Tutup Iklan

Penumpang Melonjak, Stasiun Madiun Perpanjang Layanan Swab Antigen

Sejak tren kasus positif Covid-19 menurun, terjadi lonjakan jumlah penumpang kereta api di Madiun.

 Penumpang menunggu jadwal kereta mereka di Stasiun Madiun, Sabtu (23/10/2021). (Abdul Jalil/Solopos.com)

SOLOPOS.COM - Penumpang menunggu jadwal kereta mereka di Stasiun Madiun, Sabtu (23/10/2021). (Abdul Jalil/Solopos.com)

Solopos.com, MADIUN — Sejak tren kasus positif Covid-19 menurun, terjadi lonjakan jumlah penumpang kereta api di Madiun. Untuk mendukung itu, PT Kereta Api Indonesia memberikan layanan rapid test antigen selama 24 jam di Stasiun Madiun.

Seperti diketahui hasil negatif rapid test antigen menjadi salah satu syarat untuk naik kereta api. Saat jumlah penumpang meningkat, kebutuhan untuk melakukan rapid test antigen pun melonjak drastis.

Manajer Humas PT KAI Daops VII Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan terjadi peningkatan penumpang naik maupun turun dalam sebulan terakhir. Data menunjukkan selama 22 hari, dari tanggal 1 sampai 22 Oktober 2021, penumpang yang naik maupun turun di Stasiun Besar Madiun sebanyak 20.465 orang.

“Perinciannya, penumpang yang naik sebanyak 10.487 orang atau sekitar 477 orang per hari. Sednagkan penumpang turun sebanyak 9.978 atau 454 ornag per hari,” kata dia, Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga: 10 Berita Terpopuler: Solo Tak Jadi Daerah Istimewa, 2 Teman Berkelahi

Jika dibandingkan pada periode bulan sebelumnya, lanjut Ixfan, terjadi peningkatan dua kali lipat. Karena pada bulan sebelumnya jumlah penumpang naik dan turun rata-rata per hari hanya 200 orang.

Ixfan menuturkan dengan bertambahnya frekuensi perjalanan KA dan jumlah penumpang tentunya pelayanan juga harus ditingkatkan. Saat ini, di Stasiun Madiun telah membuka layanan tambahan rapid test antigen pada malam hari. Layanan ini khusus untuk setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu dengan jam operasi mulai pukul 23.00 WIB sampai 06.00 WIB.

“Untuk lokasinya masih tetap di sebelah timur loket stasiun. Layanan itu diberikan khusus bagi penumpang KA jarak jauh yang telah memiliki kode booking. Untutk tarifnya Rp45.000,” jelas Ixfan.

Baca Juga: Peringatan Hari Santri di Madiun, Upacara Hingga Bersepeda Bersama

Dia menegaskan di wilayah Daops VII hanya Stasiun Madiun yang menyediakan layanan rapid test antigen selama 24 jam itu.

Ixfan menjelaskan untuk saat ini pelayanan KA penumpang di Stasiun Madiun pada masa PPKM ini berjalan fluktuatif. Hal ini karena harus adaptif menyesuaiakan kebutuhan dan berdasarkan instruksi PT KAI Pusat Bandung.

Di wilayahnya, ada sebanayk 20 KA penumpang jarak jauh yang saat ini sedang melintas setiap harinya.

“Kami ketat dalam menjalankan protokol kesehatan, bukan hanya pegawai dan penumpang. Tetapi tenant-tenant yang berada di lingkungan stasiun juga wajib disiplin protkes,” kata dia.


Berita Terkait

Espos Plus

Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

+ PLUS Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

Progres terbaru dari pembahasan RUU PDP adalah pembahasan format lembaga pengawas yang akan bertanggung jawab menangani perkara perlindungan data pribadi hingga kini belum final.

Berita Terkini

Naik Fluktuatif, Harga Cabai Rawit Merah di Solo Tembus Rp60.000/Kg

Kenaikan harga cabai rawit merah disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya cuaca buruk serta panen tidak maksimal akibat gangguan hama tikus berskala besar sehingga cabai terpaksa dipanen dini.

Layanan Setor Tarik BI Berakhir 27 Desember 2021, Buka Lagi Tahun Depan

Layanan penukaran ritel berakhir pada 16 Desember 2021, namun untuk layanan uang rusak, cacat, dan lusuh, serta uang yang dicabut dan ditarik dari peredaran beroperasi secara normal.

Manajemen Pastikan Tagar Boikot JNE Tak Terkait dengan Harbolnas 12.12

JNE memastikan bahwa tagar Boikot JNE yang sempat ramai di jagat Twitter baru-baru ini tidak ada kaitannya dengan momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12.

Keren, 7 Pasar Rakyat Ini Diganjar Anugerah SNI dari Kemendag

Anugerah ini bukan hanya sebagai penghargaan untuk pasar rakyat, tapi juga sebagai kelayakan dan penghormatan terhadap yang disebut dengan standardisasi.

Harga Minyak Goreng Naik Terus, Mendag Didesak Intervensi Pasar

Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung geram atas kenaikan harga minyak goreng di pasaran yang masih belum terkontrol.

Bikin Akhir Tahun Tak Terlupakan di Best Western Premier Solo Baru

Hotel Best Western Premier Solo Baru, Sukoharjo kembali menghadirkan serangkaian program serta promo menarik di pengujung tahun ini.

Dorong Transformasi, Ini Strategi Darmawan Prasodjo Nakhodai PLN

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo akan melanjutkan transformasi di segala lini untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan sehingga dapat mendongkrak perekonomian nasional.

Bocoran Cara Jadi Pemenang Lomba Astra, Biar Dapat Hadiah Motor

Bagaimana sih cara menjadi pemenang dalam Lomba Astra 2021 dan mendapatkan hadiah? Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Bergerak Variatif! Cek Harga Emas Pegadaian, Rabu 8 Desember 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Rabu (8/12/2021) bergerak variatif untuk cetakan UBS maupun Antam.

PPKM Level 3 Dibatalkan, Perayaan Tahun Baru Tetap Dilarang

Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), pemerintah membatalkan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

PPKM Level 3 Nataru Batal, PHRI Yogyakarta Waswas Aturan Berubah Lagi

Badan Perwakilan Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY meminta kepastian aturan pemerintah dalam pelaksanaan libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Pembatalan PPKM Level 3 Saat Nataru, Angin Segar Bagi Maskapai

Maskapai penerbangan mengharapkan dapat mengangkut jumlah penumpang yang lebih tinggi pada periode Natal 2021 dan tahun baru 2022 (nataru) dibandingkan periode sebelumnya.

Investor Berminat Waralabakan Merek Lokal ke Luar Negeri

Minat investor asing untuk membeli lisensi waralaba (franchisee) merek lokal terbilang cukup tinggi.

Peringatan! Influencer Endorse Saham di Medsos Bisa Terancam Dipenjara

Namun influencer saham diminta tak sembarang mengobral masukan investasi karena penasihat investasi wajib memiliki izin.

Waduh, 4 Bulan Terjadi 1.500 Pelanggaran Tata Niaga Impor

Kemendag masih terus melakukan sosialisasi kepada pelaku impor terkait perizinan dan soal pemenuhan standar kualitas.