SOLOPOS.COM - Ilustrasi penutupan jalan (Dok/JIBI)

Solopos.com, SOLO — Gorong-gorong di mulut Jl. Basuki Rahmat, Kerten, Laweyan, Solo dibongkar total guna menormalisasi debit aliran air. Pembongkaran dan perbaikan saluran air tersebut berakibat pada penutupan jalan selama tiga bulan.

Pengawas Proyek, Fairda Yulianto saat ditemui Solopos.com, Rabu (25/9/2013) di lokasi mengatakan kecilnya lobang gorong-gorong tersebut menjadi penyebab banjir saat terjadi musim hujan. Rencananya, gorong-gorong akan diperlebar hingga tiga meter dan bentuknya akan diubah menjadi persegi sehingga dapat menampung debit air lebih besar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Gorong-gorong yang lama masih berbentuk setengah lingkaran dari batu bata. Kami akan melebarkan gorong-gorong dari 1 meter menjadi 3 meter,” jelasnya.

Ia mengatakan penggarapan normalisasi debit akan rampung November mendatang sesuai jadwal yang telah ditentukan. Untuk sementara waktu, kendaraan dialihkan ke jalan lainnya. Dengan selesainya penggarapan saluran air ini, ia mengatakan tidak akan terjadi banjir lagi karena permasalahan utamanya pada penyempitan aliran air di bawah jembatan tersebut.

Direksi Pengawas Teknis DPU Solo, Sisbayudi mengatakan proyek penggarapan gorong-gorong menghabiskan biaya Rp450 juta yang terbagi di tiga titik utama.  “Dana tersebut untuk penggarapan proyek normalisasi debit saluran air di tiga titik yakni  dua titik Jl. Basuki Rahmat dan satunya lagi di depan kantor Samsat Solo,” paparnya.

Ia mengatakan gorong-gorong di Jl. Basuki Rahmat mendapat kiriman beberapa daerah sekitarnya. Saat hujan deras, air di gorong-gorong akan meluap keatas karena lebar gorong-gorong tidak mampu menampung debit air yang besar.

“Dari dari Jajar dan SMP 2 juga larinya keseni, kalau di sini sudah diperbaikai jelas tidak banjir lagi,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya