SOLOPOS.COM - Penumpang naik ke BRT Trans Jateng di Terminal Tirtonadi Solo, Selasa (3/11/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Jumlah penumpang Bus Rapid Terpadu atau BRT Trans Jateng rute Solo-Sragen meningkat pada bulan kedua pengoperasian.

Kendati begitu, peningkatan jumlah penumpang bus yang berjalan pada jalur Terminal Tirtonadi-Sumberlawang itu belum sesuai target.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pengelola layanan bus tersebut mengusulkan 20 lokasi pemberhentian atau halte sepanjang jalur Solo-Sragen itu untuk mengakomodasi potensi penumpang.

Ketat! Begini Protokol Kesehatan Pada Simulasi Pembelajaran Tatap Muka SMK Mikael Solo

Salah satu Koordinator Layanan BRT Trans Jateng rute Solo-Sragen, Lasdiyanto, menjelaskan tren peningkatan jumlah penumpang bus tersebut selama dua bulan beroperasi.

Jumlah penumpang pada September sebanyak 7.432 penumpang. Jumlah tersebut tak termasuk penumpang layanan gratis sembilan hari pertama.

Sedangkan pada Oktober jumlah penumpang meningkat jadi 14.513 orang. "Awalnya jumlah penumpang sangat melimpah karena gratis. Baru kami mencari penumpang yang sebenarnya setelah sembilan hari pertama. Jumlahnya masih sedikit,” katanya kepada Solopos.com, Selasa (3/11/2020).

Tak Ingin Ada Lagi Nakes Meninggal Terpapar Covid-19, IDI Sukoharjo Minta Ini Ke Pemerintah

Ia menjelaskan jumlah penumpang BRT Trans Jateng Solo-Sragen tersebut masih jauh dari target. Pengelola menargetkan jumlah penumpang sebanyak 20 orang/bus sekali perjalanan.

Sementara jumlah armada sebanyak 14 bus dengan enam kali perjalanan pergi pulang per hari. Artinya, dalam sebulan targetnya sekitar 100.000 penumpang.

Titik Pemberhentian

"Tantangan yang kami hadapi yakni jumlah titik pemberhentian yang baru 18 titik. Hanya tiga yang sudah dibangun fasilitas halte. Titik pemberhentian tersebut dekat sekolahan. Kami mengusulkan 20 titik pada awal tahun depan,” paparnya.

Targetkan Menang 80% Suara, Tim Bajo Minta KPU Solo Lebih Intensif Sosialisasikan Pilkada 2020

Ia mengatakan BRT Trans Jateng rute Solo-Sragen menyasar penumpang dari kalangan pekerja atau buruh. Selama ini, ujarnya, calon penumpang kesulitan mengakses titik pemberhentian bus.



Ke depan, ia berharap penambahan titik pemberhentian baru menyasar persimpangan dan layanan kesehatan yang lebih strategis.

"Kami melihat jumlah penumpang paling banyak hari Minggu karena warga ingin berlibur. Objek Wisata Sangiran masih tutup. Jika sudah buka tentu dapat mendongrak jumlah penumpang,” ujarnya.

Pilkada Sukoharjo: Terima Sumbangan, Ini Nilai Dana Kampanye Paslon EA dan Joswi

Sementara itu, Koordinator Terminal Tipe A Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto, menjelaskan jumlah penumpang bus yang turun di Terminal Tirtonadi Solo meningkat pekan lalu.

Peningkatan dari luar kota ikut menambah jumlah penumpang BRT Trans Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Nobar Timnas Vs Uzbekistan di Kantor PKS Karanganyar, Ilyas-Hadiasri "Mesra"

Nobar Timnas Vs Uzbekistan di Kantor PKS Karanganyar, Ilyas-Hadiasri "Mesra"
author
Rohmah Ermawati Selasa, 30 April 2024 - 09:44 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar Ilyas Akbar Almadani berbincang santai dengan istri almarhum Rohadi Widodo, Hardiasri Widiyasari saat hadiri Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di kantor DPD PKS Karanganyar Senin (29/4/2024) malam. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR–Para tokoh politik, tokoh masyarakat, akademisi, hingga profesional hadir di kantor DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Karanganyar pada Senin (29/4/2024) malam.

Selain ajang komunikasi politik, malam itu juga menjadi momentum penjajakan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati (wabup) menjelang Pilkada Karanganyar. Kedatangan mereka ke kantor DPD PKS Karanganyar dikemas dalam agenda nonton bareng (nobar) Piala Asia U-23 Timnas melawan Uzbekistan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berdasarkan pantauan Solopos.com, sejumlah tokoh hadir di antaranya Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar Ilyas Akbar Almadani, anggota DPRD dari PDIP Bobby Aditya Putra dan Suprapto Koting. Lalu tokoh masyarakat seperti Ketua Ikatan Cendekiawan Muda Indonesia (ICMI) Kadi Sukarna dan Kiswadi Agus.

Sementara itu, dari internal DPD PKS Karanganyar tampak hadir istri almarhum Rohadi Widodo, Hadiasri Widiyasari. Ilyas dan Hadiasri bahkan terlihat “mesra” berbincang santai sebelum acara nobar berlangsung.

Koran Solopos

Kedatangan Ilyas ini seolah menunjukkan sinyal koalisi di Pilkada Karanganyar yang akan digelar pada 27 November mendatang.

Diketahui, putra mantan Bupati Karanganyar dua periode 2013-2018 dan 2018-2023, Juliyatmono ini diusung Partai Golkar sebagai cabup di Pilkada nanti. Sementara Hadiasri disebut-sebut menjadi salah satu kandidat dari PKS yang masuk bursa Pilkada Karanganyar

Ilyas memberikan jawaban diplomatis saat ditanya wartawan terkait kedatangannya di sekretariat DPD PKS Karanganyar tersebut. “Sesama partai politik ya saling mendorong untuk Indonesia ,” kata Ilyas.

Emagazine Solopos

Ilyas mengaku diundang DPD PKS Karanganyar untuk menghadiri Nobar Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Uzbekistan. Terkait dengan apakah itu bentuk komunikasi lebih lanjut dengan PKS ke arah koalisi Pilkada, Ilyas enggan menjawabnya.

Termasuk upaya pendekatan atau penjajakan dengan Hadiasri, Ilyas juga tak memberikan jawaban. “Nanti.. Nanti ya… Nanti lihat saja,” sambil berjalan menuju arah mobilnya.

Ilyas mengatakan sejauh ini Partai Golkar terus menjalin komunikasi dengan partai politik lain. Tak hanya parpol nonparlemen yang sudah memberikan dukungan kepadanya saja, namun juga komunikasi dengan parpol peraih kursi.

Interaktif Solopos

Hanya saja, Ilyas masih enggan membeberkan lebih jauh komunikasi tersebut. “Tunggu saja. Nanti saya rilis,” katanya meninggalkan wartawan.

Sementara itu Ketua DPD PKS Karanganyar Anwar Susilo, mengatakan acara nonbar sifatnya terbuka umum, bagi pencinta Timnas sepak bola Indonesia yang sedang berlaga di semifinal AFC Cup U23 melawan Uzbekistan.

Kongres Luar Biasa Askab PSSI

Dalam kegiatan itu, PKS mengundang tokoh parpol, pegiat sepak bola dan tokoh masyarakat. Dari undangan yang disebar, tokoh politik hadir seperti Ilyas Akbar Almadani.



Sedangkan anggota DPR dari PDIP Paryono izin tidak bisa hadir karena berada di Jakarta. Lalu mantan Bupati Karanganyar Rober Christanto izin tak bisa hadir karena sedang nobar juga di kediamannya.

“Kami mengundang juga penggiat sepak bola Karangnyar yang di bulan Juli mendatang akan terselenggara Kongres Luar Biasa ( KLB) Askab PSSI untuk periode 2024 – 2029. Apalagi sekarang sudah mulai menghangat,” kata dia.

Sejumlah pegiat sepak bola hadir secara langsung kandidat Ketua Umum Askab Bobby Aditya Putra. Lalu hadir Presiden Pasopati Suprapto Koting dan Ketua ICMI Kadi Sukarna.

Sementara Ketua Askab yang juga Direktur PUDAM Tirta Lawu Karanganyar, Prihanto terkonfirmasi izin tak bisa hadir. Anwar mengatakan target dari kegiatan ini selain mensupport laga Timnas Indonesia juga membangun komunikasi non formal melalui nonbar.

“Ya ini penjajakan dengan tokoh-tokoh untuk kepentingan kerjasama koalisi dalam Pilkada mendatang,” katanya.

Pihaknya juga secara tidak langsung ingin menyampaikan pesan kepada bupati dan wakil bupati yang terpilih nantinya harus peduli terhadap kemajuan persepakbolaan di Kabupaten Karanganyar. Apalagi saat ini masyarakat Indonesia tengah ber euforia dengan persepakbolaan. Dia ingin tim kebanggaan masyarakat Karanganyar, Persika yang masih mampu berlaga di Liga 3 PSSI bisa naik kelas di Liga 2.

Di singgung untuk tahapan Pilkada, Anwar mengatakan PKS sekarang ini masih melakukan penjajakan dengan semua parpol peraih kursi di parlemen. Hal ini untuk membangun kerjasama koalisi. Untuk penjaringan, PKS akan melakukan secara internal lalu diajukan kepada DPP terlebih dahulu sebelum disodorkan kepada mitra koalisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Adi Soemarmo Turun Kelas, Ini Cara Gibran dan Sandiaga Uno Tarik Wisman ke Solo

Adi Soemarmo Turun Kelas, Ini Cara Gibran dan Sandiaga Uno Tarik Wisman ke Solo
author
Rohmah Ermawati Selasa, 30 April 2024 - 09:29 WIB
share
SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Pemimpin Pura Mangkunegaran Mangkunagoro X, dan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno nonton bareng Piala Asia U-23 antara Indonesia dan Uzbekistan di Balai Kota Solo, Senin (29/4/2024) malam. (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO–Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka belum memproyeksikan penurunan target kunjungan wisatawan mancanegara meskipun Bandara Adi Soemarmo Solo yang berlokasi di Boyolali tak lagi menjadi bandara internasional.

“Dari segi pariwisata kami belum memproyeksikan penurunan, masih ada terus peningkatan. Tapi dari diskusi dengan pelaku pariwisata ada kekhawatiran. Harus ditambah event-nya, termasuk event internasional. Sewaktu ada event internasional, sehingga terhubung, bandara ini bisa diterbangkan penerbangan internasional selama ada event besar,” jelas Sandiaga Uno saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Senin (29/4/2024).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sandiaga mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berencana menggelar World Conference on Creative Economy (WCCE) di Kota Solo.

Lebih lanjut, Sandiaga mencatat ada peningkatan signifikan kunjungan wisatawan di Soloraya pada 2023. “Tercipta banyak terobosan, kunjungan wisatawan mancanegara di luar prediksi di angka batas atas,” papar dia.

Koran Solopos

Menurut dia, Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Keputusan Menteri Nomor 31/2024 (KM 31/2004) tentang Penetapan Bandar Udara Internasional dengan tujuan untuk melindungi penerbangan internasional pascapandemi dengan menjadikan bandara sebagai hub (pengumpan) internasional di negara sendiri.

“Nanti ada beberapa hub interkoneksi sehingga ada efisiensi. Tapi kalau misalkan Kota Solo bisa menggelar event internasional terus-menerus, akan terbuka untuk penerbangan internasional,” ungkap Sandi.

Sementara itu, Gibran mengatakan Solo telah menjadi bagian Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UCCN). Kota Solo mengajukan menjadi tuan rumah WCCE tahun depan.

Emagazine Solopos

“Pokoknya kami konsisten menjadi tuan rumah event internasional kayak kemarin ada piala dunia dan lain-lain. Saya kira optimis tingkat kunjungan wisatawan tidak turun,” jelas dia.

Adapun KM 31/2004 menetapkan 17 bandar udara di Indonesia yang berstatus sebagai bandara internasional, dari semula 34 bandara internasional. Tujuan penetapan ini secara umum adalah untuk dapat mendorong sektor penerbangan nasional yang sempat terpuruk saat pandemi Covid-19.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (30/4/2024): Banyak Film Baru yang Dirilis

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (30/4/2024): Banyak Film Baru yang Dirilis
author
Nugroho Meidinata Selasa, 30 April 2024 - 09:20 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi nonton bioskop. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Jadwal bioskop XXI pada hari ini Selasa, 30 April 2024, terutama di Kota Solo, Jawa Tengah, banyak menghadirkan film-film keren yang wajib ditonton.

Di April 2024, terdapat film-film keren yang bisa ditonton masyarakat. Apalagi menonton film di bioskop masih menjadi sarana hiburan yang asyik dilakukan bersama keluarga, teman, sahabat, maupun orang terkasih.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Untuk hari ini, ada ada film baru yang tayang, yakniThe Architecture of Love  (TAOL) dan Menjelang Ajal. Selain itu, masih ada film keren dan apik lainnya yang wajib ditonton, seperti Glenn Fredly The Movie, Dua Hati Biru, Siksa Kubur, Badarawuhi di Desa Penari, dan Godzilla X Kong: The New Empire.

Nah, berikut ini terdapat jadwal lengkap bioskop XXI di Solo pada hari ini Selasa, 30 April 2024 yang menyajikan film-film keren.

Koran Solopos

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini 30 April 2024

1. SGM XXI

The Architecture of Love  (TAOL): 12.30; 14.40; 16.50; 19.00; 21.10.
Menjelang Ajal: 12.40; 14.35; 16.30; 18.25; 20.20.
Dua Hati Biru: 14.15; 16.55.
Badarawuhi di Desa Penari: 12.05; 14.30; 19.05; 21.30.
Siksa Kubur: 11.55; 16.25; 18.45; 21.05.

2. Solo Paragon XXI

Civil War: 13.00; 15.05; 17.10; 19.15; 21.20.
The Architecture of Love  (TAOL): 12.30; 14.40; 16.50; 19.00; 21.10.
Menjelang Ajal: 14.10; 18.15.
Badarawuhi di Desa Penari: 11.50; 14.15; 16.40; 19.05; 21.30.
Siksa Kubur: 11.45; 14.05; 16.25; 18.45; 21.05.
Godzilla X Kong: The New Empire: 12.00; 16.05; 20.10.

3. Solo Square XXI

The Architecture of Love  (TAOL): 12.30; 14.40; 16.50; 19.00; 21.10.
Glenn Fredly The Movie: 12.45; 17.00; 19.05; 21.10.
Dua Hati Biru: 12.45; 14.55; 17.05; 19.15; 21.25.
Badarawuhi di Desa Penari:
11.55; 14.20; 16.45; 21.20.
Siksa Kubur: 14.50; 16.45; 19.10.

Emagazine Solopos

4. The Park XXI

Civil War: 13.00; 15.05; 17.10; 19.15; 21.20.
The Architecture of Love  (TAOL): 12.30; 14.40; 16.50; 19.00; 21.20.
Menjelang Ajal: 12.40; 14.35; 16.30; 18.25; 20.20.
Badarawuhi di Desa Penari: 11.50; 14.15; 16.40; 19.05; 21.30.
Siksa Kubur: 11.45; 14.05; 16.25; 18.45; 21.05.

Sementara itu, untuk jadwal bioskop XXI di kota lainnya pada hari ini Selasa, 30 April 2024, kamu bisa klik di sini.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories