SOLOPOS.COM - Joko Pinurbo. (Pictagram)

Solopos.com, JOGJA – Penyair kenamaan, Joko Pinurbo, mendapat penghargaan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penghargaan itu berupa Anugerah Kebudayaan yang diberikan langsung oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Dikabarkan Detik, Selasa (1/10/2019), Joko Pinurbo menerima penghargaan itu bersama 21 budayawan lainnya. Namanya masuk ke dalam kategori pelaku atau pelestari seni.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Dihimpun dari berbagai sumber, Joko Pinurbo lahir di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, 11 Mei 1962. Dia memberikan warna lain di dunia sastra Indonesia. Puisi Joko Pinurbo merupakan perpaduan antara narasi, humor, dan ironi. Puisinya menyentuh keanehan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepiawaian Joko Pinurbo memilih diksi membuat puisinya disukai banyak orang. Kegemarannya menulis puisi ditekuni sejak di bangku SMA.

Kesuksesan Joko Pinurbo menjadi penyair tak diraih begitu saja. Dia pernah membakar puluhan tulisannya saat ditolak penerbit. Namun, dia tidak pernah menyesal membakar puisi tersebut. Hal itu justru menjadi pelajaran hingga akhirnya sukses menerbitkan buku pertamanya, Celana pada 1999.

Sejak saat itu, Joko Pinurbo terus aktif membukukan karyanya. Baginya, buku pertama adalah bagian terpenting dari seorang penulis. Buku itu menjadi pemacu semangatnya terus berkarya sampai sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya