Cerita Mistis Onggo-Inggi, Penunggu Bengawan Solo yang Sering Minta Tumbal
Pipa besar di dasar sungai Bengawan Solo mengeluarkan limbah pekat hitam, panas, dan berbau busuk di Sukoharjo-Wonogiri, Rabu (22/11/2019). (Solopos/Cahyadi Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Masyarakat Solo di Jawa Tengah sudah familier dengan sosok penunggu sungai Bengawan Solo satu ini.

Warga bantaran kali Bengawan Solo menyebut sosok penunggu ini dengan panggilan Onggo-Inggi.

Ternyata Ini Rahasia Supaya Hasil Foto KTP Kamu Bagus

Sosok satu ini berbentuk kepala tanpa badan yang mempuyai rambut panjang. Di mana rambutnya tersebut kerap digunakan Onggo-Inggi untuk melilit mangsanya yang akan diambil jiwanya.

Selain itu, Onggo-Inggi juga digambarkan dengan kulit pucat bahkan terlihat melepuh dengan gigi taring seperti biji timun.

Anak Kecanduan Gadget, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

Berdasarkan cerita yang ditulis oleh pengelola akun Instagram @misterisolo, Minggu (20/9/2020), Onggo-Inggi ini kerap meminta tumbal berupa anak perawan dan perjaka.

"Onggo-inggi dianggap momok yang sering meneror anak perawan dan perjaka yang tinggal dari dalam arus sungai. Lantas apakah hal tersebut benar adanya? Beberapa cerita leluhur menyebutkan bahwa sosok Onggi-inggi merupakan dayang yang tinggal di dalam pusaran kali Bengawan Solo," kata dia.

Misteri Kuntilanak Ngesot Hingga Sosok Rambut Gimbal Di Terminal Tirtonadi Solo

Dari cerita tersebut juga diungkap bahwa penunggu Bengawan Solo ini adalah jin penjaga Keraton Solo yang memang ditugaskan untuk menjaga kedaulatan keraton.

Rakus dan Takut Kain Kafan

Karena sifat penunggu Bengawan Solo, Onggo-Inggi ini rakus dan selalu minta sesajen yang berlebihan, salah satunya nyawa manusia, dia pun dibuang.

"Konon, sebelum musnahnya sang lelehur Onggo-inggi, makhluk ini sudah beranak pinak dan menguasai Bengawan Solo," jelas pengelola akun Instagram @misterisolo.

Cara Maria Vania Meninggikan Badan di Usia Dewasa

Menurut sebagian orang yang percaya, Onggo-Inggi kerap menyembunyikan manusia, tetapi mau mengembalikannya jika ada penggantinya.

Sama seperti makhluk halus lainnya, ternyata Onggo-Inggi juga mempunyai ketakutan terhadap doa-doa dan kain kafan. "Konon, makhluk ini sangat takut dengan bacaan doa dan kain kafan. Percaya tidak percaya, bagaimana Anda menyikapinya?" tanya akun Instagram yang kerap mengunggah cerita misteri di daerah Solo dan sekitarnya ini.

Minyak Kayu Putih Untuk Sembuhkan Jerawat, Emang Bisa?

Hanya Serangga Kecil

Meski begitu, banyak pula yang beranggapan sosok penunggu Bengawan Solo, Onggo-Inggi ini hanya rekayasa belaka. Hal tersebut sengaja dibuat agar anak-anak tidak bermain di bantaran kali.

"Menurut mereka, Onggo-inggi hanyalah serangga kecil yang mampu berjalan diatas air," urai dia.

5 Rekomendasi Warung Soto Di Solo, Langgananmu Nomor Piro Lur?

Hubungan Intim Dipergoki Anak, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua

Kisah Misteri Lainnya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom