SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemiskinan RTLH (JIBI/Harianjogja/Dok.)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Penurunan angka kemiskinan di Kulonprogo belum signifikan. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) DIY mencatat angka kemiskinan di Kulonprogo pada 2011 sebesar 23,6%, persentase ini menurun di tahun berikutnya menjadi 23,3%.

Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo, menegaskan, penurunan angka kemiskinan di Kulonprogo belum sesuai dengan idaman pemkab. Angka 0,3% belum sebanding dengan jumlah penduduk Kulonprogo yang mencapai 470.000-an jiwa.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

“Angka itu sangat kecil karena satu persen saja tidak ada,” tukasnya kepada wartawan, Jumat (11/4/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Kendati demikian, pemkab berupaya menanggulangi kemiskinan di wilayahnya dengan berbagai program dan kebijakan lokal serta nasional, mulai dari bedah rumah bupati hingga bedah rumah tidak layak huni.

Ia menjelaskan  ada 16 kriteria keluarga miskin, antara lain, ukuran ruangan rumah, lantai rumah, dinding rumah, dan sebagainya.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, merasa prihatin dengan penurunan angka kemiskinan yang sangat kecil di Kulonprogo. Namun, ia belum tahu pasti angka kemiskinan pada 2013, sebab belum mendapat data terbaru.

“Untuk tahun ini kami belum punya data kemiskinan di Kulonprogo sekalipun laporan kerja dan pertanggungjawaban bupati sudah selesai,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya