Penumpang Bus Perintis Solo-Sukoharjo, Bekerja Hingga Sekadar Nostalgia

Kebanyakan penumpang bus perintis Solo-Sukoharjo seperti Damar Sasongko berasal dari kalangan pekerja dan pedagang pasar meski ada juga yang sekadar nostalgia masa sekolah.

 Bus Damar Sasongko melaju ke luar dari pintu Timur Terminal Tirtonadi, Solo, Senin (27/6/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

SOLOPOS.COM - Bus Damar Sasongko melaju ke luar dari pintu Timur Terminal Tirtonadi, Solo, Senin (27/6/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLOBus perintis legendaris jurusan Solo-Sukoharjo, Damar Sasongko, masih menjadi primadona bagi penumpang setianya. Walau jumlah unitnya tidak sebanyak dulu, bus lawas itu masih lincah mengantarkan penumpang menyusuri Kota Solo hingga pedesaan di Kabupaten Sukoharjo.

Tidak hanya mereka yang pulang-pergi untuk bekerja, moda transportasi umum itu kerap jadi ajang bernostalgia masa muda bagi sebagian penumpangnya. Bus berwarna biru tua yang didominasi hijau tosca itu tiap hari beragkat di Terminal tipe A Tirtonadi Kota Solo tujuan Sukoharjo.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Dengan ciri khas pintu depan dan belakang terbuka, memudahkan penumpang agar saat masuk tak perlu repot membuka dan menutup pintu setelahnya. Senin pagi (27/6/2022) itu, perintis Solo-Sukoharjo itu terlihat sepi, penumpang yang naik dapat dihitung jari.

Mereka adalah penumpang lawas yang sudah terbiasa menjadi penumpang bus tua berukuran tiga perempat itu. Tampak dari luar, pria paruh baya duduk di bangku paling belakang.

Sementara itu, di bagian tengah ada wanita paruh baya duduk menunggu bus berangkat. Bus Damar Sasongko tidak berhenti di depan halte pemberangkatan sisi timur. Kendaraan itu terburu-buru melaju keluar terminal.

Baca Juga: Legend! Bus Perintis Solo-Karanganyar Dan Solo-Sukoharjo Masih Eksis Lo

Salah satu penumpang, Yuni Astuti, 34, mengakui dirinya pelanggan setia bus perintis legendaris Solo-Sukoharjo itu. Menurutnya, Bus Damar Sasongko sudah menemaninya selama 14 tahun mencari nafkah di Kota Bengawan.

“Udah lama, 14 tahunan ada, jualan ikan kering di Pasar Legi, dari tengah malam sampai pagi,” ucapnya sebelum menaiki bus di halte timur Terminal Tirtonadi, Solo, Senin. Wanita asal Sukoharjo itu melakoni pekerjaannya setiap hari kecuali hari raya.

Menaiki bus Damar Sasongko sudah menjadi bagian dari hidupnya. Bahkan, dia hafal dan sudah akrab dengan beberapa sopir bus perintis pedesaan ini. “Setiap hari, sampai hafal semua ini supirnya, ya dari dulu begini, nggak berubah, bentuknya,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com, Senin.

Baca Juga: Bus Kota Solo Tempo Dulu: Punya Kenangan Naik Atmo, Nusa, Atau Surya?

Mengenang Masa Sekolah

Berbeda dengan, Gunarto, 39, penumpang asal Songgorunggi, Nguter, Sukoharjo,  ini mengaku ingin mengenang masa-masa sekolah dulu tiap hari naik bus Damar Sasongko. Gunarto menceritakan dia dulu bersekolah di SMKN 7 Solo.

Setiap hari selama tiga tahun ia menjadi penumpang langganan bus Damar Sasongko. Ia juga menceritakan betapa ramainya dulu saat berdesak-desakan di dalam bus waktu pulang sekolah.

“Sebenarnya kangen, pengin naik lagi, ingat zaman sekolah dulu di SMK 7 naik Damar Sasongko, umpek-umpekan pas pulang, berangkat harus pagi-pagi nek nggak gitu ketinggalan bus. Nyenengin zaman dulu itu,” ucapnya saat ditemui Solopos.com di ruang tunggu timur Terminal Tirtonadi.

Baca Juga: Kisah Penumpang Bus Solo-Jogja: Puluhan Tahun Setia Apa Pun Kondisinya

Gunarto mengatakan zaman sekarang anak sekolah berbeda dibandingkan eranya. Tetapi menurutnya bersekolah dengan menaiki bus perintis Solo-Sukoharjo itu menciptakan memori indah yang akan selalu dia kenang.

“Sekarang anak-anak usia SMP aja sudah bawa motor sendiri-sendiri, udah semakin canggih. Mau ke mana aja cepet 10-15 menit sampai. Kalau dulu nunggu dulu, yang seru itu pas nyegat busnya, begitu busnya dateng langsung cepet-cepetan masuk, yang nunggu banyak waktu itu,” terangnya.

Pantauan Solopos.com, selama dua jam menunggu, hanya satu bus Damar Sasongko yang berangkat. Bahkan saat itu penumpang tidak lebih dari 10 orang dari Terminal Tirtonadi, Solo.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Saldo Rp33,65 Juta Milik Nasabah BRI Wonogiri Raib, Ini Kronologinya 

      Seusai mendaftarkan diri di BRI Mo, saldo nasabah BRI di Wonogiri tiba-tiba hilang tanpa ada transaksi yang dilakukan nasabah.

      Jalan Giriwoyo-Giritontro Minim PJU, Dishub Wonogiri: Kewenangan Pusat

      Dishub Wonogiri tak memiliki kewenangan dalam menangani penerangan jalan umum di ruas jalan Giriwoyo-Giritontro.

      Bundaran Gladag-Tugu Jam Pasar Gede Solo Dihias Lampu Wuku, Ada Apa Ya?

      Sepanjang Jl Jenderal Sudirman dari Bundaran Gladag hingga Tugu Jam Pasar Gede Solo hingga sebulan ke depan akan dihiasi dengan lampu Wuku.

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

      Sejumlah bangunan dan aset milik Pemkot Solo bakal ikut terkena pembebasan lahan untuk pembangunan underpass di Simpang Joglo, Banjarsari.

      MPKU Muhammadiyah Berkomitmen Akselerasi Kesehatan Umat

      Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.