Penutupan Jalan Utama Solo Baru Lebih Fleksibel, Warga Setempat Boleh Melintas Jika...
Petugas gabungan menutup jalan utama Solo Baru, Sukoharjo, Selasa (31/3/2020) malam. (Istimewa/Satlantas Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO – Penutupan jalan utama di Solo Baru bakal dievaluasi secara berkala.  Jalan Ir.Soekarno mulai dari Bundaran Patung Pandawa hingga Patung Ir. Soekarno, Tanjunganom yang ditutup di malam hari masih boleh dilalui warga setenpat.

Penutupan jalan utama di Solo Baru bertujuan menekan mobilitas masyarakat. Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Sukoharjo bakal mengevaluasi penutupan jalan protokol itu secara berkala.

Prediksi Corona Indonesia Maksimal 6.174 Kasus, Bisa Reda Juni 2020

"Kami bakal mengevaluasi kebijakan ini. Pada prinsipnya, penutupan ruas jalan dilakukan untuk mencegah persebaran virus corona dan melaksanakan maklumat Kapolri," kata Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Marwanto, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Rabu (1/4/2020).

Pada hari pertama, petugas bersiaga di sejumlah lokasi jalan menuju kawasan Solo Baru. Mayoritas karyawan pusat perbelanjaan dan restoran telah pulang sebelum jalan ditutup pada pukul 21.00 WIB.

Amien Rais: Corona Jeweran Allah untuk Manusia

Selama penutupan jalan, arus lalu lintas dari arah Solo ke Solo Baru bakal dialihkan menuju Jalan Solo-Wonogiri. Sementara arus lalu lintas dari arah Sukoharjo dialihkan menuju Simpang Jlopo, Baki.

"Kami telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Grogol dan pelaku usaha di kawasan Solo Baru. Mereka tak mempermasalahlan demi kebaikan bersama untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19," ujar dia.

Sementara itu, Camat Grogol, Bagas Windaryatno, menyatakan penutupan Jalan Ir.Soekarno di Solo Baru bersifat fleksibel terutama warga setempat. Warga yang berdomisili di sekitar Jalan Ir.Soekarno diperbolehkan melintas pada malam hari.

Tolak Lockdown, Jokowi Minta Desa Siapkan Isolasi Mandiri

Respons Positif

Penutupan jalan utama di Solo Baru itu disambut baik warga setempat. Mereka menyambut baik penutupan jalan sebagai bagian dari pencegahan perseberan virus corona.

Terlebih, kawasan Solo Baru menjadi salah satu pusat keramaian dengan mobilitas masyarakat dari luar Sukoharjo yang cukup tinggi.

Simak! Ini Cara Dapat Token Listrik Gratis Selama Darurat Corona

"Penutupan jalan tidak kaku namun fleksibel karena bagian dari edukasi masyarakat. Misalnya, ada warga yang tinggal di belakang bekas Gedung Atrium, Solo Baru hendak bepergian karena keperluan mendadak," papar dia.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Polres Sukoharjo resmi menutup ruas Jalan Ir. Soekarno pukul 21.00 WIB-06.00 WIB mulai Selasa (31/3/2020) hingga batas waktu yang belum ditentukan. Langkah ini merupakan bagian dari upaya pencegahan persebaran virus corona atau Covid-19 di pusat bisnis terbesar di wilayah Soloraya.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho