Penunjukan Stadion Manahan Sebagai Venue Piala Dunia U-20 Diklaim Belum Final
Suporter Persis Solo membersihkan kursi di tribune Stadion Manahan. (Solopos.com/Chrisna Chanis Cara)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menegaskan FIFA belum memberikan sinyal terkait penetapan stadion untuk Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Hal itu merespons pernyataan PSSI yang menyebut FIFA telah menyetujui enam stadion untuk venue turnamen, termasuk di dalamnya Stadion Manahan, Solo.

Diketahui, PSSI mengklaim FIFA sudah menyepakati Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Stadion Geloraya Sriwijaya, Palembang, Stadion Manahan, Solo, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya dan Stadion I Wayan Dipta, Bali, sebagai lokasi pelaksanaan Piala Dunia U-20.

2 Bulan Karantina, OTG Covid-19 Sidoharjo Sragen Khatam Alquran 2,5 Kali

Namun hal tersebut dibantah Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto. Gatot menjelaskan tak ada pernyataan FIFA yang menyebutkan enam stadion itu sudah final dalam rapat antarlembaga terkait pada Jumat (26/6/2020).

“FIFA memang merespons tapi ada catatan panjang. Misalnya, stadion ini harus ada persyaratan tambahan. Jadi itu [penetapan venue] belum merupakan sikap resmi FIFA. Itu yang perlu saya luruskan,” kata Gatot seperti dilansir Detik.com, Minggu (28/6/2020).

Pihaknya mengatakan FIFA sejauh ini baru mengkritisi calon venue yang diajukan untuk ajang bergengsi tingkat internasional tersebut. Gatot juga membantah sudah menerima surat dari PSSI ihwal penetapan enam stadion untuk venue PD U-20. Selain itu, Gatot menyoroti sikap PSSI yang berani memaparkan informasi yang belum resmi dalam rapat kementerian.

Rekomendasi Cawali-Cawawali Dari DPP PDIP Untuk Pilkada Solo Turun Juli?

Warga Antusias

Sementara itu, antusiasme warga Solo kian terpantik seusai PSSI menyatakan Stadion Manahan resmi sebagai venue Piala Dunia U-20 tahun depan. Sesepuh Pasoepati yang juga Presiden Republik Aeng-Aeng, Mayor Haristanto, menggelar aksi tunggal di perempatan Ngarsopura dengan membawa syal dan poster bertuliskan “Sugeng Rawuh Piala Dunia U-20 di Solo”.

Sejumlah warga yang penasaran pun kemudian ikut dalam aksi maupun sekadar berfoto. Mayor mengatakan aksi tersebut sebagai pemanasan untuk menyambut ajang terakbar sepak bola untuk usia muda.

Sekolah Favorit di Wonogiri Temukan Puluhan SKD Tak Logis

“Ini berkah luar biasa bagi Solo. Tak mudah membawa ajang kelas dunia ke Solo. Banyak keuntungan materi dan nonmateri yang bisa diperoleh dari ajang ini seperti peningkatan transaksi MICE dan kuliner hingga mendongkrak citra kota di mata internasional,” ujar Mayor saat berbincang dengan Solopos.com seusai aksi.

Lebih jauh, Mayor berharap PD U-20 di Indonesia tak hanya sukses dalam pelaksanaan. “Melainkan juga ada prestasi bagi Timnas,” ucap Mayor.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho