Tutup Iklan

Penumpang Bandara Adi Soemarmo Solo Turun 24% Selama Libur Nataru

Jumlah penumpang pesawat di Bandara Adi Soemarmo Solo menurun.

 Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali. (Solopos/dok)

SOLOPOS.COM - Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali. (Solopos/dok)

Solopos.com, BOYOLALI -- Jumlah penumpang pesawat terbang di Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali turun 24% selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Hal ini dipengaruhi hari masuk liburan yang tidak sama hingga efek tol trans Jawa. General Manager Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengatakan posko terpadu Nataru sudah ditutup pada Selasa (7/1/2020).

Menurutnya, selama masa posko terpadu ini tidak ada kejadian berarti, hanya sejumlah penumpang mengalami kelelahan.

“Ya, ada penurunan jumlah penumpang. Penyebabnya ada beberapa faktor karena liburnya panjang, tapi hari masuknya tidak bersamaan. Dengan demikian, masyarakat kemungkinan memilih bepergian dalam waktu yang berbeda-beda. Di sisi lain, ada juga karena tol, tapi pengaruhnya sedikit,” ujarnya saat ditemui wartawan, Selasa.

Airport Operation and Safety Senior Manager Bandara Adi Soemarmo, Guntoro, menambahkan penurunan jumlah penumpang pada masa angkutan Nataru mencapai 24% dibandingkan dengan tahun lalu.

Cuma di Solo! Seporsi Gule Goreng+Es Teh Hanya Rp10.000

Menurutnya, penurunan juga terjadi pada jumlah penerbangan, kargo, dan penerbangan tambahan. Dia mengungkapkan pergerakan pesawat turun 22% dari 938 menjadi 735, sementara penumpang turun 24% dari 127.394 menjadi 96.476 penumpang, dan kargo turun 33% dari 336.863 kg menjadi 224.165 kg.

"Sementara jumlah penerbangan tambahan yang direncanakan 24 penerbangan hanya terealisasi 6 penerbangan,” paparnya.

Guntoro menjelaskan penumpang terbanyak periode Natal terjadi pada 21 Desember 2019 sebanyak 6.564 penumpang untuk kedatangan dan 28 Desember 2019 untuk arus balik sebanyak 4.821 penumpang.

Sedangkan periode Tahun Baru puncak arus kedatangan terjadi pada 29 Desember 2019, yakni 6.015 orang, dan arus balik pada 5 Januari 2020, yakni 5.942 orang.

Sementara itu, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta, Eko Budianto, mengatakan jumlah penumpang KA pada masa angkutan Nataru 2019-2020 sebanyak 693.103 penumpang.

Pengunjung Sambat Mau Ibadah di Candi Cetho Karanganyar Ditarik Bayaran

Angka ini turun 0,47% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 696.419 penumpang.

“Penumpang KA jarak jauh selama Nataru tercatat 429.237 penumpang. Jumlah ini turun sebesar 1,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yakni 435.217 penumpang,” paparnya.

Perinciannya untuk penumpang kelas eksekutif sebanyak 141.121 orang, kelas bisnis 26.427 orang, dan kelas ekonomi 261.689 orang. Sedangkan untuk KA lokal tercatat sebanyak 261.202 orang, sementara tahun sebelumnya pada periode yang sama ada 263.866 orang.


Berita Terkait

Berita Terkini

FPKS DPRD Solo: Larang Konsumsi Daging Anjing Tak Harus Buat Perda

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka didorong segera mengeluarkan regulasi untuk larang perdagangan dan konsumsi daging anjing, bentuknya tak harus perda.

Marak Penipu Bermodus Beli Kendaraan, Ini Tips dari Kapolres Sukoharjo

Kapolres Sukoharjo membagikan sejumlah tips agar terhindar dari aksi penipu yang berpura-pura hendak membeli kendaraan namun kemudian dibawa kabur sebelum dibayar.

Wow! Penanganan Kawasan Kumuh Kota Solo Jadi Salah Satu yang Terbaik

Penanganan kawasan kumuh di Kota Solo, khususnya di lahan HP 0001 Mojo, Pasar Kliwon, dinilai jadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Inspektorat Solo: Tak Ada Penyimpangan Dana Bantuan RTLH di Mojosongo

Inspektorat Kota Solo memastikan tidak ada penyimpangan dana bantuan sosial perumahan swadaya atau RTLH yang diduga dipakai membangun kamar lantai II di Mojosongo, Jebres.

Penemuan Mayat Bayi di Dalam Kardus Gegerkan Warga Nguter Sukoharjo

Penemuan sesosok mayat bayi laki-laki di dalam kardus di pekarangan rumah menggegerkan warga Desa Pondok, Kecamatan Nguter, Sukoharjo.

Ada Sepatu Raksasa di Dekat Exit Tol Boyolali, Ini Filosofinya

Dedy Saryawan membuat sepatu raksasa setelah harus berpisah dengan orang terkasihnya pada 2011. Kehilangan pasangan ini membuatnya merasa seperti kehilangan sepatu kanannya.

Awas! Sepekan 3 Kasus Kendaraan Dibawa Kabur Calon Pembeli di Sukoharjo

Penipuan dengan modus berpura-pura menjadi calon pembeli kendaraan kemudian dibawa kabur belakangan ini marak terjadi di wilayah Sukoharjo.

Wow, Ada Sepatu Raksasa di Dekat Exit Tol Boyolali

Pemilik mendesain bangunan sepatu raksasa sebagai tempat ibadah bagi umat Islam.

Pendekar Silat Sumbang 17 Kantong Darah ke PMI Sragen

Forum Komunikasi Pesaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Teguhan, Sragen Wetan, Sragen, menggelar bakti sosial. Di antaranya donor darah dan pembagian sembako.

Kabar Baik! Tahun Depan ASN Klaten Diguyur Tamsil Rp139 Miliar

Nilai total tambahan penghasilan atau tamsil ASN pada tahun depan mencapai Rp139 miliar.

Libur Sekolah & ASN Solo Dipersingkat, Gibran: Biar Tak Pulang Kampung

Surat Edaran (SE) terbaru Wali Kota Solo yang akan terbit pada Selasa (30/11/2021) salah satunya mengatur masa libur sekolah dan ASN yang diperpendek pada akhir tahun ini.

Suporter Persis Solo Nekat Konvoi Rayakan Keberhasilan Masuk 8 Besar

Para suporter tim sepak bola Persis Solo nekat melakukan konvoi sepeda motor mengawal para pemain menuju Stadion Manahan untuk melakoni laga terakhir babak penyisihan grup,

FPKS DPRD Solo Dukung Pelarangan Konsumsi Daging Anjing

Legislator FPKS DPRD Solo menyebut larangan konsumsi daging anjing tak harus dengan perda tapi bisa menggunakan SK Wali Kota.

Disdikbud Karanganyar Belum Pastikan Kapan Libur Semester Sekolah

Disdikbud Karanganyar baru akan membahas libur semester sekolah, terutama PAUD-SMP, pada Januari 2022.

Tersetrum, Tukang Bangunan Meninggal di Atap Rumah Sonorejo Sukoharjo

Seorang tukang bangunan di perumahan wilayah Sonorejo, Sukoharjo, ditemukan tergeletak tak bernyawa di atap salah satu rumah diduga akibat tersetrum listrik.