SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi (JIBI/Antara//Fikri Yusuf)

Penyakit antraks diwaspadai penyebarannya dengan mengawasi ketat lalu lintas sapi di Tulungagung.

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG – Perdagangan sapi luar daerah yang masuk ke Tulungagung, Jawa Timur, diawasi ketat untuk mengantisipasi persebaran virus antraks yang terdeteksi menjangkiti sejumlah ternak sapi di Kabupaten Banyuwangi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kami terus lakukan gerakan pencegahan dan pemberantasan penyakit hewan termasuk antraks, sekalipun Banyuwangi bukan jalur distribusi sapi ke wilayah Tulungagung,” kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung Tatik Handayani di Tulungagung, Sabtu (19/3/2016).

Tatik mengatakan sapi yang ada di Tulungagung merupakan jenis lokal. Sapi dari luar daerah yang masuk pasar hewan Tulungagung, kata dia, biasanya berasal dari Kediri, Blitar, serta Trenggalek.

Sedangkan sapi dari Tulungagung kebanyakan dikirim ke Jakarta dan Kalimantan.

Selain melakukan pemeriksaan rutin dan acak ke pasar-pasar hewan setempat, lanjut Tatik, Dinas Peternakan secara khusus menginstruksikan seluruh petugas kesehatan hewan di lapangan untuk aktif melakukan sosialisasi ke kalangan peternak.

Apabila muncul laporan sapi sakit atau mati mendadak, lanjut dia, langkah penanganan serta pemeriksaan harus dilakukan sesuai standar operasional prosedur yang telah digariskan.

Salah satunya, kata Tatik, adalah dengan mengambil sampel darah maupun organ dalam ternak sapi yang mengalami kematian secara mendadak tersebut.

“Sementara belum ada laporan kasus yang mencurigakan. Ternak sapi di Tulungagung aman,” ujarnya.

Tatik menegaskan setiap pengiriman sapi wajib melalui pemeriksaan ketat dan harus dilengkapi surat keterangan kesehatan hewan (SKKH).

“Sapi di sini hanya jenis lokal. Pengawasan terus dilakukan dan wajib ada SKKH. Pemeriksaan seperti cek darah,” kata dia.

Tatik menambahkan masyarakat khususnya peternak dan pedagang sapi saat ini lebih aktif.

Ketika di lapangan ditemukan kejanggalan pada hewan ternak, peternak atau pedagang sapi biasanya langsung melapor ke petugas.

“Jika ditemukan kasus spesifik, selalu ditindaklanjuti agar tidak meluas atau bahkan menular ke manusia,” ujar Tatik.

Dari data Disnak Tulungagung, beberapa penyakit yang sering ditemukan pada hewan ternak sapi ataupun kambing di wilayah itu antara lain adalah penyakit kembung, mencret, dan pilek.

Jenis-jenis penyakit itu menurut Tatik disebabkan pola konsumsi makanan pada ternak yang kurang tepat, misalnya pemberian pakan dari sisa hajatan atau selamatan sehingga menyebabkan ternak mengalami sakit perut atau kembung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya