Penundaan Asesmen Nasional Tak Pengaruhi Kesiapan Sekolah
Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Antara/Syifa Yulinnas)

Solopos.com, SOLO — Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) diundur ke bulan September-Oktober 2021. Sementara itu, pengunduran waktu tersebut tidak membawa pengaruh terhadap persiapan sekolah.

Mengutip laman Direktorat Sekolah Dasar, pengunduran itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR secara virtual, Rabu, (20/1/2021).

”Kita perlu melakukan antisipasi pandemi [Covid-19] yang relatif meningkat. Jadi Kemendikbud memutuskan untuk menunda pelaksanaan Asesmen Nasional dengan target jadwal baru yaitu September dan Oktober 2021,” ujar Nadiem.

20-An Nakes Positif Covid-19, Puskesmas Kratonan Solo Lockdown

Sebelumnya, Kemendikbud menjadwalkan AN akan dilaksanakan pada pekan pertama Maret 2021 untuk Kelas XI SMA/MA, disusul Kelas XI SMK pada pekan kedua Maret 2021. Kelas 8 SMP/MTs akan mengikuti AN pada pekan ketiga Maret 2021, dilanjutkan paket C pada pekan keempat. Di awal April 2021, giliran Paket A dan Paket B mengikuti AN. Kemudian Asesmen Nasional untuk Kelas V SD dan MI dilaksanakan pada Agustus 2021.

Dengan adanya kebijakan pengunduran waktu, maka jadwal tersebut tidak berlaku lagi. Kemudian pada bulan Maret-April 2021 Kemendikbud akan melaksanakan tahapan rapat koordinasi, sosialisasi, dan pelaksanaan teknis persiapan AN. Selanjutnya pada April-Agustus 2021 akan dilakukan simulasi AN di satuan pendidikan. Kemudian pada September-Oktober barulah akan diselenggarakan AN dan hasilnya akan diumumkan pada bulan Desember.

Biasa Pakai Jam Tangan Kertas, Bocah Ini Nangis Dibelikan Jam Tangan Sungguhan

Menunggu Pemberitahuan Resmi

Sementara itu, kalangan pendidikan di Solo menilai pengunduran waktu Asesmen Nasional tersebut tidak membawa pengaruh terhadap persiapan sekolah.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wilayah VII Jawa Tengah (Jateng), Suyanta mengatakan saat ini pihaknya belum menerima pemberitahuan resmi dari pemerintah di atasnya. Namun menurutnya, pengunduran waktu tersebut tidak akan membawa pengaruh bagi kesiapan sekolah.

Viral Ikan di Karamba WGM Wonogiri Mati Akibat Puting Beliung, Cek Faktnya!

“Asesmen Nasional ini kan sebenarnya tidak perlu persiapan khusus tentang materinya. Tidak ada soal-soal yang harus dipelajari seperti pada Ujian Nasional [UN]. Sehingga kalau AN ini ditunda pun tidak masalah bagi sekolah,” ujarnya saat ditemui di kantornya di kawasan Gladak, Solo, Kamis (21/1/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Etty Retnowati mengungkapkan hal senada dengan Suyanta bahwa sekolah-sekolah siap menjalankan AN. “Kita tunggu saja petunjuk dari pusat karena informasi pengunduran AN ini juga baru saya ketahui lewat media massa. Tapi prinsipnya kita siap kapan saja untuk AN ini,” imbuhnya.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom