SOLOPOS.COM - Aksi unjuk rasa di depan Kedubes AS di Jakarta belum lama ini. Pemerintah Indonesia diharapkan bisa memberikan jaminan dan keyakinan kepada AS agar tidak sampai menutup operasi misi diplomatik mereka seperti yang terjadi di banyak negara terkait isu keamanan. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Aksi unjuk rasa di depan Kedubes AS di Jakarta belum lama ini. Pemerintah Indonesia diharapkan bisa memberikan jaminan dan keyakinan kepada AS agar tidak sampai menutup operasi misi diplomatik mereka seperti yang terjadi di banyak negara terkait isu keamanan. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

JAKARTA — Pemerintah Indonesia diharapkan terus berupaya meyakinkan pemerintah Amerika Serikat bahwa kondisi di Indonesia aman sehingga tidak sampai tercipta citra buruk yang juga bisa berdampak pada ekonomi, menyusul tindakan Kedutaan Besar AS menutup kantor misinya di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengamat Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana mengatakan pemerintah Indonesia juga mesti bisa menjamin kepentingan AS atas rasa keamanan tersebut di dalam negeri. “Pemerintah Indonesia harus terus meyakinkan pemerintah AS. [Sehingga tidak] akan berdampak pada politik, tapi [juga] ekonomi,” kata Hikmahanto, Jumat (21/9/2012). Apalagi, jika sampai ada travel warning yang bisa menjadi indikator bagi warga AS, seolah Indonesia tidak aman.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk itu, ujarnya, perlu ada komunikasi antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Amerika Serikat. Himahanto juga mengharapkan pemerintah AS tidak berdiam diri terkait film Innocence of Muslims yang menuai aksi protes, sehingga umat muslim bisa membedakan antara pihak pembuat film dengan pemerintah AS.

“SBY [Presiden Susilo Bambang Yudhoyono] mungkin bisa menggalang negara penduduk Islam besar untuk meyakinkan pemerintah AS untuk melakukan sesuatu,” katanya. Seperti diketahui Pemerintah Amerika Serikat menutup kantor-kantor misi AS di Indonesia untuk sementara pada Jumat (21/9/2012), karena adanya potensi demonstrasi signifikan di depan fasilitas milik pemerintah AS.

Kantor misi yang ditutup adalah Kedutaan Besar AS di Jakarta, Konsulat Jenderal AS di Surabaya, Kantor Perwakilan AS di Medan, Kantor Agen Konsuler AS di Bali, dan Misi AS untuk Asean.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya