Honda Beat dan diparkir tak jauh dari rumah korban. Pelaku kemudian mengambil burung dalam sangat yang digantung di teras. Aksinya ketahuan warga yang kemudian berhasil menangkapnya.

Koran Solopos

Pelaku diserahkan ke Polsek Kedawung, Sragen. Barang yang dicuri pelaku nilainya sekitar Rp400.000. Pada Selasa (23/4/2024) lalu Pengadilan Negeri Sragen menyidangkan perkara tersebut.

Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen, Kunto Trihatmojo, menyampaikan AP dijatuhi sanksi pidana penjara satu bulan tapi hukuman itu tidak dijalani. Sebagai gantinya AP harus menjalani masa percobaan selama dua bulan.

Emagazine Solopos
Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

50 Tahun Eksis, PT Dan Liris Fokus pada Digitalisasi, Inovasi, & Keberlanjutan

50 Tahun Eksis, PT Dan Liris Fokus pada Digitalisasi, Inovasi, & Keberlanjutan
author
Rohmah Ermawati Kamis, 25 April 2024 - 11:14 WIB
share
SOLOPOS.COM - PT Dan Liris, tahun ini memasuki usia ke 50 tahun. Perusahaan tekstil dan garmen itu menjadikan sustainability sebagai fokus utama. (Istimewa/Dan Liris)

Solopos.com, SOLO–Perusahaan tekstil dan garmen Indonesia, PT Dan Liris, tahun ini memasuki usia ke 50 tahun. Eksis selama setengah abad, Dan Liris kini menjadikan sustainability sebagai fokus utama, sebagai cerminan dedikasi terhadap praktik ramah lingkungan.

Mengulik sejarahnya, Dan Liris yang beralamat di Banaran, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, secara resmi didirikan pada tanggal 25 April 1974 oleh Handoko dan Handiman Tjokrosaputro. Berdirinya Dan Liris ditujukan untuk menunjang bisnis keluarga yang telah dirintis oleh generasi pertama, Kasom Tjokrosaputro.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penamaan PT Dan Liris diambil dari bahasa Jawa udan liris yang berarti hujan rintik-rintik atau gerimis.

Seperti gerimis yang turun di awal musim hujan, merupakan hujan rintik-rintik yang ajek berkesinambungan, dan sangat baik untuk menumbuhkan benih yang ditabur oleh para petani agar menjadi tumbuhan yang kuat dan kokoh. Demikian hal yang diharapkan, bisnis Dan Liris terus tumbuh, dan berkembang.

Koran Solopos

Dimulai hanya dengan Divisi Weaving atau penenunan, Dan Liris dengan cepat mengembangkan usahanya melalui Divisi Spinning (Pemintalan), Divisi Dyeing (Pencelupan dan Pewarnaan). Lalu disempurnakan dengan Divisi Finishing (Penyempurnaan), Divisi Printing (Pencetakkan Tekstil Bermotif).

Kemudian pada tahun 1976 dimulailah Divisi Garment (Pembuatan Pakaian Jadi).

Kini setelah 50 tahun di bawah bimbingan I.P. Elizabeth Sindoro, istri almarhum Handiman Tjokrosaputro, tanggung jawab kepemimpinan telah diserahkan kepada generasi ketiga, Michelle Tjokrosaputro. Di mana, Michelle memegang pucuk kepemimpinan, dengan membawahi lebih dari 6.000 karyawan.

Karyawan selalu menjadi bagian yang terpenting bagi Dan Liris. Sebagai ujung tombak, Dan Liris berkomitmen untuk menyejahterakan karyawan sekaligus meningkatkan kualitas SDM dengan memberikan berbagai pelatihan baik teknis maupun nonteknis. Hal itu agar perusahaan dan karyawan bisa tumbuh bersama.

Praktik Bisnis Bertanggung Jawab

Seiring dengan pengembangan SDM, terutama di era yang sangat kompetitif saat ini, Dan Liris mengambil langkah berani menuju revolusi industri manufaktur tekstil dan garmen, dengan memfokuskan diri pada digitalization, innovation, and sustainability alias digitaliasi, inovasi, dan keberlanjutan.

Inisiatif tersebut menandai langkah penting dalam komitmen perusahaan terhadap tanggung jawab lingkungan dan kemajuan teknologi.

Emagazine Solopos

Digitalisasi proses dalam manufaktur tekstil dan garmen merupakan strategi kunci untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi limbah, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Bertujuan memperlancar operasi dan meminimalkan dampak lingkungan, Danliris memanfaatkan teknologi terbaru seperti Internet of Things (IoT), analitik data (data analytics), dan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Selain itu, Dan Liris mengakui pentingnya menjaga lingkungan untuk generasi mendatang dan berkomitmen untuk memberikan dampak positif melalui praktik bisnis yang bertanggung jawab.

Dan Liris menjadikan sustainability sebagai fokus utama, sebagai cerminan dedikasi  terhadap praktik ramah lingkungan. Implementasi teknik manufaktur berkelanjutan, penggunaan bahan ramah lingkungan, dan adopsi sumber energi terbarukan adalah komponen integral dari inisiatif ini.

Komitmen Dan Liris dalam hal sustainability, ditunjukkan dengan diraihnya Sertifikat ISO 14001 pada Januari 2023. Kemudian pada 30 November 2023, Dan Liris menerima Sertifikat Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian, di mana Dan Liris sebagai Perusahaan tekstil pertama di Jawa Tengah yang menerima sertifikat ini.

Komitmen ini juga melingkupi semua anak Perusahaan Dan Liris.

Kolaborasi sustainability Dan Liris dengan anak-anak perusahaannya, yang di antaranya adalah PT Efrata Retailindo dan PT Multiyasa Abadi Sentosa, menghasilkan beberapa penghargaan.

Interaktif Solopos

Yaitu Penghargaan Upakarti dari Kementerian Perindustrian dalam kategori Kepeloporan, untuk Perusahaan yang berjasa dalam pemberdayaan UMKM, untuk Efrata pada tahun 2020, dan Multiyasa pada tahun 2022.

Penghargaan lain yang diterima adalah : Top CSR Awards dan Innovative Break Trough dari Solo Creative City Network.

Rangkaian Peringatan HUT ke-50 Dan Liris

Sementara itu, rangkaian acara Panca Dasawarsa PT Dan Liris berlangsung 25–27 April 2024, terdiri dari:

1. Peresmian Kantin Utama Danliris yang dinamai Kantin Ashar

Ashar/asyer berasal dari kata bahasa Ibrani osyer, yang berarti bahagia – to make happy – blessed be (is)
Sementara Ashar dalam bahasa Arab, berarti bijaksana dan memiliki wawasan.

Bangunan Kantin Ashar sendiri memiliki filosofi Jawa. Bentuk kubah menyerupai blangkon, sebagai ikon kota Solo yang memiliki esensi budaya lokal dan berfungsi baik secara sustainability menyediakan ruang berkumpul maupun beristirahat makan di tempat yang nyaman.

Sementara blankon penutup difungsikan untuk menangkap angin dan sirkulasi udara dan cahaya agar tetap baik dan sehat.



Sedangkan selendang dengan motif batik parang, dan kolam air dengan pancuran diharapkan memberi keseimbangan sekaligus kelembaban udara melalui evaporasi air kolam dan pancuran yang mengalir mengeluarkan suara gemercik yang menenangkan.

Harapannya agar karyawan dapat menikmati waktu istirahatnya dengan optimal. Perusahaan juga bekerja sama dengan tenant-tenant UMKM dari luar sebagai penyedia jasa makanan. Dan dalam rangka ulang tahun ke-50 ini, Dan Liris menyediakan makan siang gratis bagi seluruh karyawan.

2. Exhibition Danliris Journey dan Digitalisasi, Inovasi dan Sustainability

Menampilkan sejarah panjang perjalanan PT Dan Liris, dari awal sampai kini berusia 50 tahun. Sekaligus menampilkan perkembangan Dan Liris di bidang Digitalisasi, Inovasi, dan Sustainability. Di mana Dan Liris juga mengundang sekolah, dan institusi pendidikan lainnya, agar mereka juga dapat belajar dan melihat sisi lain dunia industri Tanah Air.

3. Open House

Perusahaan mengundang keluarga karyawan untuk dapat melihat Dan Liris, agar dapat lebih mengenal dan memahami situasi kerja pasangan, saudara dan orang tua. Karena memang manajeman maupun karyawan Dan Liris adalah satu keluarga besar.

4. Bazar dan Pentas Seni

Menampilkan bazar produk Danliris Group, juga mengundang tenant dari luar, untuk memberikan kesempatan kepada unit dan karyawan agar dapat menampilkan karya dan kreasi karya makanan mereka.

Sementara pentas seni, sebagai ajang bagi masing-masing unit, untuk menampilkan bakat-bakat mereka di bidang seni.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories