SOLOPOS.COM - Ilustrasi KRL Solo-Jogja. (Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO — Penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh komersial tujuan kawasan Palur maupun Karanganyar yang turun di Stasiun Solo Balapan bisa mengakses layanan kereta rel listrik atau KRL sampai Stasiun Palur mulai awal Juli 2022 nanti.

Demikian penumpang KA jarak jauh komersial dari kawasan Palur bisa mengakses KRL dari Stasiun Palur kemudian naik KA jarak jauh di Stasiun Solo Balapan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun penumpang harus bersabar sebab Kementerian Perhubungan menargetkan layanan KRL sampai Stasiun Palur beroperasi pekan pertama Juli 2022. “Kalau sudah operasional,” kata Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Supriyanto, melalui Whatsapp kepada Solopos.com, Jumat (27/5/2022).

Berdasarkan informasi di aplikasi KAI Access, Jumat, ada sejumlah KA jarak jauh dari Stasiun Pasar Senen tujuan Stasiun Solo Balapan pada keberangkatan Minggu (29/5/2022). KA jarak jauh itu adalah KA Fajar Utama Solo, Bangunkarta, Jayakarta, dan KA Mataram.

Sementara KA jarak jauh dari Stasiun Gambir tujuan Stasiun Solo Balapan pada keberangkatan Minggu (29/5/2022), ada KA Argo Dwipangga, Argo Dwipangga Tambahan Priority, Bima, Gajayana, dan KA Argo Lawu.

Baca Juga: Ini Keistimewaan Stasiun Palur Yang Akan Dilewati KRL Solo-Jogja

KA jarak jauh dari Stasiun Surabaya Gubeng tujuan Stasiun Solo Balapan pada keberangkatan Minggu (29/5/2022), ada KA Argo Wilis, Sancaka, Ranggajati, Jayakarta, Sancaka Fakultatif, Bima, Wijayakusuma, Turangga, dan Mutiara Selatan.

Perpanjangan Rute

Seperti diberitakan, KRL rute Stasiun Solo Balapan-Stasiun Palur yang merupakan perpanjangan rute KRL Solo-Jogja akan mulai beroperasi pada pekan pertama Juli 2022. Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan uji coba KRL jalur tersebut bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kamis (26/5/2022).

Saat ini berbagai persiapan untuk pengoperasian KRL Solo-Palur itu terus dikebut oleh Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perkeretaapian. Proses elektrifikasi jalur sepanjang kurang lebih 6,2 km itu saat ini sudah berjalan 83 persen dan diperkirakan selesai awal Juli.

Baca Juga: Beroperasi Juli 2022, Menhub dan Gibran Coba KRL Solo Balapan-Palur

Berdasarkan catatan Solopos.com, warga Solo dan sekitarnya sudah menunggu dengan antusias pengoperasian KRL Solo Balapan-Palur. Warga sudah menanti lama, terutama sejak dihentikannya KA Prameks Jogja-Solo-Palur sekitar 2006 lalu.

Saat wacana KA Prameks bakal diperpanjang lagi sampai Palur kembali mencuat pada 2019, warga pun menyambut dengan antusias. Kini jalur Solo-Palur bakal dilayani KRL yang lebih cepat, nyaman, ramah lingkungan, dan harga tiket yang terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya