Tutup Iklan

Penyaluran KUR Capai Rp177,7 Triliun, Didominasi oleh Sektor Ini 

Realisasi penyaluran kredit usaha rakyat atau KUR sampai dengan awal September 2021 telah mencapai Rp177,7 triliun kepada 4,8 juta debitur atau 70 persen dari target nasional.

 Ilustrasi (Antara/Sigid Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Antara/Sigid Kurniawan)

Solopos.com, JAKARTA – Realisasi penyaluran kredit usaha rakyat atau KUR sampai dengan awal September 2021 telah mencapai Rp177,7 triliun kepada 4,8 juta debitur atau 70 persen dari target nasional.

“Penyaluran KUR per 5 September sebesar Rp177,7 triliun kepada 4,8 juta debitur atau 70 persen dari target Rp253,64 triliun,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki  dalam dalam webinar bertajuk Peran Perbankan dalam Ekosistem Digital UMKM Masa Depan, Kamis (23/9/2021) seperti dilansir Bisnis.com.

Menkop menyebutkan bahwa saat ini porsi terbesar pembiayaan UMKM oleh perbankan berada pada skala usaha menengah dengan penyerapan 44,12 persen dari total kredit UMKM.

Baca Juga : XL Axiata Dorong Swasta Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan

Dia menambahkan bahwa penyaluran kredit UMKM saat ini masih didominasi untuk modal kerja 73 persen dan perdagangan 49 persen.

“Perbankan perlu terus mendorong penyaluran kredit UMKM untuk investasi dan sektor produktif yang berpotensi lebih mendorong pergerakan perekonomian,” ujarnya.

Menurutnya, dengan percepatan digitalisasi di sektor UMKM, pemerintah optimistis dapat menyalurkan kredit UMKM sebesar 30 persen pada 2024.

Baca Juga: Citilink Jadi Maskapai Murah Terbaik Nomor Dua di Dunia Saat Pandemi Covid-19

UMKM Onboarding

Hal ini dilakukan dengan sinergi industri jasa keuangan. Sementara itu, kata Menkop, Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) per 30 Juli 2021 telah tersalur sebesar Rp14,21 triliun atau 92,35 persen kepada 11,8 juta usaha.

Adapun, pembiayaan koperasi lewat Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) per 17 September 2021 telah tersalur sebanyak Rp1 triliun atau sekitar 64,72 persen dari target Rp1,6 triliun kepada 128 koperasi.

Program pendanaan bagi usaha wirausaha pemula dengan nilai bantuan Rp7 juta per wirausaha juga telah disalurkan pada 1.800 wirausaha dengan total anggaran Rp12,6 miliar.

Baca Juga: Penerimaan Pajak 60,3 Persen Per Agustus, Yakin Bisa Capai Target?

Menkop menyatakan bahwa untuk mendorong pemulihan dan ekonomi di sektor UMKM, kementerian mendorong para pelaku usaha untuk bertransformasi ke digital.

“Kalau kami lihat, riset World Bank menyebutkan 80 persen UMKM yang terhubung ke dalam ekosistem digital memiliki daya tahan lebih baik di masa pandemi,” ujarnya.

Selain itu, Teten menyampaikan UMKM yang onboarding menuju ekosistem digital telah mencapai 15,9 juta atau naik 7,9 juta selama pandemi Covid-19. Jumlah ini diharapkan dapat memenuhi target 30 juta UMKM onboarding pada 2024.


Berita Terkait

Berita Terkini

Prospek Cerah Bank Digital di Tengah Gurihnya Pasar Milenial

Bank digital diprediksi bakal berkembang signifikan seiring dengan kemudahan masyarakat dalam mengakses teknologi, sebaliknya jumlah bank konvensional diprediksi akan semakin sedikit.

Rp262,95 Triliun KUR Tersalurkan ke 6.962.882 UMKM

Realisasi KUR yang telah diberikan kepada 6.962.882 debitur ialah KUR Super Mikro sebesar Rp9,71 triliun kepada 1.104.567 debitur, KUR Mikro sebesar Rp165,86 triliun kepada 5.410.536 debitur.

Harga Minyak Goreng Melejit, BKPN Minta Pemerintah Beri Insentif

Harga minyak goreng yang beredar saat ini jauh melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah.

Laksanakan Putusan MK, Menko Airlangga Jelaskan Implementasi UU Ciptaker

Dibentuk 4 KEK baru yang telah berjalan dengan komitmen investasi lebih kurang Rp90 trilun dan saat ini terdapat berbagai komitmen investasi baru.

Melemah di Sesi Awal, IHSG Ditutup Menguat 46,74 Poin Awal Pekan Ini

IHSG dibuka melemah bergerak fluktuatif pada sesi pertama perdagangan saham, lalu pada sesi kedua, IHSG masih terus berada di teritori positif hingga penutupan bursa saham.

Nggak Ribet, Begini Cara Top Up Saldo Gopay Kamu

Gopay bisa digunakan untuk melakukan transaksi semua layanan Gojek dan ratusan rekan usaha, hingga mengirim atau menerima uang.

Rencana Kenaikan TDL Tahun Depan Diprotes, Dinilai Terburu-Buru

Kenaikan TDL yang tiba-tiba akan menyebabkan keterlambatan upaya antisipasi untuk menanggulangi dampak dari kebijakan tersebut.

Sasar Pelajar dan Mahasiswa, AXIS Dukung Vaksinasi Covid-19 di Sumbar

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melanjutkan komitmennya mendukung upaya pemerintah melawan pandemi Covid-19 di Indonesia melalui program vaksinasi bagi kalangan anak muda, pelajar dan mahasiswa.

Wow! Ada Promo Kamar dan Makan Malam Rayakan Nataru di Sahid Jaya Solo

Hotel bintang lima di Kota Solo, Hotel Sahid Jaya Solo, menghadirkan promo Festive Season untuk tamu yang ingin menginap atau merasakan kehangatan malam natal dan pergantian tahun.

Elnusa Petrofin Siapkan Terminal LPG Kolaka Sultra

PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa menggelar groundbreaking pembangunan proyek Terminal Liquefied Petroleum Gas (TLPG) Pertamina.

Industri Game Online di Indonesia Makin Berkembang, Ini Hlo Buktinya!

Percaya enggak kamu kalau industri game khususnya online berkembang begitu pesat di Indonesia selama 10 tahun terakhir?

Jadi Buruan, Satu Batang Tanaman Senthe Variegata Dihargai Rp32 Juta

Ketua I Komunitas Pecinta Tanaman Hias Puspo Arum Sragen, Wariyanto mengakui pula tanaman senthe variegata sedang ngetren sejak 3-4 bulan terakhir.

Dorong Electric Lifestyle, PLN Salurkan 60 Kompor Induksi di Mataram

PLN Terus mendorong realisasi elektric lifestyle di kalangan rumah tangga melalui penyaluran bantuan kompor Induksi di kampung PLN, kota Mataram.

Premium Store Kenangan Heritage, Kenalkan Konsep Baru Menikmati Kopi

Kopi Kenangan terus berkembang dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar akan alternatif makanan dan minuman berkualitas.

PT Angkasa Pura I Minta Keringanan Pajak kepada Pemkab Kulonprogo

PT Angkasa Pura I (Persero) meminta agar Pemkab Kulonprogo memberikan keringanan terkait dengan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).