Tutup Iklan
Sejumlah penumpang KAI menunggu di peron kedatangan KA di Stasiun Madiun, Jumat (9/8/2019)./ (Istimewa-Humas Daop VII Madiun)

 Solopos.com, MADIUN -- Lonjakan penumpang terjadi di Stasiun Madiun menjelang Hari Raya Iduladha. Untuk mengantisipasi lonjakan itu, PT KAI Daop VII Madiun bakal mengoperasikan https://madiun.solopos.com/read/20190610/516/997570/hore-ka-mantab-madiun-pasarsenen-pp-beroperasi-hingga-16-juni-2019">KA Brantas Tambahan relasi Blitar ke Pasar Senen Jakarta khusus saat Iduladha. 

Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan ada kenaikan penumpang sekitar 10% di Stasiun Madiun dibandingkan hari biasa. Puncak arus kedatangan penumpang di seluruh stasiun di wilayah Daop VII diperkirakan terjadi pada Jumat dan Sabtu (9-10/8/2019). 

"Volume penumpang di Hari Raya Iduladha tahun ini memang ada kenaikan sekitar 10%. Untuk mengantisipasinya, kami menjalankan KA Brantas Tambahan saat perayaan Iduladha," jelas dia, Jumat. 

Ixfan menjelaskan sebenarnya kenaikan jumlah penumpang saat akhir pekan memang menjadi hal yang biasa. Namun, pada akhir pekan ini ditambah dengan perayaan Iduladha sehingga kenaikan penumpang lebih banyak. 

Dia mencontohkan di Stasiun Madiun pada week days melayani penumpang mencapai 1.900 orang per hari. Pada akhir pekan biasanya naik menjadi antara 2.100 orang hingga 2.500 orang per hari. 

“Kebetulan akhir pekan ini bersamaan dengan Hari Raya Iduladha. Sehingga memungkinkan para pengguna jasa KA melakukan perjalanan liburan ke kampung halaman masing-masing," jelas Ixfan.

Lebih lanjut, dia menyampaikan pada tanggal 9-10 Agustus 2019 terpantau KA yang berangkat dari Pasar Senen ke arah Daop VII Madiun telah terjual habis. KA itu seperti KA Brantas reguler, KA Singasari, dan KA Majapahit. Sedangkan untuk keberangkatan dari Blitar dengan tujuan Pasarsenen pada tanggal 9-11 Agustus 2019 sebagian besar sudah habis terjual. Seperti KA Brantas, KA Singasari. Sedangkan KA Majapahit relasi Malang-Pasarsenen pada tanggal 10 Agustus tersisa 175 tempat duduk. 

"Khusus untuk tanggal 11 Agustus terpantau hingga Jumat pukul 16.00 WIB kursi di KA Brantas Tambahan yang tersedia hanya 363 tempat duduk," jelas dia. 

Perjalanan KA Brantas Tambahan ini difokuskan untuk arus balik pada Minggu (11/8/2019). KA Brantas Tanbahan ini terdiri atas tujuh kereta kelas bisnis dan satu kereta pembangkit dengan kapasitas tempat duduk 448 unit. Harga tiketnya Rp365.000 dan pembelian tiket telah dibuka sejak Jumat kemarin. 

Berikut ini jam keberangkatan KA Brantas Tambahan yaitu berangkat awal dari Stasiub Blitar pukul 13.55 WIB menuju Stasiun Tulungagung datang pukul 14.26 WIB-sampai di Stasiun Kediri pukul 14.56 WIB-di Stasiun Kertosono pukul 15.35 WIB-Stasiun Nganjuk pukul 16.00 WIB-tiba di Stasiun Madiun pukul 16.43 WIB. 

"Bagi warga yang akan bepergian menggunakan kereta api bisa segera membeli tiket KA Brantas Tambahan yang telah kami sediakan," ujarnya.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten