SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—PT KAI Daerah Operasi (Daop) VI Jogja direncanakan akan mendapat tambahan rangkaian kereta untuk melayani rute Sukoharjo-Jogja. Tambahan rangkaian kereta tersebut berasal dari rangkaian kereta railbus.

Menurut Kahumas PT KAI Daop VI Jogja, Eko Budiyanto, guna memaksimalkan rangkaian yang telah ada, railbus tersebut sementara akan digunakan untuk membantu menampung penumpang KA Prameks yang cukup banyak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Awalnya rangkaian railbus yang merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini akan digunakan sebagai feeder untuk relasi Purwosari-Wonogiri. Namun, belum optimalnya kesiapan prasarana rel antara Solo-Wonogiri membuat Daop VI sementara akan mengoperasikannya untuk rute Sukoharjo-Jogja.
         
“Hal itu juga sejalan dengan keinginan dari Pemkot Solo yang menggagas keberadaan railbus tersebut untuk segera mengoperasikannya,” katanya, Jumat (30/9).
         
Eko mengatakan, railbus sudah ada di Solo sejak Februari lalu dan telah diuji coba untuk melayani relasi Purwosari-Wonogiri. Namun, ternyata beban kereta yang melebihi 10 ton rentan saat melewati jembatan yang ada di ruas jalur tersebut, yang hanya mampu dilewati kereta yang bobotnya tidak lebih dari 10 ton.
         
“Makanya uji coba yang telah dilakukan juga hanya sampai stasiun Sukoharjo,” ujarnya.
         
Meski sudah ada pembicaraan antara pihak terkait, namun Eko belum dapat memastikan kapan railbus tersebut benar-benar dapat dioperasikan, karena harus memperhatikan jadwal pemberangkatannya.(Harian Jogja/Dasa Saputra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya